Comscore Tracker

The Batman: 5 Hal Menarik dari Tes Kamera Batman Suit Matt Reeves

Kostum Batman yang lebih efektif dari pada pendahulunya

Batman, sang ksatria kegelapan pelindung kota Gotham, akan kembali beraksi melalui film The Batman yang akan tayang 2021 nanti dan diperankan oleh Robert Pattinson dengan arahan dari Matt Reeves. Adaptasinya dalam film senantiasa dinanti oleh para penggemar DCU.

Sejak era Michael Keaton, Christian Bale hingga Ben Affleck, Batman selalu tampil dalam balutan suit yang mengagumkan. Keaton dengan logo kelelawar dalam lingkaran kuningnya, Bale dengan suit serba hitam seolah menegaskan kehadirannya sebagai The Dark Knight dan Affleck dengan Batman armored-nya saat berhadapan dengan Superman.

Bagaimana dengan versi Robert Pattinson nanti? Berikut ini adalah 5 hal menarik yang dapat diambil dari tes kamera suit Batman yang dibagikan oleh Matt Reeves.

1. Lambang batman yang unik

The Batman: 5 Hal Menarik dari Tes Kamera Batman Suit Matt Reevesscreenrant.com

Robert Pattinson akan memakai suit dengan simbol kelelawar yang benar-benar berbeda dari semua versi batman yang pernah ada. Simbol ini nampak tidak utuh dengan hanya berbentuk sepasang sayap kelelawar, tanpa kepala dan ekor, yang tertanam di bagian dada. Tentu sangat berbeda jauh dengan versi Ben Affleck dan Bale yang keduanya sama-sama berbentuk kelelawar utuh dan terjahit permanen.

Tidak hanya sebagai identitas, simbol kelelawar versi Pattinson ini tampaknya juga lebih mengutamakan fungsi. Terlihat dari materialnya yang terbuat dari logam, simbol ini memiliki fungsi proteksi pembentuk armor dan jika diperhatikan ada bagian tajam seperti mata pisau di bagian kiri dan kanan bawah. Apakah mungkin simbol ini bisa dilepas dan menjadi batarang? 

Satu hal lagi yang tidak kalah penting, sekilas pun kita masih bisa melihat sisa-sisa siluet senjata api berupa gagang pistol pada simbol ini. Teori yang tersebar bahwa pistol ini adalah pistol yang digunakan pembunuh ayah dan ibu Bruce Wayne yaitu Joe Chill. Seperti pada cerita yang ditulis Kevin Smith pada Detective Comics #1000.

2. Armor yang lebih kokoh namun juga ringan

The Batman: 5 Hal Menarik dari Tes Kamera Batman Suit Matt Reevescinemablend.com

Sebagai pembanding, mari kita sedikit melihat ke belakang setidaknya pada dua versi terakhir Batman yaitu Ben Affleck dan Christian Bale. Affleck dengan suit yang terinspirasi dari salah satu versi animasi karya Frank Miller dalam The Dark Knight Returns, di film Justice League, tampil dalam balutan tipis yang terlihat rapuh yang nampaknya lebih mengutamakan mobilitas dari pada proteksi. Sangat bertolak belakang dari versi Bale yang memang dibuat khusus dengan standard militer yang mampu menahan sabetan pisau dan peluru, namun hal yang paling mengganggu adalah bahkan Bale tidak bisa menoleh dalam balutan suit tersebut.    

Robert Pattinson nampaknya hadir dengan kostum Batman yang lebih efektif, tidak hanya memiliki tingkat proteksi yang tinggi namun juga memiliki keleluasaan yang cukup untuk bergerak. Lapisan-lapisan logam terlihat melapisi bagian dada dan pundak yang tentunya cukup untuk sekedar menahan sebilah pisau. Ruang kosong pada bagian leher juga nampaknya dapat membuat Batman tidak akan sulit untuk menoleh.

3. Topeng berbahan kulit yang terlihat rapuh

The Batman: 5 Hal Menarik dari Tes Kamera Batman Suit Matt Reevesscreenrant.com

Dengan penampakan armor yang kokoh, ternyata secara kontradiktif bagian kepala malah terlihat rapuh dengan bahan kulit yang terjahit. Entah memang disengaja atau tidak, hal ini nampak aneh. Apakah Batman akan membiarkan kepalanya menjadi sasaran empuk tanpa perlindungan yang mempuni? Padahal sama-sama kita tahu bahwa aksinya sangat berbahaya, bahkan Batman versi Bale saja dengan topeng berbahan komposit grafit masih bisa dihancurkan oleh Bane di The Dark Knight Rises.

Memang masih banyak pertanyaan yang muncul setelah dirilisnya tes kamera suit batman ini. Kita bahkan belum tahu bagaimana bentuk dari tanduk Batman versi ini yang justru memiliki fitur pengubah suara pada Batman versi Bale. Selain itu dengan topeng yang berbahan kulit dan tipis ini ada kemungkinan Batman bisa melepasnya dengan mudah seperti hoodie layaknya kostum pada seri animasinya. Sebenarnya masih terlalu dini untuk menilai, mungkin saja topeng ini memiliki teknologi proteksi khusus yang nanti akan dijelaskan di filmnya. Kita tunggu saja.

Baca Juga: 8 Hal Aneh yang Dilakukan Batman untuk Merahasiakan Identitasnya

4. Kerah yang terangkat

The Batman: 5 Hal Menarik dari Tes Kamera Batman Suit Matt Reevescinemablend.com

Suit dengan kerah yang terangkat adalah hal baru yang tidak pernah ada pada semua film Batman yang pernah ada. kerah ini nampaknya adalah bagian dari jubah. Ini menguatkan teori bahwa jubah ini dapat dipisahkan dari armor dan topeng. Berbeda dengan versi Affleck yang bisa dengan mudah melepaskan topengnya tanpa melepas jubah, versi Pattinson ini nampak sebaliknya. 

Suit batman seperti ini dapat kamu lihat di Batman: Gotham by Gaslight , salah saru film animasi Batman tahun 2018 yang mengisahkan Batman pada era revolusi industri. Suit pada film ini menggunakan jubah seperti mantel berkerah yang bisa dilepaskan dengan mudah. Mungkin inspirasi kerah terangkat itu muncul dari film ini.

5. Mirip dengan suit dari game Batman Arkham Knight

The Batman: 5 Hal Menarik dari Tes Kamera Batman Suit Matt ReevesYoutube.com/PlayStation

Entah suatu kebetulan atau memang benar, suit versi Pattinson ini terlihat mirip dengan suit dari game Batman Arkham Knight, keduanya sama-sama memakai armor logam dengan tema warna abu-abu dan hitam. Jika diperhatikan pada bagian dada dan pundak, versi Pattinson memang sama-sama memakai lapisan logam yang ditempelkan, bukan terbuat dari bahan kain, kulit atau karet yang dijahit. 

Kita memang belum diberikan gambaran secara menyeluruh soal suit Batman versi Pattinson ini oleh Matt Reeves, namun gambar dari tes kamera di atas cukup untuk memberikan gambaran dan membuat kita berimajinasi akan seperti apa Batman utuh terbaru ini terlihat. 

Semakin tidak sabar kan menunggu film ini rilis?

https://www.youtube.com/embed/ByDBFcJIxZs

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Batman Who Laughs, Batman Terkejam dari Komik DC

Fahmi Faturahman Photo Writer Fahmi Faturahman

kosong

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya