Comscore Tracker

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri 

Pencipta tokoh Pennywise, si badut legendaris di film 'IT'

Stephen Edwin King atau yang dikenal dengan Stephen King merupakan salah satu novelis legendaris dunia. Novelis yang terkenal dengan karya novelnya yang bergenre horor ini, lahir pada tanggal 21 September 1947 di Portland, Maine, AS.

Selain menulis novel dengan genre horor, Stephen King juga menulis novel dengan genre fantasi dan juga fiksi ilmiah. Seluruh karya tulisnya berhasil terjual lebih dari 350 juta eksemplar lho di seluruh dunia, yang sebagian besar diadaptasi ke layar lebar, serial televisi, dan juga buku komik. 

Selain beberapa fakta tersebut, masih banyak fakta menarik lainnya tentang sosok Stephen King, yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut ulasan tentang Stephen King, si raja kisah misteri. 

1. Mulai menulis sejak masih sekolah

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri mattblick.com

Penulis yang ditinggalkan oleh ayahnya saat masih berusia 2 tahun ini, mulai menulis saat ia masih bersekolah. Pada saat itu, Stephen King menulis artikel untuk surat kabar Dave's Rag, dan menjual cerita karangannya ke teman-temannya. Cerita karangan pertama Stephen King yang berhasil terbit secara independen yaitu "I Was a Teenage Grave Robber". Serial tersebut diterbitkan dalam 4 cerita bersambung di Comics Reeview pada tahun 1965 lalu. 

Sesaat setelah lulus dari universitas, Stephen King memutuskan untuk menjual cerpen karangannya ke majalah-majalah seperti Cavalier, karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan. Selain menulis cerpen, Stephen King juga aktif menulis novel.

Pada tahun 1973, novel pertamanya berhasil terbit yaitu dengan judul "Carrie". Setelah berhasil menerbitkan novel pertamanya, karir Stephen King terus mengalami peningkatan hingga bisa sukses seperti sekarang ini. 

2. Mendapatkan ide untuk menulis novel horor dari salinan buku tua milik ayahnya

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri bestlifeonline.com

Stephen King mulai tertarik untuk membuat novel fiksi horor setelah membaca salinan buku tua milik ayahnya, yang berjudul 'The Luker in Shadow'  oleh HP Lovecraft, yang ia temukan di loteng rumahnya. Setelah selesai  membaca buku tua tersebut, Stephen King mengatakan bahwa dia telah menemukan rumahnya. 

3. Istri dan dua anak laki-lakinya juga seorang penulis

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri nytimes.com

Stephen King memiliki seorang istri dan tiga orang anak. Sama halnya dengan dirinya yang seorang penulis, istri dan kedua anak laki-lakinya juga seorang penulis. Istrinya yaitu Tabitha King, pernah menerbitkan 8 novel dan 2 karya non-fiksi.

Anak laki-laki pertama Stephen King yaitu Joseph Hillstorm King (nama pena Joe Hill) pernah menerbitkan 4 novel, 2 koleksi cerita pendek, dan 1 seri buku komik, sedangkan putra bungsunya yaitu Owen King, pernah menerbitkan beberapa koleksi cerita pendek dan sebuah novel. Putri tunggal Stephen King yaitu Naomi Rachel King, tidak mengikuti jejak kedua orangtuanya dan saudara laki-lakinya, dan memilih menjadi seorang menteri. 

4. Memegang rekor sebagai penulis tunggal dengan film adaptasi terbanyak sepanjang masa

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri thoughtco.com

Stephen King menghasilkan banyak karya tulis, yang terdiri dari 59 novel, 5 karya non-fiksi, dan lebih dari 200 cerita pendek yang telah dibukukan. Dari seluruh karya tulisnya tersebut, 34 diantaranya diadaptasi ke layar lebar, yang akhirnya membuat Stephen King berhasil memecahkan rekor sebagai penulis tunggal dengan adaptasi film paling banyak dibandingkan penulis lainnya. Salah satu novel Stephen King yang diadaptasi ke layar lebar dan berhasil meraih box office adalah novelnya yang berjudul 'IT', yang diadaptasi ke layar lebar dengan judul yang sama.

Film karya Andi Muschietty yang dirilis di tahun 2017 tersebut, berhasil menghasilkan pendapatan sebesar $ 327.481.784 di box office. Dengan pendapatannya yang sangat tinggi  tersebut, film 'IT' berhasil memecahkan rekor sebagai film horor terlaris sepanjang masa, dan merupakan karya Stephen King yang paling laris. 

Baca Juga: 5 Film Horor Adaptasi Novel Stephen King, Seram Semua!

5. Selain menjadi penulis, Stephen King juga bermain peran di beberapa film dan serial televisi yang diadaptasi dari novelnya

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri simplemost.com

Tak hanya berbakat dalam menulis novel saja, ternyata Stephen King juga jago berakting lho guys. Novelis yang lebih suka menggunakan kertas dan pulpen Waterman saat menulis ini, berakting pertama kalinya di film Knightriders George Romero, dan berperan sebagai penonton badut. Setelah bermain di film tersebut, Stephen King juga mendapatkan peran utama film lainnya dan karir aktingnya semakin mengalami peningkatan. 

Selain itu, Stephen King juga ikut bermain peran di film dan serial televisi yang diadaptasi dari novel-novelnya, yang jika ditotal mencapai 14 film dan serial televisi. 

6. Pernah berkolaborasi dengan Michael Jackson dalam pembuatan film pendek horor 'Ghosts'

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri imdb.com

Novelis pemegang gelar Sarjana Seni dalam bahasa Inggris dari University of Maine ini, pernah berkolaborasi dengan beberapa penulis dan seniman dalam menghasilkan karya-karyanya. Salah satu seniman yang pernah berkolaborasi dengan Stephen King adalah musisi legendaris asal Amerika Serikat (AS) yaitu Michael Jackson.

Penyanyi dan penulis lagu Asal Amerika Serikat tersebut berkolaborasi dengan Stephen King dalam membuat film pendek horor yang berjudul 'Ghosts'. Di film horor yang dirilis pada tahun 1996 tersebut, Michael Jackson berperan sebagai Maestro, pemilik rumah berhantu. Setahun setelah dirilis, film 'Ghosts' diputar di Festival Film Cannes. 

7. Di sepanjang kariernya menjadi seorang penulis, Stephen King berhasil mendapatkan lebih dari 50 penghargaan

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri bangordailynews.com

Di sepanjang karirnya menjadi seorang penulis, Stephen King berhasil mendapatkan lebih dari 50 penghargaan lho. Penghargaan-penghargaan yang pernah didapat Stephen King yaitu meliputi Bram Stoker Awards, World Fantasi Awards,  British Fantasi Society Awards, dan masih banyak lagi. 

Salah satu penghargaan terbesar yang pernah diterima oleh Stephen King adalah National Medal of Arts yang didapatnya pada tahun 2015 lalu, dari America Serikat National Endowment for the Arts atas kontribusinya dalam dunia sastra. Di penghargaan sastra tertinggi di Amerika Serikat tersebut, Stephen King dianugerahi medali oleh Presiden Amerika Serikat yang menjabat pada saat itu, yaitu Barack Obama. Melalui perhargaan tersebut, Stephen King mendapat sebutan sebagai 'King of Horor'. 

8. Sempat mengumumkan pengunduran dirinya menjadi penulis karena kecelakaan yang dialaminya di tahun 1999

8 Fakta Stephen King, Novelis Legendaris Si Raja Kisah Misteri stephenkingisrichardbachman.tumblr.com

Kehidupan Stephen King tidak selalu berjalan lancar seperti karya-karya novelnya yang sebagian besar sukses  di pasaran. Stephen King pernah mengutarakan niatnya untuk pensiun dini, karena mengalami kecelakaan yang cukup parah akibat ditabrak oleh van pada tahun 1999. Penulis yang juga dikenal dengan kedermawanannya ini, terluka cukup parah dengan luka lebar di bagian dahi, tulang rusuk dan tulang pinggulnya patah, dan paru-parunya yang tertusuk.

Akibat insiden yang mengerikan tersebut, Stephen King harus menjalani operasi sebanyak lima kali, dan harus memakai perangkat logam di kakinya selama bertahun-tahun. Selama menjalani proses pemulihan, Stephen King sempat mengumumkan pengunduran dirinya menjadi penulis pada tahun 2002 lalu. Namun keputusannya tersebut berubah, dan Stephen King berhasil menerbitkan 24 buku sejak saat itu. 

Nah, itulah ulasan beberapa fakta menarik dari Stephen King, novelis legendaris si raja kisah misteri. Sudah membaca novel-novelnya guys? 

Baca Juga: 10 Quotes Stephen King untuk Kamu Calon Penulis Hebat

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya