Comscore Tracker

7 Fakta Fontaines D.C., Band Punk Irlandia yang Tembus Grammy 

Penikmat musik harus tahu nih #HypeIDNTimes

Memilih bergelut di genre punk adalah salah satu pilihan berani, mengingat banyak musisi yang mengambil jalur aman dengan mengikuti pergerakan pasar. Namun, Fontaines D.C. berhasil membuktikan bahwa keputusan mereka mengikuti kata hati tak salah. Sejak debut di tahun 2018, band yang terdiri dari lima personel ini tak hentinya menorehkan prestasi. Siapa sebenarnya mereka? 

1. Fontaines D.C. berasal dari Dublin dan kelima anggotanya lulusan sekolah musik BIMM

7 Fakta Fontaines D.C., Band Punk Irlandia yang Tembus Grammy Fontaines D.C. (instagram.com/brits)

Mereka adalah Grian Chatten, Carlos O’Connell, Conor Curley, Tom Coll, dan Conor Deegan. Kelimanya bertemu saat menempuh pendidikan sarjana di BIMM Dublin, salah satu sekolah musik bergengsi seantero Inggris dan Irlandia. Mereka kemudian membentuk Fontaines D.C. di tahun 2017. 

2. Album debut mereka, Dogrel rilis April 2019 lalu dan berbuah manis 

7 Fakta Fontaines D.C., Band Punk Irlandia yang Tembus Grammy Fontaines D.C. (diymag.com)

Setelah terbentuk, mereka merilis single debut Too Real di tahun 2018 yang menuai pujian. Musik mereka memang mencolok, mengingatkan pendengar pada masa kejayaan musik punk di tahun 1970an. 

Tak butuh waktu lama, band muda ini dapat kontrak rekaman dan merilis album debut mereka di tahun 2019. Diberi judul Dogrel, album punk tersebut laris manis dan mereka pun langsung banjir tawaran manggung. Dogrel bahkan panen skor tinggi dari berbagai situs. Tak butuh waktu lama, Fontaines D.C. tak hanya menuai popularitas di negara asalnya, tetapi juga Inggris dan Amerika Serikat. 

3. Setahun kemudian, mereka menelurkan album kedua A Hero's Death 

7 Fakta Fontaines D.C., Band Punk Irlandia yang Tembus Grammy Fontaines D.C. (diymag.com)

Setelah sukses dengan album debutnya dan sibuk tur keliling dunia, mungkin kebanyakan band akan memberi jeda setahun untuk menggarap materi baru. Namun, Fontaines D.C. langsung merilis album kedua di pertengahan tahun 2020. Dengan judul A Hero's Death, mereka mencoba mengeksplorasi hal-hal baru.

Jika album pertama lebih berenergi dan penuh amarah, album kedua mereka diisi dengan beberapa track yang melankolis. Mereka memasukkan isu-isu seperti insekuritas dan kerapuhan di liriknya. Lewat The Irish Times, mereka mengaku banyak mengambil inspirasi dari lagu-lagu yang lebih lembut dan reflektif, salah satunya band lawas The Beach Boys. 

Baca Juga: 6 Fakta Inhaler, Band Rok Alternatif yang Digawangi Putra Bono U2

4. Sabet nominasi Grammy pertama mereka untuk kategori Best Rock Album tahun 2020 lalu 

7 Fakta Fontaines D.C., Band Punk Irlandia yang Tembus Grammy Fontaines D.C. (instagram.com/fontainesband)

Jika di album pertama, Fontaines D.C. lebih mengkritisi apa yang ada di luar diri mereka , album kedua jauh lebih reflektif dan lingkupnya lebih personal. Daripada mengkritisi pemerintah dan sistem kapitalisme yang menggerogoti Dublin, mereka mencoba mengangkat keresahan-keresahan yang mereka rasakan sendiri sebagai generasi milenial.

Formula ini ternyata tak kalah menarik. A Hero's Death berhasil dapat nominasi Grammy 2020 untuk kategori Best Rock Album, tetapi kalah oleh album The New Abnormal milik The Strokes yang dapat gelar juara. 

5. Tak ragu diberi label political band karena lirik-lirik mereka yang berbau politis

7 Fakta Fontaines D.C., Band Punk Irlandia yang Tembus Grammy Fontaines D.C. (qobuz.com)

Sejak awal, lagu-lagu Fontaines D.C. jelas berbau politis. Mereka tak ragu menyuarakan beberapa sindiran anti-Brexit, puisi satir tentang kota Dublin, kritik pada kapitalisme dan gentrifikasi, hingga menyinggung kesenjangan antara Irlandia dengan Inggris Raya. Saat dilabeli sebagai political band, mereka pun tidak mengelaknya.

6. Disebut sebagai salah satu guitar band paling prominen saat ini 

7 Fakta Fontaines D.C., Band Punk Irlandia yang Tembus Grammy Fontaines D.C. (louderthanwar.com)

Di tengah dominasi musik elektronik, menjadi band yang mengandalkan gitar adalah sebuah kelebihan tersendiri utamanya bagi penikmat musik rok dan alternatif. Mendengarkan karya Fontaines D.C. seperti kembali ke masa lalu dengan sound mixing yang terdengar mentah dan organik, tetapi justru menambah kesan auntentik.  

7. Membuat video musik untuk lagu A Hero's Death bareng Aidan Gillen

https://www.youtube.com/embed/jLNt8aMNbvY

Harus menunda tur dan membatalkan banyak gig mungkin jadi momok untuk musisi. Namun, tak banyak yang bisa dilakukan Fontaines D.C. selain menulis lagu dan melakukan beberapa wawancara, konser virtual serta membuat materi untuk promo. Salah satunya video musik untuk lagu A Hero's Death yang dibintangi aktor top Irlandia, Aidan Gillen.  

Sudah kenal Fontaines D.C., sekarang saatnya menikmati dua album kece mereka sembari beraktivitas. 

Baca Juga: 5 Drummer Band Punk Terbaik dan Legendaris, Adakah Idolamu di Sini?

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya