Comscore Tracker

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!

Dijamin seru untuk ditonton!

2019 rupanya menjadi tahun yang menyuguhkan deretan anime keren yang tentu sayang sekali untuk dilewatkan. Tak hanya menyuguhkan serial anime terbaru, tahun ini juga cukup banyak menghadirkan sekuel anime dari tahun-tahun sebelumnya yang tentu juga tidak kalah menarik, bahkan sudah sangat dinanti oleh para penggemar anime. Di penghujung tahun ini, yuk intip beberapa rekomendasi anime terbaik sepanjang tahun 2019, khususnya buat kalian yang masih bingung nih, anime apa saja yang wajib untuk ditonton. Check it out!

1. The Promised Neverland

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!fadmagazine.com

The Promised Neverland merupakan serial anime yang diadaptasi dari manga karya Kaiu Shirai dan Posuka Demizu dengan judul yang sama. Memiliki 12 episode, anime ini mengisahkan tentang anak-anak yatim yang hidup bahagia di sebuah panti asuhan bernama Grace Field House, dengan 3 tokoh utamanya yaitu Emma, Norman, dan Ray.

Tidak seperti panti asuhan pada umumnya, Grace Field House selalu memberi  yang terbaik untuk anak-anak asuhnya agar mereka menjadi manusia dengan kualitas unggul sebelum mereka dikirim kepada orang tua adopsi. Namun kenyataan yang mengejutkan sekaligus mengerikan akhirnya diketahui oleh Emma, Norman, dan Ray, bahwa Grace Field House sebenarnya merupakan peternakan manusia yang akan dipanen untuk disantap oleh para monster. Dengan genre misteri dan suasana mencekam yang disuguhkan didalamnya, membuat anime ini sangat seru untuk ditonton.

2. Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!thegeekiary.com

Kimetsu no Yaiba merupakan serial anime dengan genre dark fantasy yang diadaptasi dari manga karya Koyoharu Gotoge. Anime ini ditayangkan perdana pada April 2019 dan memiliki total episode sebanyak 26 episode. Berlatar pada zaman Taisho di Jepang, Tanjiro, seorang anak laki-laki penjual arang menemukan seluruh keluarganya dibantai oleh iblis. Adik perempuannya, Nezuko adalah satu-satunya yang selamat dari pembantaian tersebut, namun sayangnya ia telah berubah menjadi iblis.

Tanjiro akhirnya memulai perjalanan mencari cara untuk mengembalikan Nezuko menjadi manusia normal dan menjadi pembunuh iblis agar kejadian yang menimpannya tidak terulang pada orang lain. Kimetsu no Yaiba menjadi anime yang mendapat banyak perhatian dan juga memiliki banyak penggemar, bahkan serial anime ini juga memenangkan penghargaan Anime Newtype 2019 sebagai serial anime tv terbaik tahun ini.

3. The Rising of Shield Hero

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!wherever-i-look.com

Diadaptasi dari manga karya Aiya Kyu, Tate no Yuusha no Nariagari atau The Rising of Shield Hero dalam bahasa Inggris, merupakan serial anime dengan genre fantasi yang ditayangkan perdana pada Januari 2019 dan memiliki total 25 episode. Anime ini mengisahkan seorang mahasiswa biasa bernama Naofumi yang dipanggil ke dunia paralel untuk menjadi bagian dari empat pahlawan legendaris sebagai pahlawan perisai.

Meskipun merupakan bagian dari salah satu pahlawan, namun karena dianggap paling lemah, Naofumi mendapat perlakuan yang buruk di dunia tersebut. Dituduh, dikhianati, dan diperlakukan tidak adil membuat Naofumi diliputi oleh rasa kebencian dan dorongan untuk balas dendam. Ditemani oleh Raphtalia yang dibelinya dari seorang penjual budak, Naofumi pun melakukan perjalanan untuk meningkatkan level dan menjadi lebih kuat agar dapat membalaskan dendamnya. Meskipun memiliki jalan cerita yang sederhana, namun emosi yang dibangun di dalamnya membuat anime ini sangat menarik untuk diikuti.

4. Attack on Titan Season 3 (Part 2)

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!steamcommunity.com

Siapa yang tak kenal dengan anime satu ini. Anime yang merupakan adaptasi dari manga karya Hajime Isayama ini memang sangat populer di kalangan penggemar anime. Setelah bagian pertama dari season ketiganya ditayangkan pada tahun lalu, akhirnya bagian keduanya sudah bisa kita nikmati di tahun ini. Attack on Titan memang menjadi anime yang selalu ditunggu-tunggu di setiap seasonnya tak terkecuali pada season ketiga ini dimana fakta demi fakta akhirnya mulai terungkap.

Pertarungan pada bagian kedua ini juga terasa semakin intens dengan kemunculan beast titan dan Reiner sang armor titan. Tak hanya itu, pada season ini salah satu impian Armin dan Eren untuk melihat laut pun akhirnya terwujud, yang diperlihatkan pada episode terakhirnya. Terwujudnya impian mereka membuat perjalanan mereka semakin menarik dan tentu saja membuat banyak penonton tidak sabar dengan kelanjutan pada season berikutnya.

Baca Juga: 5 Anime Romance 2019 Terbaik yang Dijamin Bikin Baper!

5. One Punch Man Season 2

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!imgur.com

Judul anime One Punch Man tentu sudah tidak asing di kalangan penggemar anime. Setelah jeda selama 4 tahun, akhirnya penantian lama fans terhadap anime ini terobati di tahun ini. Diadaptasi dari manga karya ONE yang diterbitkan tahun 2009, One Punch Man pertama kali diadaptasi menjadi serial anime pada tahun 2015 yang berlangsung selama 12 episode. Pada season kedua, anime ini melajutkan cerita perjalanan Saitama menjadi pahlawan yang dikemas dengan adegan-adegan konyol yang dapat membuat penonton terbahak-bahak.

Menariknya, One Punch Man season 2 ini digarap oleh studio J.C.Staff, dimana pada season pertamanya anime ini dikerjakan oleh studio Madhouse. Hal ini membuat banyak penggemar sedikit kecewa karena menganggap anime ini lebih cocok digarap oleh studio Madhouse. Meski demikian kualitas anime One Punch Man season 2 ini ternyata tidak seburuk yang dibayangkan lho, dan juga cerita yang disuguhkan juga tetap dapat menghibur tentunya.

6. Vinland Saga

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!drcommodore.it

Diadaptasi dari manga karya Makoto Yukimura, Vinland Saga merupakan serial anime yang tayang sejak Juli 2019 dan diproduksi oleh Wit Studio, studio yang juga menggarap Attack on Titan. Anime ini bergenre petualangan dan memiliki total 24 episode. Cerita yang disajikan didasarkan pada sejarah era keemasan Viking di Eropa pada awal abad ke-11. Beberapa tokoh dalam anime ini bahkan berdasarkan tokoh nyata dalam sejarah, seperti Leif Erikson dan Canute.

Vinland Saga bercerita tentang seorang anak bernama Thorfinn yang menyelinap ke kapal rombongan ayahnya untuk mengikuti peperangan. Namun di tengah perjalanan, ayahnya tewas demi melindunginya dari para Viking. Sejak saat itu Thorfinn bertekad untuk membalas dendam atas kematian ayahnya. Namun dalam perjalanannya untuk balas dendam, ia malah menjadi seorang prajurit Viking yang brutal.

7. Bungou Stray Dogs Season 3

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!otakumode.com

Setelah disuguhkan dengan cerita yang menarik pada season kedua, serta adegan pertarungan yang epik pada movienya, kini season ketiga dari Bungou Stray Dogs akhirnya hadir di tahun ini. Meski demikian, kali ini Bungou Stray Dogs tampaknya lebih fokus pada kilas balik dari peristiwa-peristiwa yang terjadi pada season sebelumnya. Serial anime ini sendiri diadaptasi dari manga karya Kafka Asagiri dan Sango Harukawa.

Studio Bones selaku studio yang memproduksi anime ini sejak season pertama hingga ketiga, membuat Bungou Stray Dogs tetap memiliki kualitas animasi yang tidak diragukan. Tak hanya itu, Luck Life selaku pengisi lagu ending dari Bungou Stray Dogs juga tetap bertahan sejak season pertama membuat anime ini dapat mempertahankan kekhasan musiknya. Secara keseluruhan, Bungou Stray Dogs memiliki cerita yang menarik dimana cerita berfokus pada perang antara agensi detektif bersenjata dan port mafia yang merupakan dua organisasi besar di Yokohama, Jepang.

8. Dororo 2019

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!wieczornyseans.pl

Serial anime Dororo merupakan adaptasi dari manga karya Osamu Tezuka yang dirilis tahun 1967. Menariknya, anime ini merupakan remake dari versi lama yang dirilis tahun 1969 berjudul Dororo to Hyakkimaru. Tak hanya itu, pada tahun 2007, Dororo juga pernah diadaptasi ke dalam live action dan video game.  Anime Dororo saat ini digarap oleh Tezuka Productions dan Mappa Studio. Bergenre supranatural, Dororo mengisahkan perjalanan Hyakkimaru yang merupakan anak yang  ditumbalkan kepada  para iblis oleh ayahnya sendiri demi kekuasaan.

Setelah dibuang oleh orang tuanya karena cacat, Hyakkimaru pun ditemukan oleh seorang dokter yang membantunya dengan memberi anggota tubuh buatan. Perjalanan Hyakkimaru pun dimulai, ia harus melawan para iblis demi mendapatkan kembali bagian-bagian tubuhnya. Ditengah perjalannnya, Hyakkimaru bertemu dengan Dororo yang akhirnya selalu menemani Hyakkimaru melawan para iblis. Anime ini sangat unik dengan unsur historisnya yang kuat, serta cerita yang disajikan sangat emosional sehingga dapat membuat penonton terharu.

9. Fire Force

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!fire-force.fandom.com

Fire Force merupakan serial anime produksi David Production yang diadaptasi dari manga karya Atsushi Okubo. Anime ini bergenre action dan science-fiction serta memiliki total 24 episode. Konsep yang unik juga disuguhkan pada anime ini dimana anime ini menceritakan tentang para petugas pemadam kebakaran yang menggunakan kekuatan super dalam memadamkan kebakaran.

Kebaran yang ditangani sendiri bukanlah kebakaran biasa, melainkan kebakaran manusia, di mana manusia bisa secara tiba-tiba terbakar dan menjadi infernals. Shinra Kusakabe sebagai tokoh utama, bergabung dengan Special Fire Force Company 8 dan mulai mencari tahu asal usul kemunculan infernals dan kebenaran dibalik kematian keluarganya dua belas tahun lalu.

10. Dr. Stone

10 Serial Anime Terbaik Sepanjang 2019 yang Seru, Sayang Dilewatkan!takoyaki.asia

Anime dengan genre science-fiction ini merupakan adaptasi dari manga karya Riichiro Inagaki dan Boichi. Digarap oleh TMS Entertainment, studio yang juga memproduksi Detective Conan, Dr. Stone memiliki total 24 episode yang tayang sejak 5 Juli 2019. Anime ini mengisahkan tentang peradaban manusia yang hilang akibat cahaya yang secara misterius merubah umat manusia menjadi batu.

Setelah ribuan tahun, Taiju dan anak jenius bernama Senku akhirnya berhasil bangun. Mereka berdua pun bertekad untuk membangkitkan manusia dan mengembalikan peradaban yang telah diambil alih oleh alam dengan kekuatan sains. Meski begitu, rencana mereka bukan tanpa rintangan, sebab ada pihak yang tidak ingin dunia ini kembali dipenuhi oleh manusia. Anime ini menggabungkan unsur sains dan teknologi dengan sangat baik. Bagi kalian yang memang penggemar genre science-fiction, anime ini sangat direkomendasikan untuk kalian tonton.

Itulah 10 anime terbaik sepanjang tahun 2019 yang seru dan sayang untuk kalian lewatkan. Anime mana yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 7 Anime Sport Fighting Terbaik, Buat Kamu yang Suka Action

Elsa Diah A Photo Verified Writer Elsa Diah A

A full time daydreamer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya