Comscore Tracker

8 Series Dramedy Underrated dari Berbagai Negara, Ciamik!

Tonton sepulang kerja seru juga

Genre drama komedi atau yang sering disingkat jadi dramedy adalah salah satu genre film yang cukup menarik. Mereka memadukan tragedi dengan komedi dalam satu waktu yang membuat film menjadi semakin kompleks emosinya. 

Menemukannya genre film ini sebenarnya tidak sulit. Ada banyak pilihan tontonan dramedy menarik di berbagai platform streaming. Sayangnya banyak juga yang kurang terdengar gemanya. Seperti beberapa series dramedy berikut ini.  

1. Ramy (2019-)

https://www.youtube.com/embed/kGvl4s4FBoo

Ramy merupakan serial dramedy karya komedian asal Amerika Serikat keturunan Mesir, Ramy Youssef. Terinspirasi dari pengalaman pribadinya sebagai anak imigran, karakter Ramy di series diceritakan sebagai sosok yang berada di persimpangan jalan antara budaya yang diperkenalkan orang tuanya dengan kebiasaan Barat yang ia pelajari seiring pertambahan usia. 

Sebagai keturunan Mesir, Ramy pun lekat dengan komunitas muslim di Amerika. Series ini pun berusaha menjelaskan Islam dengan membedakan antara ajaran agama dengan budaya serta perilaku pemeluknya yang tentu bisa saja salah dan tak taat. 

2. The Shrink Next Door (2022)

https://www.youtube.com/embed/HpbC72kXOsc

The Shrink Next Door adalah sebuah miniseri yang diadopsi dari sebuah podcast. Dramedy series ini mengeksplor hubungan pasien dan seorang psikolog yang awalnya harmonis, tetapi makin hari makin tiada batas. 

Marty, sang pasien awalnya merasa senang bisa menemukan psikolog seperti Ike. Namun, metode penanganan Ike lama-lama kebablasan dan menyebabkan banyak masalah baru untuk keduanya. Marty dan Ike diperankan Will Ferrell dan Paul Rudd. 

3. Soil (2020)

https://www.youtube.com/embed/UU78_l3K4OQ

Soil memiliki sedikit kemiripan dengan Ramy. Mereka membahas kehidupan keluarga imigran Maroko di Belgia lewat sudut pandang pemuda bernama Ismael yang bercita-cita menjadi pebisnis.

Setelah melalui beberapa kegagalan, ia menemukan bisnis menjanjikan, yaitu dengan mengimpor tanah dari Maroko langsung untuk memfasilitasi pemakaman para imigran Maroko yang meninggal di Belgia. Sama seperti Ramy, series ini sebenarnya mengekspos praktik budaya yang dibawa imigran hingga ke perantauannya.

4. Better Call Saul (2015-)

https://www.youtube.com/embed/HN4oydykJFc

Better Call Saul bisa dibilang serial yang underrated walaupun mendapat label prekuel dari serial legendaris Breaking Bad. Selain prekuel, sebenarnya serial dramedy ini bisa pula dikategorikan sebagai spin-off karena membahas awal mula sosok pengacara bernama Saul Goodman yang sebelumnya hanya seorang pria bernama Jimmy. 

Better Call Saul tayang perdana di tahun 2015 dan di 2022 ini masuk musim keenam di Netflix. Kalau ngaku penggemar berat Breaking Bad, series ini tak boleh terlewat. 

5. The Afterparty (2022)

https://www.youtube.com/embed/BGG2H3DN_II

The Afterparty juga series yang mengangkat unsur humor di tengah sebuah tragedi. Tepatnya kematian seorang musisi terkenal di villanya sendiri saat pesta reuni SMA. Saat ia ditemukan meninggal karena jatuh dari ketinggian, polisi pun melakukan investigasi di malam yang sama dan semua tamu yang berada di sana pun harus melakoni wawancara penyidikan. 

Semua orang sepertinya punya motif, tetapi siapa yang sebenarnya benar-benar melakukannya? Apakah ini hanya kecelakaan? Jawabannya akan kamu temukan di episode terakhir. 

Baca Juga: 7 Drama Komedi Romantis Thailand Buat Binge Watching, Uwu Banget!

6. The Chair (2021)

https://www.youtube.com/embed/eOqtBtWGl1Q

Serial The Chair mengikuti kehidupan seorang profesor perempuan keturunan Asia yang ditunjuk menjadi dekan di sebuah kampus. Ini adalah momen pertama dalam sejarah kampus tersebut dan tentunya membuat semua orang merasa kikuk.

Tayang tahun 2021 lalu, banyak yang memuji humor yang dipakai di serial ini. Termasuk penampilan Sandra Oh yang dianggap prima.

7. How to Sell Drugs Online (Fast) (2019-2021)

https://www.youtube.com/embed/3sxg1xXmd0I

Dramedy series berikutnya datang dari Jerman. Para kreatornya terinspirasi kisah nyata seorang remaja Jerman yang berhasil menjadi pengedar narkoba dari kamar tidurnya. Sama dengan kejadian itu, kamu akan diajak mengikuti kehidupan Moritz yang bekerjasama dengan sahabatnya Lenny dalam membangun kerajaan narkoba dari kamar mereka. 

Awalnya bekerja independen, lama-lama Moritz dan Lenny terjebak dalam pusaran bisnis yang melibatkan orang-orang berbahaya. Dikemas dengan banyak dialog dan adegan humoris, sebenarnya banyak hal menyedihkan dan menegangkan yang harus dilalui para lakonnya. 

8. Family Business (2019-2021)

https://www.youtube.com/embed/axYAgIVfox4

Mirip dengan How to Sell Drugs Online (Fast), serial asal Prancis ini juga mengangkat tema bisnis narkoba. Semua dimulai dari seorang pria bernama Joseph yang berkali-kali gagal membangun startup. Pilihan terakhirnya adalah melanjutkan bisnis jagal daging milik keluarganya. 

Namun, saat melihat prospek legalisasi ganja di Prancis, ia justru tertarik untuk membangun kafe ganja. Semuanya ternyata tidak selancar yang ia bayangkan. 

Pulang kerja atau sekolah memang paling enak rebahan sambil nonton. Deretan series dramedy di atas bisa jadi salah satu sumber hiburanmu. 

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Mimi, Film Drama Komedi India yang Bikin Haru

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya