Comscore Tracker

7 Fakta Yun Jung Youn, Bintang 'Minari' yang Bersinar di Usia 70an

Tak ada kata terlambat untuk berprestasi #IDNTimesHype

Menikmati masa tua adalah cita-cita sebagian besar orang saat sudah masuk usia 70an. Namun, tidak untuk Yun Jung Youn yang justru makin bersinar di usia senjanya sejak membintangi Minari. Memerankan nenek Soonja yang nyentrik, Yun Jung Youn menarik perhatian penonton dan kritikus.

Siapa sebenarnya sosok Yun Jung Youn? Berikut beberapa fakta menarik tentangnya. 

1. Sebelum hits karena 'Minari', Yun Jung Youn adalah aktris profesional yang membintangi puluhan drama dan film Korea 

7 Fakta Yun Jung Youn, Bintang 'Minari' yang Bersinar di Usia 70aninstagram.com/cinemabit

Debut di tahun 1971 lewat film Woman of Fire, Yun Jung Youn sudah membintangi lebih dari 50 judul film dan serial televisi. Film debut tersebut yang membuatnya dilirik sutradara Lee Isaac Chung untuk proyek Minari

Beberapa film Korea terkenal lainnya yang ia bintangi antara lain, The Bacchus Lady, Canola, Salut d'Amour,  Sense8, dan Boomerang Family. Saat itu ia masih menggunakan ejaan Yeo-jeong Yoon untuk nama di kredit film. Minari bisa dibilang debut internasionalnya sebagai aktris profesional. 

2. Yun Jung Youn tidak pernah menduga mendapat nominasi Oscars di usianya yang sudah 73 tahun

7 Fakta Yun Jung Youn, Bintang 'Minari' yang Bersinar di Usia 70aninstagram.com/minarimovie

Sebagai seseorang yang sudah berada di usia senja, mendapatkan nominasi Oscar mungkin tak tercantum lagi dalam bucket-list. Sama seperti Yun Jung Youn yang kaget saat ia mendengar pengumuman nominasi.

Dilansir dari New York Times, sutradara kondang Bong Joon Ho turut memberi selamat. Diiringi gurauan iri karena di masa pandemi begini, Yun Jung Youn dan para nominee lainnya tidak perlu terbang ke Amerika Serikat dan menghadiri puluhan acara. Cukup berada di rumah dan melakukan panggilan video. Seperti kita tahu, Bong Joon Ho memang dikenal sebagai anak rumahan. 

3. Pernah gagal ujian masuk universitas bergengsi di Korea dan membuat rasa percaya dirinya turun 

7 Fakta Yun Jung Youn, Bintang 'Minari' yang Bersinar di Usia 70aninstagram.com/minarimovie

Masuk universitas bergengsi adalah hal penting di Korea Selatan. Bahkan di tahun 60an, ketika Yun Jung Youn masih remaja. Sayangnya, ia gagal masuk di deretan universitas top dan membuat ibunya kecewa. 

Namun, pengalaman pahit ini menjadi titik balik dalam hidup Yun Jung Youn. Ia yang berkuliah Sastra Korea diH anyang University tanpa sengaja mendapat pekerjaan paruh waktu di sebuah acara reality show anak-anak. Setelah beberapa waktu bekerja di stasiun televisi, ia bertemu dengan casting director yang menghasutnya untuk mencoba audisi peran di beberapa drama dan film. 

4. Sempat meninggalkan Korea Selatan selama sepuluh tahun untuk mengikuti sang suami yang berkuliah di Amerika Serikat 

7 Fakta Yun Jung Youn, Bintang 'Minari' yang Bersinar di Usia 70aninstagram.com/fics31

Sudah dapat beberapa proyek kecil di film dan serial, Yun Jung Youn meninggalkan kariernya untuk mengikuti pekerjaan sang suami. Mereka pindah ke Florida dan memiliki dua anak. Selama di sana, ia menjadi ibu rumah tangga, sementara sang suami bekerja dan berkuliah. 

Namun, pernikahan mereka tak bertahan lama. Setelah kurang lebih sepuluh tahun, mereka bercerai dan Yun Jung Youn kembali ke Korea menjadi single mother untuk dua anaknya. 

Baca Juga: 10 Fakta Alan Kim, Pemeran David di Film Minari yang Menggemaskan

5. Sempat kesulitan kembali ke industri hiburan Korea Selatan. Barulah di usia matang, Yun Jung Youn mulai kembali ke industri hiburan

7 Fakta Yun Jung Youn, Bintang 'Minari' yang Bersinar di Usia 70aninstagram.com/nytimes

Setelah kembali dari Amerika Serikat, Yun Jung Youn yang sudah berusia 40an berencana membangun kembali kariernya sebagai aktris. Namun, itu bukan hal mudah mengingat persaingannya sangat ketat. Yun Jung Youn kesulitan beradaptasi dengan standar kecantikan di Korea yang cukup diskriminatif, apalagi dengan statusnya sebagai janda. 

Di awal tahun 2000an, Yun Jung Youn mulai mendapatkan peran-peran kecil sebagai ibu dan perempuan paruh baya di beberapa serial dan film Korea. Perlahan, ia membangun kembali kariernya yang sempat terhenti dan menjadikannya pemasukan utama untuk menghidupi keluarganya. 

6. Pengalamannya terlibat di 'Minari' menjadi hal baru untuk Yuh Jung Youn yang terbiasa dengan kultur industri hiburan di Korea 

7 Fakta Yun Jung Youn, Bintang 'Minari' yang Bersinar di Usia 70aninstagram.com/a24

Di Korea Selatan, senioritas adalah hal yang lumrah. Dengan usia sematang Yuh Jung Youn, ia akan sangat dihormati dan tidak bisa ditentang pendapatnya. Namun, dalam kasus Minari yang merupakan film indie berdana rendah dan digarap dengan kultur Amerika, Yuh Jung Youn mendapatkan banyak pengalaman baru. 

Di hari pertama, AC di studio mati dan ia harus menunggu lama sebelum melakukan take adegan. Belum lagi adegan kebakaran yang jadi klimaks di film ini. Adegan berisiko tersebut sempat membuatnya khawatir sebab tidak banyak kru dan teknisi dalam Minari karena budget yang cukup rendah. Apalagi ia sudah berusia lanjut. 

Dikutip dari The Hollywood Reporter, saat api mulai membesar dan sutradara belum mengatakan cut, ia berusaha profesional dan tidak berhenti. Sampai akhirnya, salah satu kru yang harus menghentikan adegan tersebut sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Terlibat dalam Minari juga sempat membuatnya merasa inferior karena tak pernah menempuh pendidikan formal di bidang drama atau film. Minari menjadi pengalaman yang membuatnya lebih rendah hati. 

7. Meski tak fasih berbahasa Inggris, proyek baru sudah menanti Yuh Jung Youn yang akan tampil di serial 'Pachinko' milik Apple TV+

7 Fakta Yun Jung Youn, Bintang 'Minari' yang Bersinar di Usia 70aninstagram.com/psfilmfest

Serial Pachinko ini merupakan kisah adaptasi novel berjudul sama karangan Min Jin Lee. Novel tersebut pernah masuk daftar buku terbaik versi New York Times tahun 2017 dan berkisah tentang imigran Korea di Jepang selama tahun 1910-1980an. Belum jelas peran apa yang akan didapatkan aktris senior ini. Namun, serial delapan episode ini berskala lebih besar dibanding Minari dari segi dana dan latar. 

Momen bermain film keren sampai dapat nominasi Oscars mungkin gak bakal terulang untuk Yuh Jung Youn yang sudah berusia 70 tahunan. Namun, bisa jadi pengingat bagi kita bahwa tak ada kata terlambat untuk berprestasi. 

Baca Juga: Masuk 6 Nominasi Oscar! 10 Fakta Film Minari, Kisahkan Imigran Korea 

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya