Comscore Tracker

10 OST Drama Korea 2020 Paling Enak Didengerin, V BTS sampai IU

Ada lagu yang bikin semangat sampai galau!

Original soundtrack atau lagu tema ibarat jiwa dalam sebuah drama. Keberadaan lagu-lagu tema tersebut bikin suasana drama lebih emosional. Makin semangat atau justru sedih.

Di antara sederet lagu tema drama Korea yang kece punya, ini 10 lagu yang paling enak didengerin. Sopan banget di telinga. Apa saja? Berikut daftarnya. 

1. Jeon Mi Do - I Knew I Love (Hospital Playlist)

https://www.youtube.com/embed/rOCymN-Rwiw

Karakter Chae Song Hwa yang diperankan Jeon Mi Do adalah sosok dokter bedah saraf yang buta nada. Tapi, suara Jeon Mi Do ini aslinya merdu. Aktris musikal berusia 38 tahun ini menyumbangkan suara emasnya lewat lagu I Knew I Love untuk drama Hospital Playlist.

Ketika dirilis, lagu I Knew I Love memuncaki sejumlah tangga lagu populer di Korea Selatan, di antaranya Genie, Bugs, dan Soribada. Salut deh sama Jeon Mi Do!

2. V BTS - Sweet Night (Itaewon Class)

https://www.youtube.com/embed/N5ShoQimivM

Bagi kamu penggemar lagu-lagu akustik, coba deh dengerin Sweet Night yang dinyanyikan V BTS. Sweet Night adalah lagu tema yang paling banyak diputar di Spotify tahun 2020 dan telah ditonton lebih dari 49 juta kali di YouTube.

Sama seperti judul lagunya, lirik Sweet Night bercerita tentang buah manis hasil perjuangan Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) dan Jo Yi Seo (Kim Da Mi) ketika merintis usaha. Lagu berlirik Bahasa Inggris ini juga cocok jadi pengantar tidurmu, lho!

3. Baekhyun EXO - My Love (Dr. Romantic 2)

https://www.youtube.com/embed/MtzLQJr-ddE

My Love adalah lagu tema pertama yang dinyanyikan Baekhyun EXO pada tahun 2020. Lagu ballad yang menjadi pengiring drama Dr. Romantic 2 ini masuk sebagai nominasi di sejumlah ajang penghargaan, yakni APAN Awards 2020 dan Seoul Music Awards 2020.

Nah, lagu My Love ini cocok didengerin ketika suasana gloomy, termasuk bagi kamu yang kisah cintanya mirip dengan Cha Eun Jae (Lee Sung Kyung) dan Seo Woo Jin (Ahn Hyo Seop). Lagu My Love sendiri bercerita tentang perasaan yang berubah dari pertemanan menjadi cinta. 

4. Hwasa Mamamoo - Orbit (The King: Eternal Monarch)

https://www.youtube.com/embed/NhnDJLx1im8

Orbit menjadi debut Hwasa mengisi lagu tema drama Korea sejak ia debut bersama Mamamoo pada tahun 2014 lalu. Petikan gitar yang mengiringi lagu berirama hip hop ini membuat vokal solo Hwasa terdengar merdu.

Orbit sendiri adalah lagu tema The King: Eternal Monarch yang bercerita tentang janji seseorang untuk melindungi pujaan hatinya. 

5. Baek Yerin - Here I Am Again (Crash Landing on You)

https://www.youtube.com/embed/FFmdTU4Cpr8

Menonton video musik Here I Am Again yang menampilkan kebersamaan Ri Jeong Hyeok (Hyun Bin) dan Yoon Se Ri (Son Ye Jin) ini bikin kita rindu dengan Crash Landing On You!

Berkat ikatan romantis yang ditampilkan Ri Ri couple, Hyun Bin dan Son Ye Jin layak menjadi pasangan terbaik drama Korea tahun 2020.

Sambil nonton dramanya, jangan lupa dengerin juga lagu-lagu temanya yang hits. Salah satunya dari Baek Yerin.

Baca Juga: 10 Pasangan Drama Korea Paling Romantis Tahun 2020, Uwu Banget!

6. Heize - You're Cold (It's Okay To Not Be Okay)

https://www.youtube.com/embed/xQTrJyi1sdQ

Heize dikenal sering kali menyumbangkan vokalnya yang unik nan merdu untuk lagu tema drama Korea, termasuk It's Okay To Not Be Okay.

You're Cold adalah lagu tema bagian pertama It's Okay To Not Be Okay yang dirilis ke publik. Isi lagu ini menyorot tentang konflik dan hubungan Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) dan Go Moon Young (Seo Ye Ji) ketika awal-awal bertemu. 

7. IU - Give You My Heart (Crash Landing on You)

https://www.youtube.com/embed/euI-C1YONaU

Lagu ballad yang dinyanyikan IU ini terdengar indah dan mudah menyesap ke hati. Maka tak heran bila Give You My Heart berada dalam sepuluh lagu tema drama Korea yang paling banyak diputar di Spotify dan sekaligus menjadi nominasi lagu tema terbaik versi Seoul Music Awards 2020.

Apakah kamu termasuk penggemar lagu IU satu ini?

8. Red Velvet - Future (Start Up)

https://www.youtube.com/embed/GTcM3qCeup0

Future yang dibawakan Red Velvet cocok menjadi lagu penyemangat di pagi maupun siang hari. Senada dengan isi lagu dan irama musiknya, video musik Future memperlihatkan para pemeran Start-Up yang jatuh bangun dalam meraih mimpi-mimpinya di masa depan.

Setelah tamat sejak awal Desember lalu, adakah dari kamu yang sudah rindu Do San, Dal Mi, dan Ji Pyeong?

9. Jo Jung Suk - Aloha (Hospital Playlist)

https://www.youtube.com/embed/3DOkxQ3HDXE

Aloha adalah salah satu lagu tema tersukses di tahun 2020. Lagu daur ulang milik COOL yang dinyanyikan ulang Jo Jung Suk ini meraih penghargaan lagu tema terbaik versi sejumlah ajang penghargaan di antaranya Melon Music Awards, Genie Music Awards, dan Brand of The Year Awards. 

Wah, kira-kira, Jo Jung Suk bakal nyanyi lagu lagi gak ya di Hospital Playlist 2?

10. Gaho - Start Over (Itaewon Class)

https://www.youtube.com/embed/O0StKlRHVeE

Daftar ini takkan lengkap tanpa Start Over yang dinyanyikan Gaho untuk drama Itaewon Class. Musiknya bikin semangat, tapi ramah di telinga.

Lagu yang menceritakan titik balik kehidupan Park Sae Ro Yi (Park Seo Joon) ini juga meraih sejumlah penghargaan keren, di antaranya lagu tema terbaik Soribada Best K-Music Awards 2020, dan Mnet Asian Music Awards 2020.

Itulah 10 lagu tema drama Korea yang paling enak didengarkan pada tahun 2020. Menurutmu, apa lagu tema yang paling easy listening di tahun ini? Share dong!

Baca Juga: 10 Drama Korea Paling Viral Tahun 2020, dari yang Adem sampai Gereget

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya