Comscore Tracker

5 Anime yang Mengisahkan Konfrontasi Sekelompok Geng di Kota

Skalanya udah bukan tingkat sekolah, tapi seluruh kota

Cerita tentang gangster menjadi salah satu cerita yang disukai penonton. Perselisihan antar kubu yang dibaluti beberapa aksi ini jadi menambah keseruan cerita. Gak sedikit juga ada bumbu adu kecerdasan antar kubu agar kelompok mereka gak bisa dikalahkan.

Beberapa jenis perselisihan geng yang menjadi cerita anime adalah tentang konfrontasi geng di sebuah kota. Skalanya pun sudah bukan anak sekolahan lagi, tapi mencakup ruang lingkup masyarakatnya. Berikut anime yang mengisahkan konfrontasi atau perselisihan antar geng yang terjadi di kota.

1. Durarara (2010)

https://www.youtube.com/embed/u_Y8qnF4Q_o

Gak lengkap rasanya jika gak memasukkan Durarara dalam list. Anime yang dirilis pada tahun 2010 ini bercerita tentang Ryuugamine Mikado yang baru saja pindah ke kota Ikebukuro. Di kota tersebut dia memasuki sekolah akademi Raira bersama sahabatnya, Kida Masaomi.

Ternyata di balik kota Ikebukuro yang nyaman, kota ini memiliki banyak kelompok geng yang berkuasa. Gak cuman itu, terdapat misteri tentang seorang pengendara motor tanpa kepala. Kehidupan Mikado pun seketika berubah karena dia terlibat dalam konfrontasi geng di kota tersebut.

2. K-Project (2012)

https://www.youtube.com/embed/CZElZquGrOs

K Project memiliki konsep cerita mengenai konflik para "King". Para King ini terdapat 7 orang king yang diwakili oleh warna, seperti Red King, Silver King, Blue King, dan lainnya. Warna-warna ini memiliki kekuatan khusus dan mempunyai sejumlah bawahan yang disebut Clansmen.

Cerita dimulai ketika Isana Yashiro dituduh telah membunuh salah satu Clansmen Red. Berdasarkan video detik-detik pembunuhan tersebut, orang yang memiliki ciri fisik seperti Isana Yashiro melakukan pembunuhan dan mengaku sebagai "7th King, Colorless King". Karena hal ini Isana Yashiro jadi terlibat konfrontasi dengan para King lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Anime Komedi Populer Terbaik, Ngakak Terus! 

3. Air Gear (2006)

https://www.youtube.com/embed/5EdHjcjviPA

Air Gear bercerita tentang sepatu roda yang disebut Air Track (AT). Sepatu roda ini memiliki beberapa part yang memungkinkan penggunanya dapat bergerak sendiri dengan kecepatan tinggi. Gak cuman berlari, pengguna AT bisa lompat, melayang, dan “terbang” di langit.

Gak heran kalau AT ini banyak digemari kalangan muda hingga membentuk perkumpulan geng pengguna AT. Itsuki Minami yang gak sengaja menemukan AT milik kakaknya akhirnya mencoba AT tersebut. Tapi dia malah berakhir dengan menantang salah satu geng.

Semakin Itsuki Minami memasuki dunia AT, dia bertemu dengan orang-orang yang disebut "King", istilah untuk orang-orang menguasai jalan dengan tingkat kesulitan tinggi. Anime ini gak hanya soal perselisihan geng tapi juga jadi ajang perebutan tahta "King".

4. Baccano! (2007)

https://www.youtube.com/embed/MtuNdtfMlJ0

Dengan mengambil latar tahun 1930-an di Amerika, Baccano! menceritakan tentang kehidupan mafia dan ilmuwan yang gak bisa mati. Karakter berfokus pada Isaac Dian dan Miria Harvent. Mereka berdua merupakan pencuri yang tak sengaja terlibat perselisihan dengan geng mafia.

Keunikan dari anime ini adalah sudut pandangnya yang banyak sehingga ada beberapa cerita yang gak saling berkaitan. Meski begitu cerita tersebut masih satu alur dengan tema ceritanya.

5. Tribe Nine (2022)

https://www.youtube.com/embed/c8QvioCdpa4

Tema baseball menjadi salah satu tema yang sering dijadikan tema cerita. Anime Tribe Nine juga mengangkat tema baseball dengan konsep yang lebih modern. Dibanding genre sports, anime ini justru lebih mengarah genre sci-fi. 

Diceritakan anak-anak muda di kota Neo-Tokyo mulai merasa bosan dan muak karena menganggap pola pikir masyarakat yang membosankan. Mereka akhirnya membentuk suatu kelompok atau suku sendiri agar terbebas dari kekangan masyarakat.

Namun pembentukan kelompok ini justru membuat seluruh kota kacau. Kelompok-kelompok ini justru berakhir dengan kekerasan hingga terjadi perang antar suku. Dampaknya mulai banyak properti hancur dan korban berjatuhan di masyarakat.

Untuk menangani masalah tersebut, pemerintah menerapkan UU XB (Xtreme Baseball) yang menyatakan konflik antar kelompok harus diselesaikan dengan permainan baseball. Baseball yang dimainkan pun bukan baseball sembarangan. Pertarungan baseball ini menggunakan teknologi canggih dan dimodifikasi sehingga permainan akan lebih ekstrem.

Karena perselisihan gengnya terjadi di sebuah kota, gak heran kalau akan ada banyak geng yang diperkenalkan. Namun hal ini bisa jadi keuntungan sendiri karena gak hanya berfokus pada satu kubu. Kalian bakal dibuat bingung mau berpihak ke siapa karena kelompok mereka punya pesonanya sendiri.

Baca Juga: 5 Anime Bertema Psikologi, Belajar Psikologi dari Anime!

Essi Rosilawati Photo Verified Writer Essi Rosilawati

“If you're overthinking, write. If you're underthinking, read.” – Mike Crittenden.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya