Comscore Tracker

5 Film Horor yang Sebaiknya Jangan Ditonton Penderita Nyctophobia

Tapi, kalau kamu mau menantang diri, ya, gak papa

Film horor identik dengan kegelapan. Sedikit sekali film horor yang yang memakai latar waktu siang yang terang-benderang. Kebanyakan film horor lebih menonjolkan kegelapan yang mencekam. Mungkin hal ini yang membuat film horor terasa menyeramkan terutama bagi mereka yang takut pada kegelapan.

Terdapat pula fobia kegelapan yang dinamakan nyctophobia. Tentunya, kamu sebisa mungkin menghindari film horor apabila memiliki jenis fobia tersebut.

Namun, apabila kamu penyuka film horor, berikut ini ada 5 rekomendasi film horor yang gambarkan nuansa gelap mencekam yang sebaiknya tidak ditonton para penderita nyctophobia.

1. The Babadook 

https://www.youtube.com/embed/k5WQZzDRVtw

Banyak yang beranggapan bahwa The Babadook merupakan salah satu film horor terseram pada abad ini. Tidak hanya karena jalan ceritanya saja, The Babadook menghadirkan makhluk yang berbeda dari film horor biasanya. Film yang dirilis pada tahun 2014 ini dibintangi oleh Essie Davis dan Noah Wiseman yang berperan sebagai ibu dan anak.

The Babadook bercerita tentang Amelia yang membacakan dongeng berjudul The Babadook pada anaknya. Semenjak itu, kehidupannya dan sang anak tidak bisa tenang karena sering mengalami teror dan kejadian aneh. The Babadok dalam film ini sering muncul di dalam kegelapan. Film ini juga menyatukan unsur horor dan psychological yang membuat suasana lebih mencekam.

2. The Descent 

https://www.youtube.com/embed/CSYg7Z1KS_I

The Descent berkisah tentang enam perempuan yang melakukan perjalanan ke goa. Namun, siapa sangka sesampainya mereka semua disambut dengan berbagai macam kejadian mengerikan. Satu per satu mengalami teror dari penghuni gua. Mereka berenam pun harus melakukan apa saja untuk bertahan hidup.

The Descent sungguh menggambarkan keadaan mencekam di gua yang gelap. Apalagi dengan adanya makhluk misterius yang mengintai mereka. Film yang dibintangi oleh Shauna Macdonald dan Alex Reid ini sukses membuat penonton menahan napas melihat perjuangan mereka untuk bisa selamat dari segala perangkap mematikan.

Baca Juga: 5 Film Horor dengan Teknik Found Footage, Seramnya Gak Ada Obat!

3. Paranormal Activity 

https://www.youtube.com/embed/F_UxLEqd074

Meski berbiaya rendah, kesuksesan film Paranormal Activity membuatnya sampai dibuat tujuh seri. Dengan memakai tema found-footage, film ini berhasil menghidupkan suasana mencekam di malam hari. Penonton serasa melihat langsung teror-teror yang terjadi melalui CCTV. Hal tersebut yang menjadi daya tarik film ini.

Film Paranormal Activity pertama yang dirilis pada tahun 2007 mengisahkan sebuah pasangan yang baru saja pindah rumah. Keduanya pun sering mengalami kejadian aneh di malam hari terutama saat tidur. Sebaiknya, hindari menonton film ini saat gelap atau kamu bisa sulit tidur karena kepikiran film-nya.

4. Lights Out 

https://www.youtube.com/embed/6LiKKFZyhRU

Seperti judulnya, film ini berusaha menakuti penonton melalui kegelapan. Lights Out sendiri memang menceritakan tentang penderita nyctophobia atau ketakutan pada gelap. Film ini sukses membuat bulu kuduk merinding saat kemunculan sosok hantu perempuan setiap lampu dimatikan.

Lights Out sendiri merupakan versi panjang dari film pendek berjudul sama yang sempat viral pada tahun 2013 lalu. Film ini mengisahkan tentang Martin (Gabriel Bateman) yang memiliki ketakutan pada gelap. Apalagi semenjak kemunculan sosok misterius setiap lampu kamarnya dimatikan. Sang kakak (Teresa Palmer) mengira adiknya berhalusinasi sampai ketakutan tersebut membawa teror pada seisi rumah.

5. Don’t Be Afraid of the Dark 

https://www.youtube.com/embed/8DNqpUH4tpw

Don’t Be Afraid of the Dark menantang penonton untuk tidak takut terhadap kegelapan yang berlangsung sepanjang film. Atmosfir yang dibangun dalam film ini sangat mencekam karena berlatar di rumah besar tua yang penerangannya sangat minim. Apalagi dengan pembuka film yang mampu membuat ngilu.

Film yang ditulis oleh Guillermo del Toro ini bercerita tentang seorang ayah beserta anaknya, Sally, yang tinggal sementara di rumah bernama Blackwood Manor. Tersimpan sebuah rahasia di ruangan bawah tanah rumah tersebut. Sampai akhirnya, muncul teror mengerikan yang menghantui Sally. Film ini dibintangi oleh Bailee Madison dan Guy Pearce.

Kira-kira adakah kamu yang menderita nyctophobia atau takut pada kegelapan? Jika iya, sebaiknya jangan menonton kelima film horor di atas, ya! Tapi kalau kamu mau menantang diri sendiri, ya, silakan saja.

Baca Juga: Horor, 7 Tempat Ini Konon Dihuni Sosok Hantu Legendaris di Bandung

Emma Kaes Photo Verified Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya