Comscore Tracker

Indie Fans, Ini 6 Cara Mudah Cari Rekomendasi Musik Baru di Internet

Update playlist-mu!

Cocok, jika kamu mengklik artikel ini tandanya kamu memang butuh musik baru untuk dicantumkan dalam playlist-mu. Namun, terkadang kamu menemukan jalan buntu. Di tengah perkembangan musik yang makin pesat karena media sosial dan layanan streaming, playlist kamu masih itu-itu saja. 

Padahal ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menemukan musik baru hanya berbekal internet. Ini enam cara termudahnya. 

1. Cari rekomendasi di Spotify ternyata semudah ini

Indie Fans, Ini 6 Cara Mudah Cari Rekomendasi Musik Baru di InternetUnsplash/Nadine Shaabana

Kalau kamu pengguna setia Spotify, sebenarnya ada banyak cara menemukan musik baru sesuai dengan genre yang kamu suka atau pola musik yang sering kamu dengarkan. Saat masuk ke aplikasi, pergi ke menu Browse. Di sana kamu bisa menemukan pilihan Genre & Moods, juga Discover.

Pilihan Genre & Moods biasanya berupa kumpulan playlist berdasarkan genre dan kegiatan. Sementara, di menu Discover kamu bahkan bisa menemukan playlist Discover Weekly dan Release Radar yang dibuat sesuai algoritma. 

Jika kamu menemukan musisi atau artis yang kamu suka, jangan lupa klik laman mereka dan coba eksplorasi lebih jauh lewat menu Related Artists. Di sana kamu akan menemukan artis-artis baru dengan musik serupa.

Terakhir, jangan lupa nyalakan menu Autoplay di menu Settings. Autoplay memungkinkan Spotify untuk memainkan musik lain setelah lagu atau sebuah album selesai kamu dengarkan. Ada kemungkinan besar kamu dapat rekomendasi musisi atau lagu yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. 

2. Mampir ke kanal-kanal keren yang ada di YouTube ini

Indie Fans, Ini 6 Cara Mudah Cari Rekomendasi Musik Baru di InternetUnsplash/Kon Karampelas

YouTube tidak bisa dilepaskan dari musik, banyak kanal musik yang perlu kamu pantengin jika mengaku penggemar musik indie. Jika suka musik Barat, coba kanal NPR Tiny Desk, Sofar Sounds, Alternative Press, Vevo DSCVR, KEXP,  Balcony, dan Colors. Untuk musik indie Indonesia, coba HOOKSpace, Provoke! TV, Narasi Entertainment, Sounds From The Corner, dan Indie Accent.

Mereka menyajikan berbagai video terkait musik, mulai dari live performance, stripped version dari sebuah lagu, sampai wawancara langsung dengan musisi. 

3. Baca majalah musik online, gratis dan memperluas khasanah

Indie Fans, Ini 6 Cara Mudah Cari Rekomendasi Musik Baru di Internetinstagram.com/upsetmagazine

Jika kamu termasuk yang suka membaca, jangan malas pula untuk menengok majalah musik yang tersedia secara online. Mulai dari Provoke!, Hai , Rolling Stone, NME, dan Pitchfork, dan Alternative Press yang sudah melegenda. Hingga majalah-majalah baru seperti Upset, Dork, Atwood Magazine, Paste, Spindle, dan Honey Punch.  

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Tentang Penyanyi Karismatik Freya Ridings

4. Follow blog musik di Instagram dan pergi ke situsnya

Indie Fans, Ini 6 Cara Mudah Cari Rekomendasi Musik Baru di InternetUnsplash/S O C I A L . C U T

Cara instan lain agar tetap update perkara musik adalah mengikuti blog musik yang ada di Instagram. Jumlahnya banyak dan bisa kamu pilih sesuai keinginan. Untuk musik Indonesia, ada Indie Accent, The Display, Hookspace, dan Creative Disc. Untuk musik luar negeri, coba Consequence of Sound, Stereogum, Ditto Music, Acid Stag, dan Nialler9. 

5. Dengarkan podcast musik di layanan streaming

Indie Fans, Ini 6 Cara Mudah Cari Rekomendasi Musik Baru di InternetUnsplash/Siddharth Bhogra

Podcast juga salah satu jalan untuk memperluas khasanah musikmu. Ia bisa kamu dengarkan sambil mengerjakan hal lain, jadi tak mengganggu produktivitasmu. Beberapa podcast musik yang direkomendasikan antara lain Radio X, Konser Musik Indonesia, Popcast, AMWAVE, Billboard News Now, dan Zach Sang. 

6. Indie garis keras, tekunlah mencari permata di Soundcloud

Indie Fans, Ini 6 Cara Mudah Cari Rekomendasi Musik Baru di Internetinstagram.com/soundcloud

Terakhir, kalau kamu merasa segala cara di atas kurang efektif. Meluncurlah ke situs Soundcloud. Di sana kamu bisa menemukan banyak artis baru yang sama sekali belum dikenal. Namun, saking banyaknya dan cukup random, kamu harus tekun mencari musik baru yang pas di telingamu. 

Kalau ngaku haus musik baru yang beda dari lainnya, silakan dipraktikan sendiri keenam tips di atas.

Baca Juga: 10 Pesona Danilla Riyadi, Penyanyi Indie yang Anti Pencitraan Club 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya