Comscore Tracker

5 Nilai Kehidupan yang Bisa Kamu Pelajari dari Drama Radio Romance

Sudah nonton dramanya?

Drama Korea sudah menjadi rutinitas bagi para pecinta drama. Satu berakhir dan satu dimulai. Begitulah seterusnya. Bulan Maret diisi oleh banyak drama yang menarik, juga merupakan akhir dari banyak drama yang selama ini menemani.

Radio Romance merupakan drama bergenre komedi romantis yang baru saja berakhir pada 20 Maret 2018 lalu. Drama yang dibintangi Kim So Hyun dan Yoon Doo Joon ini menceritakan tentang percintaan antara seorang DJ dan penulis naskah acara radio. Tak hanya kisah yang romantis, ada banyak pelajaran berharga dan dialog yang sangat menyentuh hati di dalamnya. Berikur adalah pelajaran berharga yang bisa kamu petik dari drama Radio Romance.

1. Perasaan manusia adalah hal yang kompleks

5 Nilai Kehidupan yang Bisa Kamu Pelajari dari Drama Radio Romancekbs.co.kr

"Tidak menangis bukan berarti kamu tidak sedang bersedih. Sama seperti tersenyum bukan berarti kamu sedang bahagia."

Itulah kalimat yang pernah diucapkan Song Geu Rim dan selalu diingat oleh Ji Soo Ho. Memang tidak selamanya ekspresi bisa menunjukkan perasaan seseorang. Oleh karena itu, berhenti menghakimi dan merasa mengetahui segalanya karena perasaan manusia tidak sesederhana itu. Untuk menggali perasaan seseorang, kamu membutuhkan usaha yang lebih besar.

2. Kebenaran tak bisa selamanya disembunyikan

5 Nilai Kehidupan yang Bisa Kamu Pelajari dari Drama Radio Romancedramabeans.com

Ji Soo Ho mungkin tampak memiliki segalanya dari luar, tapi ia punya celah yang cukup besar yang selalu disembunyikannya. Ternyata ayahnya memiliki selingkuhan di luar sana dan ia bukanlah anak kandung dari sang ibu. Persoalan keluarga tersebut sangat membebani hidupnya. Hingga di akhir episode, Ji Soo Ho bertekad membeberkan kebenaran tersebut.

Kamu tak bisa mengelak dari kebenaran. Memang realita tak selalu sesuai harapan. Keinginan untuk menolak akan selalu ada. Namun semakin kamu menutupi dan menyangkal, akan semakin tersiksa pula hidupmu. Percayalah bahwa berdamai dengan kenyataan akan membuat hati lebih tenteram.

3. Kasih ibu tak mengenal batas

5 Nilai Kehidupan yang Bisa Kamu Pelajari dari Drama Radio Romancekbs.co.kr

Kamu mungkin bosan mendengar kalimat ini. Tapi memang tak ada yang bisa menandingi kasih sayang seorang ibu. Entah kasih sayang itu tampak jelas dari luar atau tak kasat mata. Tak peduli apakah ia memiliki hubungan darah atau tidak.

Meskipun Nam Joo Ha bukan ibu kandung Ji Soo Ho, tapi ia membesarkannya hingga menjadi orang terkenal. Meski terlihat angkuh, tapi diam-diam ia selalu merindukan anak tirinya. Dengan cara tersendiri ia berusaha mengenali anaknya lebih dalam. Setiap ibu punya cara tersendiri untuk menyalurkan rasa sayangnya. Bahkan cara-cara yang kadang tak bisa kamu mengerti.

4. Tetap teguh pada pendirian apa pun yang terjadi

5 Nilai Kehidupan yang Bisa Kamu Pelajari dari Drama Radio Romancekbs.co.kr

Siapa yang tidak mengakui bahwa Lee Gang adalah sosok yang berwibawa? Di balik gayanya yang unik dan aneh, ia memiliki prinsip hidup yang kuat. Profesionalisme adalah sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi.

Di era modern, pendirian seseorang kerap goyah karena berbagai kepentingan yang mendesak. Padahal melanggar pendirian sebenarnya merupakan sebuah kejatuhan terselubung. Belaharlah untuk memiliki pendirian yang kokoh dan kelak orang lain akan semakin mengagumimu.

5. Kerja keras pasti membuahkan hasil

5 Nilai Kehidupan yang Bisa Kamu Pelajari dari Drama Radio Romancedramabeans.com

Kesuksesan tidak hadir secara instan. Jika bisa kamu peroleh secara instan, maka kemungkinan itu bersifat sementara. Ada perjuangan panjang yang harus ditempuh untuk itu.

Song Geu Rim pun telah melalui berbagai perjuangan untuk bisa menjadi penulis terkenal. Dicaci maki, melakukan tugas-tugas remeh, hingga dipermalukan di depan banyak orang. Semua itu adalah harga yang harus dibayar untuk sebuah kesuksesan yang sesungguhnya.

Nah, itulah lima nilai kehidupan dalam drama Radio Romance yang bisa kamu petik. Sudahkah kamu menonton dramanya?

Desy Photo Community Writer Desy

Professional writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You