Comscore Tracker

Review Film Orang Kaya Baru, Belajar Menghargai Kesederhanaan

#ReviewFilm Film komedi penuh sarkas

Memasuki awal tahun 2019, Indonesia sudah menyuguhkan berbagai film keluarga yang menyisakan haru dan tawa. Setelah tayang Keluarga Cemara dan Lagi-lagi Ateng pada awal Januari, kini film lokal produksi Screenplay Films dan Legacy Pictures, menyuguhkan kisah yang kaya akan makna hidup dalam kesederhanaan. 

Film komedi yang tayang pada 24 Januari 2019 ini disutradarai oleh Ody C. Harahap, dan dibantu oleh Joko Anwar dalam penulisan skenario. Film OKB ini juga diperankan oleh Raline Shah, Derby Romero, Fatih Unru, Lukman Sardi, Cut Mini, Refal Hady, dan beberapa cast lainnya yang terlibat. Berikut adalah beberapa fakta menarik terkait film Orang Kaya Baru. 

1. Terinspirasi kisah nyata Joko Anwar

Review Film Orang Kaya Baru, Belajar Menghargai Kesederhanaaninstagram.com/jokoanwar

Siapa sangka, ternyata kisah drama komedi yang disuguhkan, tidak jauh dari cerita sang penulis, alias Joko Anwar. Setiap orang pasti punya mimpi menjadi orang kaya, yang bebas memilih benda apa pun dengan nilai tak terhingga. Begitu juga dengan mimpi-mimpi Joko Anwar, yang dipaparkan dalam Press Conference Film Orang Kaya Baru, di Studio 3 XXI Plaza Senayan.

“Sejak kecil saya hidup pas-pasan, dan dulu pernah berkhayal bagaimana kalau selama ini Bapak saya berpura-pura miskin. Dari situ terpikir untuk membuat film ini,” ujar Joko Anwar.

2. Kehadiran tokoh Banyu yang menginspirasi

Review Film Orang Kaya Baru, Belajar Menghargai KesederhanaanIDN Times/Dian Apriliana

Banyu yang diperankan oleh Refal Hady, dalam film ini tanpa disadari memerankan banyak sekali profesi sampingan. Rasanya bekerja sambil kuliah sudah menjadi hal yang lumrah di tahun 2019 ini. Namun peran Banyu meninggalkan kesan tersendiri bagi penonton. Seperti yang diungkapkan oleh Wicky V. Olindo, selaku produser, “peran Refal Hady dihadirkan untuk menginspirasi anak muda supaya semangat untuk produktif.”

3. Konflik setiap tokoh memberi pesan yang menohok

Review Film Orang Kaya Baru, Belajar Menghargai KesederhanaanBookMyShow

Meski selama film tayang penuh kesan jenaka, namun film OKB ini tetap memberikan makna tersendiri dalam setiap konflik yang dimiliki oleh pemeran. Tidak disangka, setiap adegan terasa sangat relate dengan kehidupan pribadi. Semua pandangan terhadap orang kaya, khayalan menjadi orang kaya, tersaji dalam visual yang apik. 

Baca Juga: Review Film Perjanjian dengan Iblis, Teror Seram di Liburan Keluarga

4. Banyak improvisasi dari pemeran

Review Film Orang Kaya Baru, Belajar Menghargai Kesederhanaaninstagram.com/film_okb

Tidak menutup kemungkinan dalam setiap produksi film, akan selalu menyematkan improvisasi di setiap dialognya. Begitupun dengan film yang digarap oleh Ody C. Harahap ini “ada satu improvisasi yang paling epic ada di bagian terakhir, kita semua gak ada yang bilang ke Ochay, pokoknya jadi,” papar Cut Mini.

Secara keseluruhan, film ini layak untuk ditonton bersama keluarga, karena banyak menyajikan adegan sarkasme yang perlu disadari oleh beberapa keluarga. Namun dalam kemasannya, masih ada beberapa adegan sinematik yang tidak perlu sebagai transisi.

Meski begitu, film Orang Kaya Baru dapat dijadikan salah satu judul film Indonesia yang masuk ke bucket list. IDN Times sendiri memberi skor 3/5 untuk film komedi keluarga, yang tidak ada campur tangan komika atau stand up comedian sebagai konsultan komedi. 

https://www.youtube.com/embed/ZY4clGa250c

Baca Juga: Review Film "Lagi-Lagi Ateng", Bukti Film Komedi yang Ramah Anak

Topic:

  • Erina Wardoyo

Berita Terkini Lainnya