3 Easter Eggs Nightmares and Daydreams Ini Terkait Pengabdi Setan?

Kamu sadar gak sama kemiripan-kemiripan ini?

Joko Anwar kembali merilis karya terbarunya dalam bentuk serial yang berjudul Nightmares and Daydreams. Serial tersebut merupakan antologi 7 episode, tetapi masih berhubungan.

Salah satu hal menarik dari serial ini adalah banyak Easter Eggs yang memantik diskusi di kalangan penggemar. Salah satunya adalah petunjuk yang berkaitan dengan Pengabdi Setan 1 dan 2. Kalau sudah nonton dua film Joko Anwar itu, kamu berasa familier kan ketika menyaksikan Nightmares and Daydreams?

1. Bencana banjir di Jakarta Utara di tahun yang sama

3 Easter Eggs Nightmares and Daydreams Ini Terkait Pengabdi Setan?Nightmares and Daydreams (dok. Come and See Pictures/Netflix)

Serial Nightmares and Daydreams episode 4, Encounter, mengambil kisah yang berlatar tahun 1985. Dalam salah satu adegannya, ada petunjuk yang menyebut akan terjadi badai yang membuat sebagian wilayah Jakarta Utara terendam air.

Kalau kamu menyadari, ada scene tentang laporan cuaca yang menyebut ada badai besar di wilayah Jakarta Utara pada tahun 1985 dalam film Pengabdi Setan 2. Tak lama dari berita tersebut, rusun Pengabdi Setan 2 pun terendam air dan tragedi mistis mulai terjadi pada malam harinya.

2. ⁠Ada sosok wartawan yang memiliki latar belakang sama

3 Easter Eggs Nightmares and Daydreams Ini Terkait Pengabdi Setan?Nightmares and Daydreams dan Pengabdi Setan (dok. Come and See Pictures/Netflix) // (Rapi Films/Come and See Pictures)

Dalam episode 3: Poems & Pains serial Nightmares and Daydreams, ayah Rania mengaku dulunya adalah seorang wartawan yang bertentangan dengan orde baru. Hal tersebut membuatnya hidup kesusahan sampai harus menitipkan anak kembarnya ke panti asuhan.

Sosok wartawan itu juga hadir di film Pengabdi Setan 1 dan 2, lho. Ia hampir ditangkap oleh pemerintah karena berita-beritanya yang berlawanan. Menariknya lagi, kedua karakter dalam serial dan film tersebut dibintangi oleh satu aktor yang sama. Dia adalah Egi Fedly sebagai Budiman Syailendra dalam film horor tersebut.

3. ⁠Rusun yang serupa dan ada sosok ibu?

3 Easter Eggs Nightmares and Daydreams Ini Terkait Pengabdi Setan?Nightmares and Daydreams dan Pengabdi Setan (dok. Come and See Pictures/Netflix) // (instagram.com/ayulaksmibali)

Easter Eggs lainnya adalah rusun tempat tinggal Panji pada episode 1: Old House. Rusun tersebut sekilas mirip dengan yang ada di Pengabdi Setan 1. Kamu sadar, gak?

Tak hanya itu, Mawarni Suwono atau sosok ibu dalam Pengabdi Setan 1 dan 2 juga muncul di poster film bioskop dalam episode 5: The Other Side. Dalam poster tersebut, pemeran perempuannya bernama Sofia Mawarni. Wajahnya pun tampak serupa dengan sosok ibu. Mungkinkah mereka berdua ada hubungannya?

Karya-karya Joko Anwar menyisakan banyak tanya untuk dibahas, ya. Mungkinkah serial Nightmares and Daydreams dan Pengabdi Setan berada dalam satu universe yang sama? Atau memang hanya Easter Eggs tersembunyi tanpa kaitan cerita?

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Muncul Usai Nonton Nightmares and Daydreams

Topik:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya