Comscore Tracker

5 Anime Karya Makoto Shinkai yang Paling Mengharukan

Siap-siap tisu saat menontonnya

Tahukah kamu siapa Makoto Shinkai? Jika kamu merupakan penggemar anime atau segala sesuatu yang berbau Jepang, mestinya sudah tak asing lagi dengan nama tersebut. Makoto Shinkai adalah seorang sutradara asal Jepang yang kiprahnya telah mendunia.

Banyak film anime garapannya yang masuk alam box office dunia. Salah satu yang populer akhir-akhir ini adalah Your Name. Selain cerita menarik, film-film karyanya juga terkenal akan visualisasi yang indah dan tak tertandingi. Tak heran jika nama Makoto Shinkai cukup melegenda dalam dunia anime di Jepang. Nah, berikut ini adalah lima film anime karya Makoto Shinkai dengan kisah yang paling mengharukan sepanjang masa.

1. 5 Centimeters Per Second

5 Anime Karya Makoto Shinkai yang Paling Mengharukantawannanna.blogspot.co.id

5 Centimeters Per Second adalah film anime bergenre romance yang cukup melegenda. Kisahnya cukup sederhana, yaitu tentang dua orang manusia yang saling mencintai namun terpisahkan oleh jarak.

Takaki dan Akari adalah sahabat masa kecil. Namun suatu hari Akari harus pindah sekolah. Sejak saat itu mereka terus berkirim surat. Sekali waktu Takaki pergi mengunjunginya. Namun setelah itu mereka tak pernah bertemu kembali tanpa sempat mengutarakan perasaan masing-masing. Film ini akan menyadarkanmu betapa penting mengutarakan isi hati selagi ada waktu dan kesempatan. Kisah sederhana yang begitu realistis dan menyayat hati.

2. Your Name

5 Anime Karya Makoto Shinkai yang Paling Mengharukangameapps.hk

Your Name atau Kimi No Na Wa adalah film bergenre romance dengan bumbu fantasi yang menarik. Tentang Mitsuha, seorang siswi dari desa yang suatu bertukar tubuh dengan Taki yang merupakan siswa dari Tokyo. Meski awalnya merasa aneh, perlahan mereka menikmati rutinitas bertukar tubuh tersebut. Mereka menemukan lingkungan, budaya, dan teman baru.

Suatu hari sebuah komet jatuh di wilayah tempat tinggal Mitsuha. Seiring dengan kejadian tersebut, mereka tak lagi bertukar tubuh. Dengan bingung, Taki pergi untuk menemui Mitsuha, namun ternyata desa tersebut telah hancur tiga tahun silam akibat ledakan sebuah komet. Di sinilah Taki berjuang sekuat tenaga menyelamatkan seorang perempuan yang bahkan belum pernah ditemuinya.

Baca Juga: 5 Film Anime Jepang Terlaris Hingga Seluruh Dunia

3. The Garden of Words

5 Anime Karya Makoto Shinkai yang Paling Mengharukanelrincondeperpi.blogspot.co.id

Takao Akizuki adalah seorang siswa SMA yang setiap hari selalu duduk di halte untuk menggambar. Ternyata ia memang bermimpi untuk menjadi desainer sepatu. Setiap pagi Takao bertemu dengan seorang perempuan di sana. Perempuan itu adalah satu-satunya orang yang memuji gambarnya. Mereka pun mulai bercerita banyak hal, kecuali tentang kehidupan pribadi masing-masing.

Di saat Takao mulai merasakan cinta, ia mengetahui bahwa perempuan itu adalah guru di sekolahnya. Hubungan mereka mulai menemui berbagai hambatan. Mungkinkah mereka memiliki hubungan lebih dari guru dan murid? Nyatanya memperjuangkan itu tak semudah membalikkan telapak tangan.

4. Someone's Gaze

5 Anime Karya Makoto Shinkai yang Paling Mengharukanmubi.com

Someone's Gaze sangat cocok ditonton para pemuda masa kini yang sibuk bekerja dan mulai kehilangan waktu bersama keluarga. Semasa kanak-kanak, Aya sangat dekat dengan ayahnya. Hal ini karena sang ibu sibuk bekerja dan ia banyak menghabiskan waktu bersama ayah dan kucingnya.

Sekarang ketika Aya tumbuh menjadi perempuan muda yang sukses dan mandiri, ia mulai jarang menemui sang ayah. Ajakan untuk bertemu ditolaknya karena sepulang kerja ia selalu merasa kelelahan. Hingga suatu hari Aya menerima kabar bahwa kucingnya meninggal dunia. Peristiwa tersebut lantas menyadarkannya pada sang ayah yang semakin tua dan kesepian.

5. The Place Promised in Our Early Days

5 Anime Karya Makoto Shinkai yang Paling Mengharukanopuszine.us

Film ini mengambil latar belakang suasana pada saat perang dunia di Jepang. Mengisahkan tentang kekuatan pershabatan yang akan membuatmu terharu. The Place Promised in Our Early Days menggabungkan unsur romance, drama, dan fiksi ilmiah dengan baik. Penonton diajak berpikir keras pada setiap konflik di dalamnya.

Hiroki, Takuya, dan Sayuri adalah sahabat yang terpisah saat kanak-kanak di tengah kekacauan akibat perang. Salah satu dari mereka menghilang dan tak pernah kembali. Di sisi lain, ketegangan akibat perang membuat masyarakat gelisah. Pada saat itu pula sebuah menara misterius didirikan. Beberapa tahun kemudia duabdi antara mereka bertemu dan menyadari bahwa teman yang hilang tersebut adalah kunci untuk menyelamatkan dunia.

Itulah lima film anime terbaik karya Makoto Shinkai yang tak boleh kamu lewatkan. Mana yang ingin kamu tonton lebih dulu?

Baca Juga: Keren, 5 Anime Metal Hero Lawas Ini Ajarkan Kebaikan di Atas Segalanya

Desy Photo Verified Writer Desy

Professional writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya