Comscore Tracker

ARMY Wajib Tahu! 8 Koreografi BTS Ini Buatan Keone & Mari

Choreography Level: HARD!

Keone & Mari ini merupakan koreografer sekaligus bintang video klip "Love Yourself" milik Justin Bieber, lho.

Portofolio dari duo suami-istri ini gak perlu diragukan lagi. Keone & Mari Madrid selama 10 tahun terakhir sudah pernah bekerja sama dengan berbagai bintang KPop, seperti 2NE1, 2PM, Taeyang, Henry, Kim Hyun Joong, hingga GOT7.

Pasangan yang dijuluki #RelationshipGoals oleh para dancer seantero dunia ini menjadi koreografer andalan BTS bukan tanpa alasan. Memiliki ciri khas gerakan tarian yang mengalir, atletis dan mengandung cerita menjadikan koreografi karya mereka berpadu apik dengan lagu yang dinyanyikan oleh Jimin CS.

Nah, 8 video ini jadi bukti kolaborasi ciamik mereka.

1. BTS – Dope (2015)

https://www.youtube.com/embed/BVwAVbKYYeM

Lagu ini merupakan salah satu lagu yang membuat BTS mulai dikenal secara global. Dope juga merupakan MV ketiga BTS dengan jumlah penonton terbanyak, yakni lebih dari 500 juta kali. Musik beraliran hip hop elektronik dengan sentuhan saksofon semula menjadi pengiring tarian mereka yang lucu. Uniknya, di setiap bagian tertentu, termasuk rap, mereka tiba-tiba beralih koreografi yang intens. 

2. BTS – Run (2015)

https://www.youtube.com/embed/5Wn85Ge22FQ

Bernuansa ballad dengan paduan musik alternatif, lirik lagu ini menceritakan tentang seseorang yang berusaha mengejar cintanya seperti mengejar kupu-kupu. Sulit tetapi menyenangkan. MV ini memiliki jalan cerita layaknya film pendek dan sama sekali tidak menampilkan tarian.

Nah, begitu menonton penampilan BTS di panggung, kita akan dikejutkan oleh koreografinya yang ternyata juga memiliki alur cerita. 

Baca Juga: 10 Artis yang Hadiri Konser BTS "Speak Yourself The Final", Meriah!

3. BTS – Fire (2016)

https://www.youtube.com/embed/ALj5MKjy2BU

Lagu yang menunjukkan sisi enerjik dan liar dari para personel BTS ini sudah ditonton lebih dari 600 juta kali, lho. Koreografi lagu ini bisa dibilang sangat sulit karena gerakannya sangat cepat lalu mendadak slow motion.

Kerennya, semua dilakukan ketujuh personelnya dengan begitu kompak. Gak heran kalau lagu bergenre electro trap ini termasuk salah satu lagu KPop dengan like terbanyak di YouTube. 

4. BTS – Blood, Sweat & Tears (2016)

https://www.youtube.com/embed/hmE9f-TEutc

Lagu ini berhasil membawa BTS memenangkan banyak penghargaan bergengsi. Mulai dari kategori Best Dance Performance - Male Group di MAMA 2016, Best Music Video di Seoul Music Award 2017, hingga Song of The Year di Soompi Award 2017. Lagu dengan gabungan house music dan reggae ini juga menduduki posisi ke-16 dalam daftar 100 Greatest Boy Band Songs of All Time dari Billboard, lho.

5. BTS – Not Today (2017)

https://www.youtube.com/embed/9DwzBICPhdM

Bagi kamu yang patah semangat, lagu ini bisa jadi pengiring harimu. Liriknya mengajak kita untuk kembali bangkit keluar dari kesedihan, kebencian, dan berbagai hal negatif lainnya. MV lagu ini juga bakal membuat kita terkesan karena gak hanya bertujuh, BTS juga diiringi puluhan penari latar dan membentuk koreografi yang artistik.

6. BTS – DNA (2017)

https://www.youtube.com/embed/MBdVXkSdhwU

Lagu ini merupakan lagu K-Pop pertama yang masuk dalam Spotify's Global Top 50 karena telah diputar di seluruh dunia. Lagu berjenre electro-pop ini juga mencetak rekor sebagai MV KPop dengan penonton terbanyak, yakni mencapai 850 juta. Popularitas lagu ini tentu saja didukung dengan lirik yang penuh makna dan koreografi yang indah.

7. V BTS – Intro: Singularity (2018)

https://www.youtube.com/embed/p8npDG2ulKQ

Sebagai comeback trailer, lagu yang dinyanyikan oleh V BTS secara solo ini sangat menyita perhatian. Sekilas awalnya V terlihat berdansa berdua, namun ternyata ia melakukannya seorang diri dengan bantuan tiang gantungan baju! Selain tarian yang menipu mata, di lagu ini V juga berkesempatan menunjukkan sisi lain dirinya yang menyanyi secara ballad sambil menari lembut diiringi 4 penari latar. 

8. BTS – I’m Fine (2018)

https://www.youtube.com/embed/e4jR6VayWEI

Sebelum mendengarkan lagu ini, ada baiknya kamu mendengar lagu Save Me yang telah mereka rilis 2 tahun sebelumnya. Yup, BTS rupanya mengubah lirik lagu Save Me tersebut menjadi sebuah lagu I'm Fine dengan makna yang sama sekali berbeda. Hal ini rupanya sudah dikonsep oleh Big Hit sejak 2016 terbukti dengan membuat poster yang berisi easter egg kedua lagu tersebut. Konsep yang kreatif, bukan? 

Dari 8 koreografi tadi, mana nih yang jadi favoritmu? Sudah pernah coba mengovernya?

Baca Juga: Dijuluki 'Black Swan', Ini 10 Pesona V di Konser Finalnya Bersama BTS

Eunike Ally Sushmita Photo Community Writer Eunike Ally Sushmita

A life-long learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You