Comscore Tracker

7 Film tentang Mesir Kuno, Cocok Buat Kamu yang Suka Sejarah

Tidak melulu tentang Musa dan Firaun

Mesir Kuno menarik untuk dipelajari, karena peradabannya dianggap maju pada masanya. Selain itu, beberapa bukti sejarah seperti Piramida, Sphinx, ukiran-ukiran dengan simbol hieroglif hingga mumi yang masih ada hingga saat ini. Kamu pun bisa menemukan sejarah Mesir Kuno dalam buku pelajaran.

Buat kamu yang ingin tahu sejarah Mesir Kuno, tujuh film berikut ini tidak hanya menghibur tapi juga bisa menambah pengetahuan sejarah tentangnya.

1. The Prince of Egypt (1998)

https://www.youtube.com/embed/SsGcttNUi9c

Film satu ini merupakan animasi semi historis pertama yang diproduksi Dream Works pada tahun 1998. Film ini tidak ditayangkan di beberapa negara yang penduduknya mayoritas Islam dengan berbagai pertimbangan, seperti Maladewa dan Malaysia.

Tapi, hebatnya film ini menjadi animasi paling sukses non-Disney pada masanya. Bahkan, soundtrack-nya yang berjudul "When You Believe" menang untuk kategori Best Original Song pada Academy Award tahun 1999. 

Animasi ini menceritakan tentang Nabi Musa yang masih bayi ditempatkan pada sebuah keranjang, lalu dihanyutkan ke Sungai Nil. Sebab, pada masa itu bayi-bayi dibunuh oleh tentara Mesir, karena dikhawatirkan dapat menyebabkan pemberontakan. Beruntungnya, ia ditemukan oleh Ratu Tuya, istri Firaun.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan cerita tersebut. Pasalnya, film ini diadaptasi dari "Book of Exodus" dan "The Ten Commandements". Apa kamu tertarik untuk menontonnya kembali?

2. The Mummy (1999)

https://www.youtube.com/embed/h3ptPtxWJRs

Sebenarnya cukup banyak film Hollywood yang berkaitan dengan mumi dan sudah diproduksi sejak tahun 1932 sampai yang terbaru pada tahun 2017. Sedangkan "The Mummy" yang rilis pada tahun 1999 ini dianggap versi tersukses di pasaran.

Pada tahun 1926, Rick O'Connell (Brendan Fraser), Evelyn (Rachel Weisz) dan Jonathan (Jonh Hannah) pergi ke Hamunaptra untuk melakukan ekspedisi. Mereka menemukan benda-benda peninggalan masa Mesir Kuno, termasuk "Book of the Dead". Tanpa sengaja mereka membaca isi buku tersebut dan menyebabkan mumi Imhotep bangkit kembali.

Baca Juga: 5 Film Tersedih yang Dijamin Bikin Kamu Berkaca-kaca, Hiks!

3. Agora (2009)

https://www.youtube.com/embed/DT95WHihc0E

Berbeda dari film-film sebelumnya yang lebih menyoroti peradaban masa kepemimpinan Firaun. Film satu ini akan membawamu pada abad ke-4 yang diwarnai dengan konflik sosial serta gejolak agama.

Seorang wanita bernama Hypatia (Rachel Weisz), seorang astronom, matematikawan dan filsuf berjuang untuk menyelamatkan ilmu pengetahuan dari kehancuran.

Kamu tidak hanya belajar tentang sejarah Mesir Kuno, tapi juga Romawi Kuno dan Yunani Kuno. Selain itu, buat kamu yang menyukai Astronomi dan Geografi, pasti sudah tau dengan teori Geosentris yang turut dibahas dalam film ini. Wah, menarik!

4. Exodus: Gods and Kings (2014)

https://www.youtube.com/embed/t-8YsulfxVI

Film ini memang tidak jauh berbeda dengan animasi "The Prince of Egypt", menceritakan tentang Nabi Musa. Film ini dicekal di Mesir dan Maroko dengan alasan melenceng dari sejarah, rasis serta berbagai kritik. Namun, film ini memiliki visual yang epik dan bahkan menjadi peringkat teratas box office. Apa kamu sudah menontonnya?

5. Tut (2015)

https://www.youtube.com/embed/P3FKkZYDhPE

Film kali ini menceritakan tentang konflik dan drama dalam kerajaan Mesir yang dipimpin oleh Raja Tutankhamun (Avan Jogia). Ia dipaksa menikah dengan saudara perempuannya untuk mempertahankan dinasti. Namun, ia dikendalikan oleh Wazir Agung yang licik dan kejam. 

6. God of Egypt (2016)

https://www.youtube.com/embed/IJBnK2wNQSo

Film satu ini menceritakan tentang dewa-dewa yang ada dalam mitologi Mesir dan perebutan kekuasaan. Konflik terjadi antara Horus, dewa langit dengan Set, adiknya yang merupakan dewa gurun. Set cemburu ketika Horus yang dinobatkan sebagai raja berikutnya yang menggantikan ayah mereka, Osiris. Bagaimana kisah mereka selanjutnya?

7. Tutankhmun (2016)

https://www.youtube.com/embed/nxDuilcHtVk

Jika sebelum-sebelumnya film tentang Mesir Kuno diproduksi oleh Amerika, film satu ini berasal dari Inggris dan setting lokasi di Afrika Selatan. Film ini meanceritakan tentang seorang arkolog bernama Howard Carter yang terobsesi untuk menemukan makam Tutankhamun yang legendaris.

Namun, ada banyak rintangan yang harus dihadapinya, seperti Perang Dunia I, kebijakan baru Mesir dan pemberontakan Arab terhadap pemerintah Inggris.

Nah, itulah ketujuh film tentang Mesir Kuno yang menarik untuk ditonton. Bukan sekadar sebagai hiburan, tapi juga bisa menambah pengetahuanmu. 

Baca Juga: 5 Film Bersetting di Hindia Belanda yang Harus Banget Ditonton

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya