Comscore Tracker

6 Rekomendasi Film Iran Karya Sutradara Abbas Kiarostami

Kontemplatif, penuh pesan moral 

Sebelum nama Bong Joon Ho dan Chloe Zhao melejit sebagai sutradara Asia prominen di dunia, sosok Abbas Kiarostami sudah lebih dulu dikenal karena prestasinya yang diakui publik internasional. Sutradara asal Iran ini sudah menelurkan film-film ikonik sejak tahun 1970-an. Karya-karyanya selalu jadi favorit saat diputar di festival film bergengsi. 

Kiorastami memiliki signature sendiri saat berkarya. Kebanyakan dibuat dengan latar dan premis sederhana, tetapi penuh dengan filosofi yang mengajak penonton turut berkontemplasi. Belum pernah nonton? Berikut rekomendasi film terbaik Abbas Kiarostami yang wajib ditonton sekali seumur hidup.

1. Taste of Cherry (1997)

https://www.youtube.com/embed/-PpuFDwhMmI

Taste of Cherry adalah pemenang Palme d'Or di ajang Cannes Film Festival 1997. Ceritanya cukup unik, seorang pria paruh baya berkeliling kota untuk mencari seseorang yang bersedia membantunya mengakhiri hidup. Ia bertemu dengan beberapa orang di perjalanan yang kebanyakan menolak, sampai seorang imigran asal Azerbaijan bersedia membantunya karena membutuhkan uang untuk pengobatan sang anak. 

Khas Kiarostami, film ini dibuat dengan laju yang lambat. Kebanyakan dialognya pun dilakukan dalam mobil, tetapi ceritanya menggugah dengan ending yang spekulatif. 

2. Close-Up (1990)

https://www.youtube.com/embed/WS7idiZkOQ0

Close-Up tak kalah unik, film ini bisa dibilang masuk kategori docudrama atau docufiction karena merupakan perpaduan antara fiksi dengan dokumenter yang sebenarnya terinspirasi dari sebuah kejadian nyata.

Abbas Kiarostami menemukan kasus menarik di mana seorang pria dituntut atas kasus penipuan. Ia pun meminta izin untuk merekam persidangan nyata kasus itu, serta meminta testimoni korban dan pelaku untuk membangun adegan di awal film. 

3. The Wind Will Carry Us (1999)

https://www.youtube.com/embed/xq1gXC3119A

Plot film The Wind Will Carry Us dibangun dari tiga jurnalis yang mengunjungi sebuah desa dengan tujuan awal merekam prosesi pemakaman tradisional untuk proyek mereka. Mereka menanti sampai ada seorang warga yang menjemput ajalnya, tetapi momen tersebut tak kunjung tiba. 

Seperti biasa, premisnya sederhana, tetapi unik dan idenya beda dari yang lain. Tak heran kalau karya Kiarostami berikut berhasil meraih Grand Jury Awards di ajang Venice Film Festival. 

Baca Juga: 10 Film Calon Peraih Palme d'Or di Cannes Film Festival 2022

4. Through the Olive Trees (1994)

6 Rekomendasi Film Iran Karya Sutradara Abbas Kiarostamiadegan film Through the Olive Trees (dok. Miramax Films via imdb.com)

Film bergenre dramedy ini mengeksplorasi dinamika yang terbentuk antara seorang sutradara dengan kedua aktornya yang berperan sebagai pasangan baru menikah. Dikisahkan sang aktris ternyata pernah menolak lamaran sang pemeran pria dan akhirnya membuat mereka tidak bisa memisahkan antara urusan pribadi dengan profesional.

Through the Olive Trees dipilih Iran sebagai perwakilan resmi mereka di Academy Awards ke-67 untuk kategori Best Foreign Language Film. Namun, tidak berhasil masuk dalam nominasi final.

5. Where Is the Friend's House? (1987)

6 Rekomendasi Film Iran Karya Sutradara Abbas Kiarostamiadegan film Where Is the Friend's House? (dok. Fajr Film Festival via tehrantimes.com)

Drama innocent dengan lakon anak-anak selalu punya tempat khusus di hati pencinta film. Dengan durasi 83 menit, kamu akan diajak mengikuti perjalanan seorang anak 8 tahun yang bertekad mengembalikan buku kawan sebangkunya yang tak sengaja terbawa olehnya. 

Dengan mengandalkan petunjuk dari orang-orang sekitar yang ia temui di jalan, akankah sang bocah menemukan rumah sang kawan? Sederhana, tetapi akting para aktornya benar-benar natural. Nyaman buat ditonton. 

6. Ten (2002)

6 Rekomendasi Film Iran Karya Sutradara Abbas Kiarostamiadegan film Ten (dok. Cannes Film Festival via mubi.com)

Ten memiliki format yang mirip dengan Taste of Cherry, kebanyakan adegannya dilakukan di dalam mobil. Penonton akan diajak mengikuti perjalanan seorang perempuan muda mengitari kota Teheran sambil mengobrol dengan orang-orang di bangku penumpang. Salah satunya sang putra yang masih berusia 10 tahun. 

Film ini bertumpu pada dialog yang kontemplatif dengan beberapa long pause di tengahnya. Terapeutik buat yang suka film-film berlaju lambat. 

Beberapa rekomendasi film terbaik Abbas Kiarostami yang berlatarkan Iran di atas layak untuk kamu tonton, terutama bagi kamu para sinefil. Sang sutradara punya beberapa film lain dengan latar negara lain, termasuk Jepang dan Italia. Silakan buru jika suka. 

Baca Juga: 9 Fakta Film Korea Decision to Leave, Bersaing di Festival Film Cannes

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya