Comscore Tracker

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelsen

Masih ada banyak #HypeIDNTimes

Jika ditanya perihal aktor Eropa non Inggris, nama paling santer yang tersebut tentu Skarsgård bersaudara. Terutama Alexander dan Bill yang membintangi beberapa film blockbuster. Sampai nama Mads Mikkelsen muncul ke permukaan karena kesuksesan film teranyarnya, Another Round atau Druk. 

Mads juga memborong beberapa nominasi atas namanya sendiri di beberapa ajang penghargaan, termasuk gelar Aktor Terbaik Eropa tahun 2020. Namanya juga makin melambung karena didapuk menggantikan peran Johnny Depp di Fantastic Beasts. Namun, gak hanya Mads Mikkelsen satu-satunya aktor Eropa yang layak diapresiasi. Beberapa aktor Eropa berikut karyanya patut dinantikan. Siapa saja?

1. Daniel Bruhl 

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/danielbruhl_

Daniel Bruhl adalah aktor blasteran Jerman-Spanyol yang dikenal luas karena perannya di film Good Bye, Lenin! dan Joyeux Noel. Lewat dua film itu, Daniel meraih beberapa nominasi dan menyabet penghargaan Aktor Terbaik Eropa. Sejak itu kiprahnya terus naik tajam, terutama di perfilman Jerman.

Tak berapa lama, ia pun mulai merambah Hollywood lewat film Burnt, Inglourious Basterds, The Alienist, hingga The King's Man. Berwajah awet muda, ia masih sering dapat peran sebagai pria berusia 20-30an padahal usia aslinya sudah kepala empat. 

2. Luca Marinelli

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/rollingstoneitalia

Luca Marinelli meraih momennya saat film Every Blessed Day yang dibintanginya merajai berbagai penghargaan bergengsi di Italia. Ia dapat peran minor di film pemenang Oscars 2014 untuk kategori Best Foreign Language Film, The Great Beauty. Disusul Don't Be Bad yang sempat jadi submisi resmi Italia untuk Oscars tahun 2016. Setia berkarier di industri film Italia, ia mulai merambah Hollywood lewat serial Trust produksi FX dan The Old Guard milik Netflix.

Belakangan, namanya makin santer terdengar setelah sempat jadi pesaing ketat Mads Mikkelsen di ajang European Film Awards untuk kategori Aktor Terbaik Eropa karena perannya di film Martin Eden. Luca dikenal sebagai aktor serba bisa yang dapat berubah 180 derajat saat memerankan satu karakter. 

3. Maciej Musiał

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/maciejmusial_official

Maciej sudah berakting sejak usia kanak-kanak lewat serial televisi lokal Polandia. Sampai di usianya yang menginjak 20an, ia mulai dikenal audiens di luar Polandia lewat serial 1983  yang tayang di Netflix. Lewat serial sejarah itu, ia bahkan masuk dalam Forbes' 30 under 30 Eropa untuk kategori hiburan. 

Tak butuh waktu lama, di tahun 2019 ia kebagian peran di serial The Witcher yang menjadi debut internasionalnya.  

4. Matthias Schoenaerts

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/__zenith______

Matthias Schoenaerts sebenarnya sudah gak asing untuk penikmat film Hollywood. Tanpa aksen yang kental orang mungkin mengira Matthias aktor Amerika biasa. Padahal ia merupakan aktor asli Belgia yang sudah membintangi beberapa award-winning film produksi Belgia dan Prancis, seperti Rust and Bone, Suite Francaise, Bullhead, dan Disorder.

Ia mulai dikenal di Amerika setelah membintangi Far From the Madding Crowd, The Danish Girl, The Mustang, dan terakhir The Old Guard. Namanya sempat direkrut sebagai pemeran utama di film Sound of Metal bersama Dakota Johnson sebelum akhirnya digantikan Riz Ahmed dan Olivia Cooke. 

5. Matthias Schweighöfer

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/matthiasschweighoefer

Matthias Schweighöfer berjuluk aktor Jerman paling produktif yang pernah ada. Ia sudah terjun ke bidang akting sejak usia remaja di akhir 90an. Bahkan memilih meninggalkan studi sarjananya di jurusan drama untuk fokus berakting. Sudah puluhan film dan serial ia bintangi. Salah satu yang paling memorable adalah Rabbit Without Ears dan Valkyrie. 

Sukses menjadi aktor, ia pun mencoba menyutradarai film sendiri. Salah satunya serial laris produksi Amazon Studios berjudul You Are Wanted yang menjadi serial berbahasa asing pertama di layanan streaming tersebut. 

Baca Juga: 9 Aktor Korea Berbakat Ini Masih Betah Menjomblo, Idaman Kaum Hawa

6. Alessandro Borghi

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/gqitalia

Beberapa karya Alessandro Borghi bisa dinikmati penonton internasional karena tayang di jaringan distribusi global Netflix. Sebut saja film On My Skin dan serial mafia Suburra. Alessandro langsung memukau penonton saat tampil sebagai aktor utama di film Don't Be Bad bersama Luca Marinelli. Padahal itu adalah film fitur debutnya sepanjang kariernya sejak tahun 2006. 

Memulai kariernya dengan menerima peran-peran kecil di serial televisi, kini Alessandro dikenal sebagai salah satu aktor paling populer di Italia saat ini. 

7. Max Riemelt 

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/maxriemelt

Dari Jerman masih ada Max Riemelt. Ia dikenal lewat kontribusinya sebagai Wolfgang Bogdanow di serial Sense8 produksi Netflix yang tayang sepanjang 2015-2018. Max sebenarnya sudah berakting sejak usia remaja di beberapa film televisi setempat. Film 

Debut internasionalnya terwujud lewat film Berlin Syndrome dan bakal bertambah seiring terpilihnya Max sebagai cast di sekuel film The Matrix

8. Vincent Cassel

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/vincentcassel

Wajahnya benar-benar tak asing. Ia sudah pernah terlibat dalam film-film aksi produksi Hollywood seperti Ocean's Twelve , Ocean's Thirteen, Eastern Promises, Black Swan, dan Jason Bourne. Siapa sangka ia sebenarnya aktor yang memulai kariernya di Prancis lewat film La Haine yang rilis tahun 1995. Sejak itu, namanya terus menghiasi film-film produksi Prancis. 

Proyek terbarunya adalah serial Westworld yang tayang di HBO. Ia membintangi musim ketiga serial tersebut yang tayang 2020 lalu. 

9. Omar Sy

9 Aktor Eropa yang Filmnya Wajib Ditonton selain Mads Mikkelseninstagram.com/omarsyofficial

Aktor keturunan Senegal ini bisa dibilang salah satu berlian di industri film Prancis. Mulai berkarier lewat peran-peran minor atau pendukung di film, ia meraih simpati penonton setelah tampil epic di film The Intouchables. Sampai kini, film tersebut masih jadi film dengan skor tertinggi di dunia.

Sejak itu, tawaran bermain di film internasional terus berdatangan. Ia bermain di film franchise X-Men, Transformers, dan Jurassic World. Salah satu karya terbarunya yang banyak dipuji adalah serial Lupin. Serial tersebut dapat rating tinggi dan sangat populer di beberapa negara. 

Dari sembilan aktor Eropa di atas, mana nih yang pengen kamu pantengi karya-karyanya?

Baca Juga: Bertabur Artis Muda Berbakat! Ini 12 Pemeran Film Balada Si Roy

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya