Comscore Tracker

5 Rekomendasi Anime Setelah Menamatkan Aharen-san wa Hakarenai

Sama-sama menyoroti perkembangan dalam suatu hubungan

Aharen-san wa Hakarenai merupakan salah satu anime Spring 2022. Berpusat pada seorang siswa SMA bernama Matsuboshi Raidou, anime ini menceritakan tentang dia yang berusaha untuk mencari teman. Dia pun mulai berteman dengan gadis mungil, imut, dan bersuara lembut bernama Reina Aharen.

Tanpa Raidou sadari, ternyata Aharen memiliki sentimen yang tidak jauh berbeda dengannya. Namun, dia menyadari bahwa Aharen tidak mampu menentukan seberapa akrab ketika mendekati orang lain. Maka dari itu, dia mengusahakan untuk bersahabat dengan gadis tersebut meski ada beberapa rintangan, seperti berbicara dengan Aharen.

Nah, jika kamu tertarik dengan anime semacam itu, maka kamu wajib untuk membaca daftar rekomendasi anime setelah menamatkan Aharen-san wa Hakarenai ini. Kamu pasti penasaran, bukan? Langsung saja kamu simak ulasan di bawah ini, ya!

1. Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge (2016)

https://www.youtube.com/embed/9DXU4zNtO7s

Diadaptasi dari serial manga web populer yang diterbitkan oleh Square Enix, komedi surealis yang tidak konvensional ini menyoroti seorang laki-laki sekolah menengah bernama Tanaka yang selalu saja kelelahan. Dia pun selalu berhasil untuk tertidur di tengah upaya teman-temannya yang berusaha membuat dia terjaga. Bahkan dia sanggup tertidur di sela-sela sebuah perbincangan. 

Cerita yang diambil dalam Tanaka-kun wa Itsumo Kedaruge dan Aharen-san wa Hakarenai sama-sama berkisar pada karakter utama lesu yang sulit dibaca oleh orang lain sehingga tidak jarang mengarah ke situasi lucu. Hal tersebut pun kerap mengundang kesalahpahaman ketika karakter lain mencoba untuk mengajak para karakter utama berbicara.

2. Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu (2019)

https://www.youtube.com/embed/Kp4KP-HsV8o

Hitori Bocchi merupakan seorang gadis yang memiliki kecemasan sosial yang ekstrim, dan  hanya memiliki satu teman selama sekolah dasar. Ketika dia akan berpisah setelah lulus, dia berjanji pada temannya bahwa dia akan berteman dengan semua teman di kelasnya. Jika dia tidak bisa melakukan hal tersebut, maka dia tidak bisa lagi berteman dengan temannya itu. Namun, hal tersebut cukuplah sulit sebab dia tidak tahu bagaimana cara berteman. 

Karakter utama Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu dan Aharen-san wa Hakarenai sama-sama mengalami kesulitan dalam membentuk hubungan pertemanan. Pada akhirnya, mereka akan berhasil melalui kesulitan dalam berteman. Selain persamaan, ada juga perbedaan dalam kedua anime ini: Hitoribocchi no Marumaru Seikatsu memfokuskan cerita pada proses berteman dan mengambil POV karakter utama. Sedangakan Aharen-san wa Hakarenai memfokuskan cerita pada komedi dan mengambil POV karakter sekunder.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Anime jika Kamu Suka Blue Period

3. My Senpai is Annoying (2021)

https://www.youtube.com/embed/6jHQlaQXQSs

Futaba Igarashi merupakan perempuan pekerja kantoran. Dia memiliki rekan kerja yang dipanggilnya dengan Takeda-san. Terkadang dia kesal sebab Takeda selalu memperlakukan dia selayaknya anak kecil. Hal tersebut bukan tanpa sebab, karena dia memiliki tinggi badan yang sangat pendek, sedangkan rekan kerjanya memiliki tubuh yang sangat besar. Ketika dia berjalan berdampingan bersama Takeda, dia akan dianggap sebagai putri Takeda. Namun, dia pun selalu diperlakukan dengan baik oleh laki-laki tersebut. 

Alur cerita dalam My Senpai is Annoying dan Aharen-san wa Hakarenai sama-sama didorong oleh jalinan persahabatan antara dua karakter utama, laki-laki bertubuh besar dan gadis yang mungil. Meskipun memiliki perbedaan pada latar belakang, My Senpai is Annoying berpusat di perkatoran, sedangkan Aharen-san wa Hakarenai berpusat di sekolahan. Kedua anime ini sama-sama menyajikan sebuah hubungan yang lambat, tetapi santai dan ringan.

4. Komi Can't Communicate (2021)

https://www.youtube.com/embed/3snByVaQUF0

Impian terbesar siswa sekolah menengah Komi Shouko yang memiliki kecemasan sosial adalah mendapatkan beberapa teman. Dia disalahpahami oleh teman-teman di sekolah sebagai sosok antisosial, padahal dia hanya tidak bisa mengucapkan sepatah kata. Namun, semua itu perlahan berubah ketika dia bertemu Tadano Hitohito yang akan membantu dia dalam misi pencarian 100 teman.

Sama seperti Aharen-san wa Hakarenai, Komi Can't Communicate mengangkat kisah karakter utama yang memiliki kecemasan sosial atau bisa dibilang mereka kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang di sekitar mereka. Kedua anime ini pun membungkus benih-benih kisah romansa dengan komedi sehari-hari ala anak sekolahan, bahkan tidak jarang bisa membuat gemas sendiri.

5. Soredemo Ayumu wa Yosetekuru (2022)

https://www.youtube.com/embed/rPy2twZIoWQ

Yaotome Urushi adalah ketua klub shogi di sekolah menengahnya. Dia cukup yakin bahwa adik kelasnya, Tanaka Ayumu, sangat menyukainya. Dia selalu bermain shogi bersama Ayumu sepulang sekolah. Namun, tidak peduli apa yang dia lakukan, dia tidak bisa membujuk Ayumu untuk mengakui perasaannya. Tanpa dia sadari, ada satu hal yang disembunyikan oleh Ayumu darinya. 

Sama seperti Aharen-san wa Hakarenai, Soredemo Ayumu wa Yosetekuru menyoroti kisah hubungan dari dua orang teman sekolah. Meskipun memiliki latar belakang hubungan yang berbeda, hubungan dalam Aharen-san wa Hakarenai dipicu oleh misi pencarian teman, sedangkan hubungan dalam Soredemo Ayumu wa Yosetekuru dipicu oleh permainan shogi, kedua anime ini sama-sama memiliki suasana yang benar-benar mirip.

Nah, itu tadi beberapa rekomendasi anime setelah menamatkan Aharen-san wa Hakarenai. Jika ditilik secara ringkas, kelima anime yang ada dalam daftar di atas dan Aharen-san wa Hakarenai sama-sama menyoroti perkembangan dalam suatu hubungan, mulai dari pertemanan hingga asmara. Setelah membaca daftar di atas, apakah ada anime yang berhasil menarik minatmu?

Baca Juga: Bikin Ngakak, 5 Rekomendasi Anime Komedi Sekolah yang Wajib Ditonton

Ervina Emma Wardani Photo Verified Writer Ervina Emma Wardani

limited.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya