Comscore Tracker

Jangan Menyerah! 5 Film Jepang Ini Mengajarkanmu Untuk Terus Berjuang

#PANJATPOIN Percayalah! Keringat tak akan menghianati hasil

Dalam sebuah film, ada banyak hal yang berusaha disampaikan oleh sang penulis naskah. Entah tentang cintamu yang tak tersampaikan pada seseorang, pencarian jati diri atau bahkan motivasi untuk tak menyerah dalam menjalani hidup.

Seperti halnya 5 film Jepang berikut, di mana sang penulis naskah ingin kamu untuk terus berusaha dan tak menyerah seperti yang dilakukan sang tokoh utama di film-film ini.

1. Biri Gyaru/Flying Colors (2015)

Jangan Menyerah! 5 Film Jepang Ini Mengajarkanmu Untuk Terus Berjuanganoboy.com

Film ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Sayaka Kudo, gadis yang tak mendapat perhatian dari ayahnya dan tak memiliki pandangan untuk masa depannya. Berkat ibunya yang memasukkannya ke sebuah tempat kursus, Sayaka akhirnya mulai memiliki impian setelah bertemu dengan Yoshitaka Tsubota, guru les privatnya. Sayaka mulai termotivasi karena suntikan-suntikan positif yang diberikan oleh Tsubota Sensei.

Dari film ini, kita bisa mengambil pelajaran. Bahwa, peran orangtua dalam mendidik anak sangatlah dibutuhkan. Tak hanya dari satu pihak, tapi dari keduanya. Tak hanya itu, perjuangan Tsubota dalam membimbing murid-muridnya juga patut dijadikan contoh bagi para guru untuk lebih memahami posisi muridnya dan membuatnya merasa bersemangat untuk meraih tujuan yang dia impikan.

Film yang diambil dari pengalaman nyata Tsubota selama menjadi pengajar ini akan membuatmu mengerti, bahwa usaha dan rasa pantang menyerah sangatlah penting untuk mencapai keberhasilan.

2. Kuchibiru ni Uta wo/Have a Song on Your Lips (2015)

Jangan Menyerah! 5 Film Jepang Ini Mengajarkanmu Untuk Terus Berjuang10nineteen.com

Film ini menceritakan konflik yang dialami oleh tiga tokoh berbeda yang saling mengenal. Tentang Yuri, seorang pianis terkenal yang menjadi guru pengganti untuk klub paduan suara dan memutuskan untuk berhenti bermain piano karena kematian kekasihnya. Nazuna, yang dirawat oleh Kakek dan Neneknya karena Orangtuanya yang pergi meninggalkannya sejak kecil. Ayahnya sempat kembali dan memberikan janji pada Nazuna bahwa mereka akan tinggal bersama kembali. Namun, Ayahnya berbohong dan kabur dengan membawa uang Kakek Nazuna. Dan tentang Satoru, yang harus memilih antara klub paduan suara atau Kakaknya yang menderita autis.

Ketiganya berhasil mengatasi konflik dengan bantuan satu sama lain, saling bergantung dan saling mempercayai.

3. Chihayafuru (2016)

Jangan Menyerah! 5 Film Jepang Ini Mengajarkanmu Untuk Terus Berjuangasianmoviepulse.com

Film ini memiliki 3 episode, yang menceritakan tentang persahabatan dan cinta monyet Chihaya Ayase. Melalui persahabatan dan cinta pertama yang berlangsung sejak kecil itulah, Chihaya mulai menyukai permainan karuta dan bertekad menjadi meijin queen (pemain karuta wanita nomor 1 di Jepang) dalam karuta.

Konflik yang dialami oleh oleh ketiga sahabat ini saat memperjuangkan mimpinya dalam karuta akan membuat kamu merasa malu untuk menyerah begitu saja dalam meraih mimpimu. Meski sempat terjatuh, ketiganya berhasil menemukan cara untuk kembali bangkit dan meraih mimpi mereka untuk menjadi pemain karuta di Jepang dan bahkan di dunia. Meski terdapat sisi komedi dan romantis, namun film ini masih mampu untuk memotivasimu dalam memperjuangkan mimpimu.

4. Let's Go, Jets! (2017)

Jangan Menyerah! 5 Film Jepang Ini Mengajarkanmu Untuk Terus Berjuangimdb.com

Film yang rilis pada Bulan Maret 2017 ini diadaptasi dari kisah nyata cheerdance asal Fukui yang berhasil memenangkan kejuaraan cheerdance dunia pada tahun 2009 yang diadakan di Amerika. Film ini menceritakan perjuangan Hikari dkk dalam mempertahankan klub cheerdance di sekolahnya.

Apa yang dilakukan Hikari dkk akan membuatmu sadar, bahwa sukses atau tidaknya kamu itu tidak sekedar bergantung pada bakat dan keahlian yang kamu miliki. Namun juga oleh usaha dan latihan yang terus kamu lakukan untuk mencapai mimpimu. Kerjasama tim serta peran pelatih yang bijak juga menjadi kunci dalam kesuksesan yang berhasil mereka raih. Jadi, tak sekedar kehebatan dari masing-masing individu.

5. Dare Mo Shiranai/Nobody Knows (2004)

Jangan Menyerah! 5 Film Jepang Ini Mengajarkanmu Untuk Terus Berjuangimdb.com

Film ini diadaptasi dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 1988, yang berhasil rilis pada tahun 2004. Menceritakan tentang perjuangan 4 bersaudara yang harus berjuang hidup setelah Ibu, orangtua tunggalnya meninggalkan keempatnya sendirian di sebuah apartemen kecil. Akira, anak tertua yang berusia 11 tahun harus bertanggung jawab pada ketiga adiknya yang usianya tak lebih dari 9 tahun.

Setelah melihat film ini, kamu pasti akan mengubah pola pikirmu untuk lebih bijak dalam mengatur keuangan serta merasa malu karena seringnya mengeluh atas masalah yang tak ada apa-apanya jika dibandingkan apa yang dialami keempat saudara ini. Sifat polos serta pandangan positif khas milik anak-anak akan membuatmu hanyut kedalam konflik gelap yang mereka alami.

Pada dasarnya, hidup itu tidak ada yang mudah. Dibutuhkan kerja keras serta semangat untuk terus menjalaninya. Namun, yang lebih penting adalah untuk tidak berfokus pada kesusahan dan melihat dunia dari sisi yang lebih positif serta menanam rasa syukur karena masih memiliki kesempatan untuk berusaha lebih dari apa yang kamu lakukan kemarin.

Apa yang kamu dapatkan di masa datang adalah cerminan dari apa yang kamu lakukan saat ini. Karena itu, jangan pernah menyerah dan teruslah berjuang untuk hidupmu sendiri.

Fauziah Puspitasari Photo Community Writer Fauziah Puspitasari

Dream as if you will live forever

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You