Comscore Tracker

Belum Tayang tapi Terseret Isu, 5 Kronologi dan Fakta Snowdrop

Snowdrop ikut terseret isu distorsi sejarah #WaktunyaKorea

Setelah kontroversi isu distorsi sejarah Joseon Exorcist sempat memanas beberapa hari lalu, kini drama Korea yang dibintangi Jung Hae In dan Jisoo BLACKPINK, Snowdrop, ikut terseret. Bagaimana awal mula dan tanggapan JTBC selaku pemegang hak siar drama ini? Berikut ulasannya.

 

1. Warganet curiga Snowdrop menggunakan nama asli aktivis mahasiswa tahun 1987

Belum Tayang tapi Terseret Isu, 5 Kronologi dan Fakta SnowdropJung Hae In dan Jisoo BLACKPINK (Soompi.com)

Drama Snowdrop yang mengangkat cerita tentang situasi Seoul tahun 1987, ketika mahasiswa asal kampus bergengsi Im Su Ho (Jung Hae In) yang berlumuran darah tiba-tiba berada di asrama mahasiswi dan diselamatkan mahasiswi calon perawat Eun Young Cho (Jisoo BLACKPINK).

Warganet berspekulasi bahwa Snowdrop juga ikut mendistorsi sejarah. Mereka curiga bahwa marga "Im" yang dipakai untuk karakter Jung Hae In, dan nama "Young Cho" yang digunakan untuk karakter Jisoo diambil dari aktivis mahasiswa yang ikut berdemonstrasi saat itu.

2. Selain perkara nama, warganet curiga Snowdrop jadi ajang romantisasi aksi mata-mata

Belum Tayang tapi Terseret Isu, 5 Kronologi dan Fakta SnowdropJung Hae In dan Jang Seung Jo (Soompi.com)

Di berbagai forum daring, warganet mencurigai Snowdrop akan jadi drama yang mengisahkan aksi penyamaran mata-mata. Mereka curiga bahwa karakter utama pria sebenarnya adalah mata-mata yang menyamar sebagai mahasiswa dan menyusup ke kelompok aktivis mahasiswa, sementara karakter pria lainnya adalah pemimpin tim Badan Perencanaan Keamanan Nasional yang tegas.

Fakta sebenarnya, pada tahun 1987 merupakan tahun penting bagi pergerakan pro demokrasi yang mengarah ke pemerintahan republik saat ini. Sedangkan, Badan Perencanaan Keamanan Nasional adalah bagian dari rezim otoritarian pada saat itu.

Baca Juga: 10 Drama Korea yang Tuai Kontroversi, Terbaru Joseon Exorcist

3. Merespons isu itu, JTBC mengatakan Snowdrop adalah drama komedi gelap dan satir

Belum Tayang tapi Terseret Isu, 5 Kronologi dan Fakta SnowdropJung Hae In dan Jisoo BLACKPINK (Soompi.com)

JTBC merilis pernyataannya pada Jumat (26/3/2021). Dalam rilisnya, JTBC menegaskan bahwa Snowdrop bukanlah drama yang meremehkan gerakan pro demokrasi atau mengagungkan mata-mata yang bekerja di Badan Perencanaan Keamanan Nasional.

"Snowdrop adalah drama komedi gelap yang menyindir pemilihan umum presiden tahun 1980an di bawah rezim militer selama ketegangan Korea Selatan-Korea Utara di Semenanjung Korea. Ini juga melodrama tentang lelaki dan perempuan muda yang menjadi korban situasi saat itu," tutur JTBC.

4. JTBC mengatakan spekulasi yang beredar di forum daring jauh dari cerita drama sesungguhnya

Belum Tayang tapi Terseret Isu, 5 Kronologi dan Fakta SnowdropJung Hae In dan Jisoo BLACKPINK (Soompi.com)

JTBC pun menambahkan, pihaknya menerima berbagai kritikan setelah kalimat-kalimat tertentu dari bagian sinopsis yang tidak lengkap dibocorkan secara online. Menurutnya, itu hanyalah spekulasi belaka.

"Khususnya, tuduhan soal 'drama akan menampilkan mata-mata Korea Utara memimpin pergerakan pro demokrasi' dan 'drama diangkat dari seorang aktivis mahasiswa sungguhan ke dalam karakter' dan 'drama mengagungkan Badan Perencanaan Keamanan Nasional' adalah tidak hanya berbeda dari konten drama sesungguhnya, tetapi juga jauh dari niat staf produksi kami," tegas JTBC.

5. JTBC meminta warganet menahan diri dari spekulasi yang sembrono

Belum Tayang tapi Terseret Isu, 5 Kronologi dan Fakta SnowdropSnowdrop (Soompi.com)

Selain itu, JTBC kembali menegaskan bahwa tuduhan-tuduhan terhadap Snowdrop berbeda dengan konten drama sebenarnya atau niat staf produksi. "Kami meminta Anda menahan diri dari spekulasi yang sembrono dari drama yang belum ditayangkan," tegasnya.

Drama Snowdrop tak hanya dibintangi oleh Jung Hae In, Jisoo BLACKPINK, dan Jang Seung Jo, tetapi juga Kim Hye Yoon, Yoo In Na, Yoon Se Ah, dan Jung Eugene.

Baca Juga: Resmi Disetop, 10 Kontroversi Joseon Exorcist yang Baru Tayang 2 Eps

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya