Comscore Tracker

Akibat Merger, Nasib 5 Series HBO Max Ini di Ujung Tanduk

HBO Max tidak akan lagi memproduksi scripted series

Wacana HBO Max untuk tidak lagi memproduksi scripted series di masa mendatang bukan lagi isapan jempol semata. Presiden sekaligus CEO Warner Bros. Discovery, David Zaslav, nampaknya serius mengenai melakukan perombakan besar-besaran pasca merger WarnerMedia dan Discovery rampung pada April 2022 lalu. Salah satu di antaranya adalah rencana Zaslav untuk menyatukan layanan streaming HBO Max dan Discovery+.

Dilansir The Wrap, di masa depan HBO Max tidak akan memproduksi scripted series lagi dan lebih berfokus pada reality show dan konten dokumenter. Untuk scripted series nantinya akan ditangani langsung oleh tim HBO. Sementara itu, HBO Max akan tergabung dengan Discovery+.

Hal tersebut diamini dengan batalnya penayangan Batgirl yang semula direncanakan akan tayang di HBO Max akhir tahun ini. Akibat merger, setidaknya ada lima orisinal series HBO Max yang nasibnya di ujung tanduk.

1. Gossip Girl

Akibat Merger, Nasib 5 Series HBO Max Ini di Ujung TandukGossip Girls Reboot (dok. HBO Max/Gossip Girls Reboot)

Pada September 2021, HBO Max resmi mengumumkan Gossip Girl akan berlanjut ke musim kedua. Eksekutif produser sekaligus showrunner, Josh Safran, dalam wawancaranya dengan Harper Bazaar membeberkan bahwa setiap musim adalah semester.

Nantinya, saat Gossip Girl masuk ke musim ketiga, karakter utama dalam series reboot tersebut sedang dalam persiapan melanjutkan studinya ke universitas. Safran juga mengungkapkan keinginannya untuk mengajak pemeran orisinal kembali mengulang perannya sebagai kameo di musim kedua mendatang.

Meskipun sukses meraih ratusan penonton pada penayangan perdananya di layanan streaming HBO Max, bukan berarti Gossip Girl aman dari ajang bersih-bersih yang sedang dilakukan Zaslav di Warner Bros. Discovery saat ini. Para kritikus sepakat memberikan gelar series yang tayang perdana pada 8 Juli 2021 lalu sebagai stunning failure alias kegagalan yang menakjubkan.

2. Our Flag Means Death

Akibat Merger, Nasib 5 Series HBO Max Ini di Ujung TandukOur Flag Means Death (dok. HBO Max/Our Flag Means Death)

Mendapatkan respons positif dari kritikus dan penonton, HBO Max secara resmi mengumumkan bahwa petualangan bajak laut Stede Bonnet dan Ed Teach di series Our Flag Means Death akan berlanjut ke musim kedua.

Melihat kembali yang terjadi pada film Batgirl yang pada dasarnya proses produksinya telah rampung dan siap tayang dan wacana Zaslav mengenai mengalihkan series potensial ke divisi HBO, besar kemungkinan Our Flag Means Death musim kedua tidak akan dilanjutkan proses produksinya. Sayang banget, ya!

3. Minx

Akibat Merger, Nasib 5 Series HBO Max Ini di Ujung Tandukcuplikan series Minx (dok. Lionsgate/Minx)

Kreator sekaligus showrunner, Ellen Rapoport, mengonfirmasi bahwa penayangan Minx akan berlanjut ke musim kedua berkat tingginya antusias penonton. Dilansir Deadline, Sarah Aubrey, Kepala Konten Original HBO Max, sangat antusias melanjutkan kerja samanya dengan Lionsgate Television.

Sayangnya, isu mengenai rencana Zaslav untuk merumahkan hampir 70 persen  dari tim pengembang HBO Max, termasuk dewan eksekutifnya, menjadi hambatan besar agar series bergenre komedi erotis tersebut dapat segera digarap.

Baca Juga: Batgirl Batal Tayang, Apa yang Terjadi dengan Warner Bros.?

4. Doom Patrol

Akibat Merger, Nasib 5 Series HBO Max Ini di Ujung TandukDoom Patrol (dok. HBO Max/Doom Patrol)

Pada ajang DC FanDome pada Oktober 2021 silam, DC Entertainment mengumumkan bahwa Doom Patrol akan berlanjut ke musim keempat. Musim terbaru series yang dibintangi oleh Brendan Fraser, Matt Bomer, dan Diane Guerrero ini direncanakan akan mengisi slot tayang akhir tahun 2022 di layanan streaming HBO Max.

Upaya penyatuan layanan streaming HBO Max dan Discovery+ pasca merger WarnerMedia dan Discovery usai memberikan dampak buruk bagi proyek DC Entertainment. Tidak hanya Doom Patrol yang disebut-sebut tidak akan dilanjutkan lagi penayangannya, Titans dan Harley Quinn pun masuk dalam daftar series yang berpotensi besar tidak akan diteruskan lagi penayangannya.

5. And Just Like That...

Akibat Merger, Nasib 5 Series HBO Max Ini di Ujung TandukAnd Just Like That... (dok. HBO Max/And Just Like That...)

Satu bulan setelah penayangan episode terakhirnya di HBO Max, Michael Patrick King selaku showrunner And Just Like That… mengumumkan akan kembali lewat musim kedua. Musim kedua dari series spin-off dari film Sex and the City ini direncanakan akan memulai produksinya pada musim gugur tahun ini.

Dilihat dari review yang diberikan oleh para kritikus serta rating di berbagai platform kenamaan, seperti IMDb dan Rotten Tomatoes, besar kemungkinan bagi Zaslav untuk tidak melanjutkan proses produksi musim kedua series yang dibintangi oleh Sarah Jessica Parker tersebut.

Sebelum isu Warner Bros. Discovery berbenah diri dan berencana menyatukan HBO Max dengan Discovery+ mencuat, cukup banyak film dan series orisinal HBO Max telah lebih dulu dibatalkan penayangan sekuelnya. Scoob!: Holiday Haunt, Raised by Wolves, Made for Love, dan Time Traveler’s Wife adalah segelintir film dan series yang sekuelnya tidak akan diproduksi lagi maupun ditangani oleh tim HBO.

Baca Juga: 6 Fakta Batgirl, Film Superhero DC yang Batal Tayang

Febby Arshani Photo Verified Writer Febby Arshani

Akwoakwoakwoak

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya