Comscore Tracker

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombay

Dari yang heartwarming sampai horror

Saat sedih, menangis bisa jadi cara ampuh untuk melegakan hati. Namun, gak semua orang dengan mudahnya menangis. Kadang kamu butuh stimulan, bisa cari teman cerita, atau bahkan nonton film nih kalau kebetulan kamu tak punya ide harus cerita pada siapa. Nonton film sedih mungkin akan membuatmu menangis dan pada akhirnya lega barang sejenak. 

Bingung mau nonton film sedih apa yang recommended ? Coba simak daftar sebelas film berikut, deh! 

1. The Mighty (1998)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombaythreemoviebuffs.com

Film yang dibintangi Sharon Stone dan Kieran Culkin ini mengisahkan persahabatan dua orang pelajar bernama Max dan Kevin. Max dikenal sebagai anak yang bongsor, malas, dan suka bertengkar.

Sementara, Kevin adalah anak baik-baik yang sering dibully karena kutu buku dan sering sakit-sakitan. Kevin diminta sang guru untuk menjadi tutor untuk Max. Persahabatan mulai terjalin, mereka saling melengkapi dan selalu saling membantu di sekolah. Namun, suatu saat penyakit Kevin kambuh. 

Tak hanya mengeksplorasi persahatan dua anak laki-laki, dalam film ini kamu pun akan diajak menyelami perjuangan sang Ibu untuk anaknya.  

2. Secret Superstar (2016)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombaybollywoodhungama.com

Lagi-lagi Amir Khan berhasil menyajikan film Bollywood yang gak ecek-ecek. Setelah berhasil dengan Taare Zameen Par, 3 Idiots, dan Dangal, kali ini ia mengangkat kisah seorang gadis muslim bernama Insia Malik yang bercita-cita menjadi penyanyi untuk mengubah nasib keluarganya.

Namun, semua tidak semudah bayangannya. Ia memang punya bakat yang luar biasa, tetapi Ayahnya yang sangat konservatif dan keras selalu menghalangi cita-citanya. 

Film ini mengulik banyak isu menarik termasuk kekerasan dalam rumah tangga dan hak perempuan di India. Film ini sukses meraih ulasan positif dari penonton dan tentunya bikin geregetan sampai menangis terharu melihat perjuangan dan pengorbanan ibunda Insia. 

3. The Wife (2018)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombayew.com

Seorang akademisi bernama Joan bertemu dengan penulis idolanya, Joseph di sebuah acara kampus. Mereka yang punya minat dan pemikiran yang sama pun saling jatuh cinta. Namun, saat Joan tahu Joseph hendak berbuat curang untuk keuntungannya sendiri, Joan marah dan hendak memutus hubungan. Joseph berhasil membujuk Joan untuk membantunya menulis. 

Hubungan mereka pun berlanjut, hingga usia senja. Namun, Joan pun akhirnya sadar bahwa selama ini sang suami tak pernah menghargai atau memberikan kredit atas karya istrinya yang ia akui sebagai karyanya. Sebenarnya, hal ini sudah banyak terjadi di dunia nyata, seperti istri Albert Einstein dan kasus yang terjadi pada pelukis Margaret Keane. 

4. Room (2015)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombayimdb.com

Room adalah film drama yang dibintangi Brie Larson. Pada awalnya kita akan disuguhi kehidupan seorang anak dan ibu yang tampak normal. Anehnya, selama film berlangsung mereka hanya menghabiskan waktu di dalam ruangan yang sama sambil membayangkan seperti apa dunia luar itu. Hingga akhirnya, sang anak berhasil keluar dari ruangan tersebut dan rahasia mulai terbongkar. 

Film ini menyajikan drama yang tak biasa dengan plot twist yang rapi. Film ini mendapat banyak penghargaan bergengsi di tahun 2016 atas ide cerita yang luar biasa dan penampilan para aktornya yang di atas rata-rata.  

Baca Juga: Bikin Gregetan, 5 Film Ini Punya Plot Twist di Ending yang Tak Terduga

5. The Impossible (2012)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombayimdb.com

Film ini mengisahkan sebuah keluarga asal Amerika Serikat yang sedang berlibur di Thailand untuk merayakan akhir tahun 2004. Namun, jauh dari bayangan mereka, gelombang tsunami di Samudera Hindia menghempas beberapa wilayah Asia Tenggara termasuk tempat mereka menginap. Terpisah dan terombang-ambing di negeri asing, mereka berusaha menemukan satu sama lain. 

Penghayatan peran Tom Holland, Naomi Watts, dan Ewan McGregor disebut-sebut pantas mendapat penghargaan. Menonton trailer-nya saja sudah bikin merinding dan sedih, membayangkan apa yang bisa kita lakukan saat di posisi para korban bencana yang juga melanda Aceh kala itu. 

6. My Girl (1991)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombaybustle.com

Film ini dibintangi Macaulay Culkin yang berperan sebagai Thomas, seorang anak laki-laki yang menderita berbagai macam alergi. Ia bersahabat dengan tetangganya yang bernama Vada diperankan oleh Anna Chumsky. Vada memiliki kondisi psikologis khusus bernama hypochondriac yang membuatnya terus khawatir akan kesehatan fisiknya. 

Menghabiskan waktu bersama selama libur musim panas terasa menyenangkan. Hingga suatu saat Ayah Thomas harus memberikan kabar tak menyenangkan ke Vada. Film ini memang cocok ditonton saat liburan, tetapi bisa membuatmu terus kepikiran. 

7. Bridge to Terabithia (2007)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombaythemovierat

Hampir sama dengan film My Girl, film ini mengisahkan persahabatan antara Leslie (Anna Sophia Robb) dan Jess (Josh Hutcherson). Awalnya mereka hanyalah sesama anak yang tak punya teman di sekolah.

Tak disangka mereka ternyata tinggal di wilayah yang berdekatan. Saat bermain, mereka menemukan sebuah jembatan yang bisa membawa mereka ke sebuah dunia fantasi di mana mereka bisa melupakan segala masalah dan kebosanan mereka. 

Meski terlihat ceria, film ini diakhiri dengan ending yang super menyedihkan. Dijamin, saat itu kamu pun merasa ingin ikut menangis bersama para aktornya. 

8. Miss You Already (2016)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombayvariety.com

Menceritakan persahabatan dua perempuan yang sudah terjalin sejak remaja. Saat dewasa dan punya keluarga kecil masing-masing, Milly didiagnosis terkena penyakit kanker payudara. Ia pun harus menjalani kemoterapi dan dirawat intensif di rumah sakit. Jess, sahabatnya selalu berada di sisinya.

Namun, Milly kemudian tahu bahwa ia ternyata hamil dan hendak menghentikan kemoterapi demi keselamatan bayinya. Tentu, ide ini ditolak mentah-mentah oleh keluarga terdekat. 

Milly hanya bisa berharap Jess mau membantunya. Film ini juga berakhir mengharukan, apalagi pada bagian saat Milly harus meninggal di pangkuan Jess. Siapkan tisu banyak-banyak!

9. Wind Chill (2007)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombayfanpop.com

Nama Emily Blunt mungkin kamu kenal lewat perannya dalam film laris A Quiet Place dan Mary Popins Returns, padahal jauh sebelum itu Emily sudah sering bermain di film-film kece. Salah satunya film horror yang bisa dibilang underrated berjudul Wind Chill.

Emily berperan sebagai seorang mahasiswa yang hendak pulang kampung untuk merayakan natal. Agar menghemat biaya ia pun tertarik untuk mencoba ride-sharing dengan salah satu teman sekelasnya. 

Saat melewati jalan pintas untuk menghindari macet dan salju tebal mereka justru terjebak di suatu jalan yang tak ada habisnya, ditambah banyak keganjilan dan kemunculan sosok tak kasat mata yang mengganggu mereka.

Bukan film horror biasa, film ini juga menyuguhkan kisah drama yang super sedih di bagian akhir. Tenang, tak ada adegan dewasa yang gak penting dalam film ini. Jadi makin terasa suasana tegang dan harunya. 

10. Mudbound (2017)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombaynewyorker.com

Jarang dibahas dan diulas di media lokal bukan berarti film ini tidak layak ditonton. Film Mudbound dapat banyak nominasi di ajang Golden Globes dan Oscars pada tahun 2018. Film ini mengambil latar pasca Perang Dunia II, di mana dua veteran perang berbeda ras harus menghadapi insekuritas mereka sendiri, juga keadaan ekonomi keluarganya yang berantakan.

Isu semacam ini memang jarang dibahas dalam film, terutama terkait veteran kulit hitam serta veteran yang berasal dari kelas menengah bawah. Gak hanya membuka wawasan, kamu pun akan disuguhi drama yang menguras emosi. 

11. Only The Brave (2017)

11 Rekomendasi Film Sedih Banget yang Bikin Nangis Bombaydavisenterprise.com

Mengisahkan sekelompok pasukan pemadam kebakaran khusus di wilayah Arizona, Amerika Serikat. Terbentuk lewat rekrutmen khusus, kebanyakan anggotanya justru bukan orang-orang yang tampak meyakinkan, tetapi berkat bimbingan sang ketua mereka menjadi salah satu pasukan yang dipercaya menangangi kasus kebakaran hutan terbesar di AS pada tahun 2013. 

Namun, dalam operasi tersebut, 19 dari 20 anggotanya harus kehilangan nyawa. Hanya satu anggota yang berhasil selamat karena mendapat tugas mengawasi dari wilayah yang berjauhan. Akting Miles Telfer di sini pantas dapat apresiasi, karena berhasil membuat penonton ikut terisak saat harus kehilangan 19 rekan seregunya.

Gimana? Udah siapin tisu berapa boks nih?

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Bollywood tentang Pengorbanan dan Penantian Cinta

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya