Comscore Tracker

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seru

Langsung dimaraton #IDNTimesHype

Selain aktor-aktor kulit putih yang biasa kita lihat di film, wajah-wajah latin biasanya gak ketinggalan mencuri perhatian. Sayangnya, industri film seringkali membuat sistem pengelompokan karakter berdasarkan stererotip yang melekat pada etnisitas seseorang. Dalam kasus aktor latin, tak jarang peran-peran yang mereka dapat tidak jauh dari tokoh-tokoh kriminal, terutama gangster dan gembong narkoba misalnya.

Meski tak dapat dipungkiri hal itu masih sering terjadi, beberapa aktor latin berikut berhasil tampil memerankan berbagai karakter selain stereotip yang melekat pada mereka. Siapa dan apa saja prestasi mereka selama berkarier? Simak daftar aktor latin dengan talenta brilian di bawah ini. Film-film mereka dijamin seru dan bikin nagih. 

1. Gael Garcia Bernal

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seruinstagram.com/dailygaelgarciab

Gael Garcia Bernal bisa dibilang cukup beruntung. Berwajah innocent, ia pun tidak masuk kriteria aktor langganan pemeran tokoh kriminal. Gael justru lebih banyak mendapat peran di film-film drama dan biografi. Ia dikenal pertama kali karena perannya di Amores Perros dan Y Tu Mama Tambien. Keduanya merupakan film berbahasa Spanyol terpopuler hingga kini.

Disusul peran cemerlangnya sebagai Che Guevarra muda di film The Motorcycle Diaries yang mengantarkannya dapat nominasi BAFTA. Sejak itu, proyek film tak pernah berhenti ia dapatkan. Apalagi film-filmnya dikenal selalu berkualitas, langganan festival hingga sering dapat nominasi penghargaan bergengsi. Hingga usianya sudah masuk kepala empat, Gael masih jadi aktor Meksiko paling produktif. Ema, Mozart in the Jungle, Coco, hingga yang terbaru film misteri Old karya M. Night Shyamalan bakal ia bintangi pula. 

2. Diego Luna

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seruinstagram.com/diegoluna.ig

Bicara Gael Garcia Bernal gak akan lepas dari Diego Luna. Keduanya dikenal sebagai sobat karib dan punya rumah produksi bersama. Keduanya sempat beberapa kali satu proyek bareng di film, sebut saja Y Tu Mama Tambien dan Rudo y Cursi. Ternyata jauh sebelum Gael dan Diego beraspirasi jadi aktor, mereka sudah berkawan sejak kecil. 

Diego sama dengan kawannya, juga sudah merambah Hollywood. Ia tampil di film The Terminal, Rogue One: A Star Wars Story, Milk, The Book of Life, dan If Beale Street Could Talk. Terakhir, ia kedapatan peran strategis di serial Narcos: Mexico bersama Michael Pena. 

3. Oscar Isaac 

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seruinstagram.com/amazingpoedameron

Oscar Isaac tidak perlu ditanya lagi. Ia dikenal sebagai aktor serba bisa yang sudah bermain di puluhan judul film sepanjang kariernya. Mulai drama, film aksi, semi-biografi, hingga film superhero dan sains fiksi sudah ia jajal. Perannya pun sangat beragam, ia bisa jadi musisi, kemudian berubah jadi kriminal, bapak-bapak, hingga penjahat di film pahlawan. 

Oscar Isaac merupakan aktor blasteran Kuba-Guatemala dan sudah beberapa kali mendapatkan nominasi untuk sejumlah perannya. Tinggal menunggu waktu saja sampai ia memenangkan salah satu nominasi tersebut. Bagi yang butuh rekomendasi film Oscar Isaac selain X-Men dan Star Wars Universe, silakan coba Inside Llewyn Davis, A Most Violent Year, Ex-Machina, dan At Eternity's Gate

4. Pedro Pascal

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seruinstagram.com/pascalispunk

Pedro Pascal mungkin kamu kenal lewat serial The Mandalorian, namun sepak terjang aktor asal Chile ini sudah dimulai jauh sebelum itu. Pedro debut di layar televisi Amerika lewat beberapa peran sporadis di sejumlah serial sebelum akhirnya mendarat di beberapa episode Games of Thrones. Disusul peran tetap di serial Narcos bersama Wagner Moura yang memukau penonton. Ia juga tampil di beberapa film aksi seperti Kingsman: The Golden Circle dan Wonder Woman 1984. 

Baca Juga: 12 Lagu Korea Bernuansa Amerika Latin, Pas Banget Untuk Senam Pagi!

5. Wagner Moura 

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seruinstagram.com/variety

Wagner Moura adalah aktor Brasil yang dikenal luas karena perannya sebagai Pablo Escobar di Narcos. Penampilannya memang brilian dan menyakinkan. Tak heran Wagner sebenarnya aktor yang sudah berpengalaman. Ia membintangi banyak film Brasil. Salah satunya Tropa de Elite dan Bald Mountain sebelum akhirnya melebarkan sayap ke Hollywood. Sebut saja film Elysium, disusul beberapa film biopik macam Sergio dan Wasp Network. 

6. Michael Peña

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seruinstagram.com/officialmodusvivendi

Michael Pena tentu gak asing di mata. Wajahnya sering banget menghiasi film Hollywood yang butuh aktor latin. Beda dengan lainnya, Michael lahir dan besar di Amerika Serikat dari orang tua yang asli Meksiko. Ini membuatnya lebih mudah merambah Hollywood. Perannya tentu gak jauh dari stereotip yang melekat pada orang keturunan latin. Namun, perlahan ia mulai dapat peran-peran strategis di film Ant-Man, The Martian, Fury, The Mule, hingga serial Narcos: Mexico. 

7. John Leguizamo

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seruthedailybeast.com

Senasib dengan Michael Pena, John yang keturunan Kolombia, Puerto Rico, dan Libanon memulai kariernya langsung di Amerika Serikat. Ia pun mengisi pos-pos aktor latin di beberapa serial televisi sebelum merambah layar lebar. Meski berasal dari keluarga imigran dengan pendapatan pas-pasan, talentanya sudah terlihat sejak muda. Ia berhasil masuk program teater di NYU's Tisch School of the Arts, salah satu kampus seni bergengsi di AS. Namun, di tengah masa kuliahnya ia dapat tawaran sebagai komedian dan memilih keluar dari program tersebut. 

John fokus pada kariernya di dunia hiburan dan sudah membintangi film-film besar macam Ice Age, Bloodline, When They See Us, Chef, The Infiltrator, dan lain sebagainya. Ia juga sudah terkonfirmasi masuk dalam cast serial The Power yang merupakan adaptasi novel laris. 

8. Harold Torres 

8 Aktor Amerika Latin Bertalenta yang Filmnya Selalu Seruinstagram.com/weltonmenswear

Harold Torres bisa dibilang pendatang baru. Ia mencuri perhatian lewat perannya sebagai Manuel di serial ZeroZeroZero. Serial kriminal tersebut mendapuknya menjadi anggota pasukan khusus yang memberontak dan akhirnya menduduki jabatan tertinggi di rantai kartel narkoba Meksiko. Sebelumnya, ia juga sempat tampil di serial Cronica de Castas dan El Chapo.

Berasal dari etnis indigenous Meksiko membuat posisi Harold menarik. Ia memberikan warna baru dan bisa jadi masa depan industri film Meksiko yang selama ini didominasi aktor-aktor keturunan Eropa. 

Suka dengan film-film berlatar Amerika Latin, coba catat daftar filmografi delapan aktor di atas, deh. Gak bakal rugi. 

Baca Juga: 10 Aktor Hollywood Sudah Gak Laku Lagi, padahal Dulu Terkenal

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya