Comscore Tracker

6 Ikon Animasi Jepang yang Dibuat Miniatur Life-Sized Ukuran Raksasa

No 3 bahkan bisa ditumpangi sungguhan, lho

Kepopuleran anime dan manga yang menjadi ikon dari Jepang memang luar biasa. Anime dan  manga seperti Gundam, One Piece, dll sangat terkenal bahkan hingga seluruh dunia dan mampu bertahan hingga puluhan tahun. Ketenaran ini membuat anime tersebut diadaptasi ke dalam berbagai media seperti game, figuran, bahkan hingga bentuk miniatur Life-Sized berukuran raksasa pun juga dibuat.

Pada artikel kali ini, IDN TImes akan membagikan 6 ikon anime dan manga yang saking terkenalnya dibuatkan bentuk Life-Sized nya. Apa saja sih kira-kira? Berikut adalah ulasannya untuk kamu! 

1. RX-78 (Gundam)

6 Ikon Animasi Jepang yang Dibuat Miniatur Life-Sized Ukuran Raksasahttps://www.ungeek.ph

RX-78 adalah salah satu jenis Gundam yang menjadi dasar dari modifikasi banyak jenis Gundam. RX-78 menjadi salah satu Gundam yang paling banyak muncul dalam serialnya, oleh karena itulah model Gundam RX-78 inipertama kali dipilih untuk dibuatkan miniatur life-sized nya.

Miniatur life-sized RX-78 dibuat pada tahun 2009 di Odaiba Seaside Park, kemudian lokasi RX-78 ini diganti berkali-kali hingga terakhir berada di Diver City Tokyo. Tinggi Gundam RX-78 ini mencapai 18 meter dan telah berhasil menarik minat banyak pengunjung. Meski begitu, Gundam RX-78 ini sebetulnya sudah dirobohkan pada tahun 2017 lalu dan digantikan oleh RX-0 Gundam Unicorn yang rampung pada tahun 2019.

2. Aero Avante (Tamiya)

6 Ikon Animasi Jepang yang Dibuat Miniatur Life-Sized Ukuran Raksasasgcafe.com

Tamiya adalah perusahaan yang mengeluarkan mobil mini 4WD dan untuk mempromosikan produk ciptaan baru mereka, yaitu Aero Avante maka dibuatlah Aero Avante versi life-sized dan dilengkapi dengan mesin mobil asli dari Volkswagen. Oleh karena itu, miniatur tersebut bukan hanya jadi pajangan tetapi juga bisa dikendarai.

Aero Avante sendiri rilis pada tahun 2012 dan mobil life-sized nya dibuat pada tahun 2015. Sebagai informasi, Aero Avante adalah salah satu modifikasi dari mobil Avante Jr. yang sudah sejak lama menjadi ikon penting Tamiya dan sering muncul dalam anime dan manga seperti Let's & Go dan Mini 4 Top.

3. Thousand Sunny (One Piece)

6 Ikon Animasi Jepang yang Dibuat Miniatur Life-Sized Ukuran Raksasatour-nagasaki.com

Tahukah kamu apa itu One Piece? Yap, manga ciptaan Eichiro Oda yang menceritakan perjalanan Monkey D. Luffy dan teman-temannya mencari harta karun bernama One Piece. Mereka mengarungi laut berbahaya bernama Grand Line untuk mencapai impian dan hal itu dilakukan bersama kapal kesayangan mereka yaitu, Thousand Sunny.

Kapal Thousand Sunny berukuran kapal asli dapat ditemukan di salah satu taman bermain di Jepang, yaitu Laguna Ten Bosch. Kamu bukan hanya dapat melihat interior Thousand Sunny yang sangat detail, tetapi kamu juga bisa berlayar bersama kapal tersebut. Di dalam kapal, kamu juga bisa berfoto bersama anggota kru topi jerami dan berbagai karakter One Piece berukuran life-sized.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Robot Pintar, Menuju Dunia yang Jauh Lebih Modern

4. Evangelion Unit-01 (Evangelion)

6 Ikon Animasi Jepang yang Dibuat Miniatur Life-Sized Ukuran Raksasatarreo.com

Evangelion Unit-01 adalah salah satu prototype dalam serial Mecha Evangelion. Evangelion Unit-01 menjadi model yang paling banyak digemari dan menjadi ikon bagi serial Evangelion sehingga model ini digunakan sebagai miniatur life-sized yang bisa mewakili serial tersebut.

Miniatur life-sized Evangelion Unit-01 dibuat oleh The ChinaJoy Gaming Expo di Shanghai pada tahun 2017 dan berhasil memenangkan penghargaan Guinness Record patung tertinggi di dunia. Selain di Shanghai, sebelumnya patung Evangelion Unit-01 juga sudah dibuat di Fuiji-Q Highland Theme Park yang bertempatkan di Prefektur Yamanashi.

 

5. Tetsujin 28 Go

6 Ikon Animasi Jepang yang Dibuat Miniatur Life-Sized Ukuran Raksasamymodernmet.com

Tetsujin 28 Go adalah tokoh utama dari serial manga Tetsujin 28 Go yang dibuat oleh Mitsuteru Yokoyama pada tahun 1956. Tetsujin 28 Go menjadi manga pertama yang bertemakan robot raksasa sehingga karya ini terus dikenang bahkan hingga sekarang, terutama sosok robot Tetsujin 28 Go yang unik.

Patung Tetsuji 28 Go ini dibuat pada tahun 2009 dengan tujuan utama menarik banyak pengunjung ke Kota Kobe yang menjadi sepi setelah diterpa oleh gempa bumi. Pembangunan miniatur life-sized ini membuahkan hasil sehingga Tetsujin 28 Go tetap berdiri kokoh hingga sekarang sebagai pelindung kejahatan di kota Kobe.

6. Godzilla

6 Ikon Animasi Jepang yang Dibuat Miniatur Life-Sized Ukuran Raksasafactfiend.com

Godzilla adalah monster fiksi yang menjadi salah satu ikon paling terkenal di Jepang. Karakter Godzilla sendiri muncul pertama kali pada tahun 1954 di film berjudul Gojira. Kepopuleran monster fiksi ini membuatnya terus mendapatkan adaptasi film hingga film terbarunya akan tayang pada tahun 2019 nanti.

Ketenaran Godzilla membuatnya banyak dibuatkan miniatur, tetapi miniatur yang paling terkenal adalah miniatur kepada Godzilla berukuran life sized yang ditempatkan di atas TOHO Cinema (pencipta Godzilla), seakan-akan sang monster sedang menyerang tempat tersebut. Selain itu, ada juga miniatur setinggi 9,84 kaki dengan detail yang sangat luar biasa di tempat lahirnya TOHO Studio, yaitu Hibuya.

Nah, jadi itulah 6 ikon karakter Jepang berukuran raksasa yang dibuatkan miniatur versi life-sized. Industri kreatif Jepang memang perlu diancungi jempol karena mampu membuat karakter fiksi di anime dan manga menjadi kenyataan. Semoga kamu terhibur dengan artikel ini dan terima kasih sudah membaca!

Baca Juga: 9 Fakta Unik Tentang Robot Pintar, Menuju Dunia yang Jauh Lebih Modern

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya