Comscore Tracker

8 Film dan Series Terbaik Toni Collette, Gak Pernah Mengecewakan

Ia langganan bermain dalam film keren

Toni Colette adalah aktris asal Australia yang sudah wara-wiri di Hollywood. Ia bahkan sudah beberapa kali meraih penghargaan untuk kontribusinya dalam industri film, termasuk Golden Globes dan Emmy.

Meski belum pernah meraih Oscars, Toni tetap salah satu aktris yang layak diperhitungkan. 

Totalitasnya saat berakting di atas rata-rata dan entah bagaimana film yang ia bintangi kebanyakan sukses di pasaran, seperti delapan sinema berikut. 

1. Little Miss Sunshine (2006) 

https://www.youtube.com/embed/xuV15oyqMIM

Di Little Miss Sunshine, Toni Collette memerankan Sheryll, ibu sang gadis cilik Olive. Di sini ia berperan sebagai ibu dua anak yang bekerja keras menafkahi keluarganya.

Satu hari, Olive yang bermimpi mengikuti sebuah kontes kecantikan mendorong orangtuanya untuk mengantarnya ke California. 

Perjalanan panjang dengan mobil VW antik pun dimulai. Pada akhirnya, tidak hanya sang ayah dan ibu yang ikut mengantar. Kakek, kakak laki-laki, dan paman Olive pun turut bersama dalam perjalanan yang penuh dengan lika-liku tersebut.

Little Miss Sunshine berhasil meraih dua Piala Oscar di tahun 2007. 

2. The Way Way Back (2013)

https://www.youtube.com/embed/utnlhkb6_bg

Di The Way Way Back, Collette kembali didapuk menjadi seorang ibu yang memiliki putra berusia 14 tahun, Duncan. Film ini sebenarnya lebih fokus pada karakter Duncan sebagai sang lakon. 

Ia diajak sang ibu berlibur ke rumah kekasih barunya yang suka meremehkan Duncan hanya karena sang bocah memiliki sifat pendiam dan introver. Namun, seiring berjalannya waktu Duncan menemukan teman-teman dan kegiatan yang membuatnya nyaman dan percaya diri.

Film ini salah satu yang bisa ditonton saat hati sedang gundah karena punya efek adem dan mengharukan. 

3. Hereditary (2018)

https://www.youtube.com/embed/V6wWKNij_1M

Collette akhirnya mendapatkan peran strategis di film Hereditary. Masih dapat peran ibu, kali ini ia berperan ganda menjadi seorang seniman yang bekerja dari rumah. Diceritakan keluarganya memiliki penyakit mental yang menurun dari satu generasi ke generasi. 

Dari awal, film ini sudah disturbing dan akan makin menjadi ketika sebuah insiden terjadi di tengah film. Penampilan Toni Collette dan Alex Wolff sebagai sang putra menuai pujian.

Film ini pun didapuk jadi salah satu sinema garapan A24 yang sukses secara komersial. 

4. Unbelievable (2019) 

https://www.youtube.com/embed/QTIkUzkbzQk

Viral di masa perilisannya, Unbelievable diangkat dari kisah nyata kasus pemerkosaan berantai yang terjadi sepanjang 2008-2011 di Amerika Serikat. Kasus ini sempat diremehkan pihak kepolisian karena kurangnya bukti. Sampai sejumlah detektif berhasil mengungkap keterkaitan antar satu kasus dengan yang lainnya. 

Selain Collette, penampilan Merritt Wever dan Kaitlyn Denver juga memukau. 

Baca Juga: 9 Potret Toni Collette, Detektif Grace di Mini Series Unbelievable

5. Knives Out (2019)

https://www.youtube.com/embed/qGqiHJTsRkQ

Melibatkan nama-nama besar seperti Chris Evans, Daniel Craig, Ana de Armas, dan Katherina Langford; film ini langsung menuai perhatian ketika trailer-nya dirilis. 

Kisahnya sendiri berkutat pada kasus kematian seorang novelis kaya raya di mansion keluarganya. Seorang detektif swasta dibayar oleh anonim untuk menyelidiki kasus ini setelah polisi menyatakan bahwa sang novelis meninggal bunuh diri. 

Collette berperan sebagai menantu dari sang novelis. 

6. I'm Thinking of Ending Things (2020)

https://www.youtube.com/embed/cDTg62vsV4U

Sempat jadi perbincangan di tahun 2020, film ini memang penuh dengan analogi dan metafora yang membuat penonton harus fokus bahkan menebak-nebak akhir ceritanya. 

Plotnya dimulai dari perjalanan sepasang pria dan perempuan tak bernama ke rumah orang tua salah satu dari mereka. Sesampainya di sana, keganjilan demi keganjilan terjadi.

Collette berperan ibu dari si laki-laki. Ia dipasangkan dengan aktor David Thewlis yang juga sering memainkan karakter watak. 

7. Pieces of Her (2022) 

https://www.youtube.com/embed/BJwPc0MsbOQ

Diangkat dari novel berjudul sama, Pieces of Her dirangkum jadi miniseri oleh Netflix dan rilis Februari 2022 lalu. Series ini mengikuti sudut pandang, Andy dan ibunya, Laura yang tanpa sengaja terjebak dalam aksi penembakan di sebuah restoran. 

Tanpa ragu, tiba-tiba Andy melihat sang ibu membunuh sang pelaku penembakan di tempat. Meskipun Laura menyelamatkan nyawa, aksinya menimbulkan kontroversi dan mengundang pertanyaan. Andy perlahan mencari tahu masa lalu sang ibu.

Collette berperan sebagai sang ibu, Laura. 

8. The Staircase (2022) 

https://www.youtube.com/embed/TftAFQflBy8

The Staircase adalah mini seri terbaru rilisan HBO yang diangkat dari kisah nyata kriminal. Lakonnya adalah Michael Peterson, seorang novelis yang dituduh membunuh istrinya sendiri dan menyimpannya di bawah tangga rumahnya. 

Collette berperan sebagai sang istri, dipasangkan dengan aktor senior Colin Firth yang memerankan Peterson. Selain kedua nama tersebut, kamu akan disuguhi penampilan apik Dane DeHaan, Olivia DeJonge, dan Michael Stuhlbarg. 

Terbukti, film-film Tony Collette memang berkualitas. Kalau belum sempat nonton, buruan tonton keseruan cerita dan penampilan apiknya sekarang. 

Baca Juga: 10 Film Hollywood yang Cocok Ditonton di Hari Keluarga Internasional

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya