Comscore Tracker

8 Rekomendasi Lagu yang Pas Banget Dengan Suasana Pandemi COVID-19

Bikin jadi lebih semangat menjalani hari-hari selama wabah!

Mewabahnya pandemi COVID-19 melahirkan masalah-masalah lain yang seakan-akan menghimpit negeri ini, bukan hanya dari sektor kesehatan tetapi telah merambah ke beberapa sektor salah satu yang paling menonjol adalah merosotnya perekonomian Indonesia sejak kasus positif COVID-19 melonjak pada pertengahan Maret lalu, sampai saat ini. Seakan-akan tidak berjeda memberikan fakta ngilu yang kian mengganggu pikiran.

Selain anjuran memakai masker, mencuci tangan yang benar dengan sabun, menjaga daya tahan tubuh, dan tetap #DiRumahAja, kita juga dianjurkan untuk menghindari setres yang faktanya dapat berpengaruh pada sistem imun. Selalu berpikir positif dengan merilekskan pikiran adalah salah satu cara efektif membantu untuk terhindar dari setres. Dalam kondisi yang serba terbatas seperti saat ini merilekskan pikiran bisa dilakukan dengan banyak cara, tidak melulu harus liburan. Salah satu hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menghindari setres tanpa harus keluar rumah adalah dengan mendengarkan musik.

8 lagu karya anak bangsa berikut seakan-akan menggambarkan situasi Indonesia saat ini, makna yang dalam pada liriknya menumbuhkan tunas-tunas kepercayaan bahwa kita mampu melewati masa-masa sulit ini, hingga waktunya tiba pandemi ini akan berakhir!

1. Lekas Pulih - Fiersa Besari

https://www.youtube.com/embed/3BFp7o2DjWo

Lagu yang memang di rilis saat pandemi melanda Indonesia ini cukup menguras emosi saat mendengarkannya, selain harapan besar agar bumi 'lekas pulih' lagu ini seperti menyampaikan pesan bahwa menangis pada keadaan seperti ini sama sekali bukan kesalahan ataupun menandakan bahwa kita lemah!

Tidak apa-apa, menangislah
Itu tak menjadikanmu lemah
Semuanya memiliki hikmah
Tuhan maha baik, percayalah

Di napas yang tersisa
Sayup terucap doa
Ku takkan hidup selamanya
Namun tak pernah siap berpisah

Lekas pulih

2. Yang Patah Tumbuh yang Hilang Berganti - Banda Neira

https://www.youtube.com/embed/NJZkwSpwFMY

Lagu ini membuat kita meresapi keadaan saat ini bahwa mereka yang saat ini terbaring di rumah sakit karena dinyatakan positif covid-19, suatu saat akan sembuh. Lalu untuk mereka yang telah gugur, raga mereka memang telah tiada tetapi tergantikan dengan keihklasan menerima kenyataan yang nantinya akan menjadi kekuatan kita menjalani hari-hari selanjutnya.


Yang patah tumbuh, yang hilang berganti
Yang hancur lebur akan terobati
Yang sia-sia akan jadi makna
Yang terus berulang suatu saat henti
Yang pernah jatuh 'kan berdiri lagi
Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

3. Demi Raga yang Lain - Yessiel Tri Vena

https://www.youtube.com/embed/bsz5hgKTyvY

Mungkin jasa-jasa para tenaga medis saat ini tidak bisa terbalas dengan upah yang mereka terima. Segala lelah pada raga maupun psikis mereka kesampingkan demi mengupayakan kesembuhan pasien agar dapat kembali berkumpul dengan keluarga masing-masing, walaupun resikonya adalah mereka sendiri yang tidak dapat bertemu dengan keluarganya. Lagu ini adalah persembahan yang sangat menyentuh untuk para tenaga medis, pahlawan covid-19. Semangat terus pahlawan!

Dunia tlah tersenyum
melihat kau bertaruh nyawa
Tak pedulikan yang kau punya
demi raga yang lain

Engkau pahlawan dunia
Tuhan yang kan membalas semua
jerih lelah yang tak ternilai
demi raga yang lain

4. Manusia Kuat - Tulus

https://www.youtube.com/embed/LHOh-R00gzI

Masih tentang tenaga medis, meski dihadapkan dengan berbagai tekanan mereka tetap semangat menjadi garda terdepan dalam penanggulangan pandemi ini. Lagu Manusia-manusia Kuat dari Tulus ini menggambarkan semangat yang tak padam di diri para tenaga medis kita.

Kau bisa patahkan kakiku
Tapi tidak mimpi-mimpiku
Kau bisa lumpuhkan tanganku
Tapi tidak mimpi-mimpiku

Kau bisa merebut senyumku
Tapi sungguh tak akan lama
Kau bisa merobek hatiku
Tapi aku tahu obatnya

Baca Juga: Rekomendasi 7 Lagu Religi yang Bisa Temani Puasa di Ramadan 2020

5. Membasuh - Hindia Ft. Rara Sekar

https://www.youtube.com/embed/0FiJfOviW4U

Lagu ini menantang rasa kemanusiaan kita untuk tetap memberi di saat keadaan diri sendiri pun serba kekurangan seperti yang terjadi pada saat ini. Di saat kekeringan, mampukah kita untuk tetap membasuh sesama? Tidak harus dengan materi, kok. Cukup doa atau kalimat penyemangat untuk pasien covid-19, tenaga medis, dan saudara-saudara kita yang masih harus keluar rumah demi sesuap nasi, sudah mampu mengusir dahaga hati mereka.

 

Bisakah kita tetap memberi
Walau tak suci?
Bisakah terus mengobati
Walau membiru?
Cukup besar 'tuk mengampuni
'Tuk mengasihi
Tanpa memperhitungkan masa yang lalu
Walau kering
Bisakah kita tetap membasuh?

6. Kau Tak Sendiri - Bondan Prakoso

https://www.youtube.com/embed/P2s2LCFFACI

Pandemi ini merenggut banyak senyum, menyusutkan banyak harapan dan menghalangi banyak rencana. Di situasi seperti ini tentunya kita membutuhkan banyak bahu untuk menyangga bukan karena lemah,tetapi dalam hidup, kita membutuhkan orang lain, di situasi saat ini dukungan dan semangat dari orang-orang terdekat sangat berarti, lagu Kau Tak Sendiri dari Bondan ini mampu mewakilinya.


Hidup memang tak selalu seperti
Yang kau inginkan yang kau harapkan
Hadapilah dengan hati tenang dan tetap melangkah
Kau tak sendiri

7. Pasti Ku Bisa - Sheila on Seven

https://www.youtube.com/embed/P2xymkKREOA

Di situasi yang serba membatasi gerak kita seperti saat ini tentunya menimbulkan beberapa masalah bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, beberapa perusahaan merumahkan karyawan-karyawan mereka, beberapa bisnis tersendat dan sulitnya mencari penghasilan bagi kalangan menengah ke bawah seakan menjadi keresahan umum yang dirasakan masyarakat Indonesia, lagu Pasti Ku Bisa mampu membangkitkan semangat di tengah keterbatasan dalam situasi pandemi ini

Lihat apa yang terjadi dengan semua rencanaku
Hancur semua berantakan
Dia berjalan keluar dari lingkaran hidupku
Bebas 'ku lepaskan dia
Aku pun mulai berdendang

Pasti 'ku bisa melanjutkannya
Pasti 'ku bisa menerima dan melanjutkannya
Oh, pasti 'ku bisa menyembuhkannya
Cepat bangkit dan berfikir, semua 'tak berakhir di sini

8. Rumah Kita Sendiri - God Bless (Cover Indonesian Voices)

https://www.youtube.com/embed/doXixfVbhFA

Di saat kita telah sampai pada titik jenuh namun tetap harus #DiumahAja untuk mengindahkan imbauan pemerintah, mari kita pikirkan konsekuensi jika kita nekat keluar rumah tanpa ada sebab yang mendesak, bukan hanya keselamatan kita sendiri yang terancam tetapi juga keselamatan orangtua, anak-anak dan saudara kita. Sebagai wujud sayang kepada orang-orang terdekat, tetap #DiRumahAja, sambil mendengarkan lagu karya band legendaris God Bless yang liriknya membuat kita betah #DiRumahAja.


Lebih baik di sini, rumah kita sendiri
Segala nikmat dan anugerah Yang Kuasa
Semuanya ada di sini
Rumah kita
Rumah kita

Dari 8 lagu di atas mana yang paling menggambarkan suasana hatimu di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lagu Hype di Thailand yang Wajib Masuk Playlist

Fatimah Ridwan Photo Verified Writer Fatimah Ridwan

75% Introvert

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya