Comscore Tracker

5 Film Dokumenter Ini Bercerita Tentang Tenggelamnya Kapal Feri Sewol

#ANGPOIN Pecinta film dokumenter harus nonton nih

Tenggelamnya kapal feri Sewol menjadi tragedi yang sangat memorable sekaligus pahit bagi warga Korea Selatan, terutama para keluarga yang ditinggalkan. Tragedi yang terjadi pada 16 April 2014 itu merenggut 304 orang korban jiwa dari 476 penumpang. Sebagian sebagian besar korban merupakan siswa SMA Danwon yang tengah berlibur menuju pulau Jeju.

Selain memakan banyak korban jiwa, tragedi kapal feri Sewol ini juga semakin menarik perhatian karena menyimpan berbagai rahasia penting dibaliknya. Mulai dari kelakuan Presiden Korea Selatan yang saat itu tengah menjabat, hingga kapten yang hendak kabur. Untuk mengetahuinya lebih jauh, kamu bisa nonton lima film dokumenter ini.

1. Intention

https://www.youtube.com/embed/FP0C7ZQHmmo

Intention merupakan film dokumenter yang digarap oleh Kim Ji-Young. Film dokumenter ini menampilkan hasil pengumpulan fakta, analisis ilmiah, dan juga pengumpulan data selama 4 tahun terakhir. Dari mulai tenggelamnya kapal feri Sewol pada tahun 2014 hingga tahun 2018 yang merupakan tahun rilisnya film dokumenter ini.

2. Sewol - Paused in Time

https://www.youtube.com/embed/heOgrCED1aQ

Sewol - Paused in Time ini merupakan film dokumenter karya Minsu Park. Menampilkan tentang penderitaan yang dialami para korban tenggelamnya kapal feri Sewol dan juga bagaimana peristiwa tragis itu menghancurkan otoritas.

3. The Truth Shall Not Sink with Sewol

https://www.youtube.com/embed/dhME_nj5CWc

The Truth Shall Not Sink with Sewol dirilis hanya beberapa bulan setelah tenggelamnya kapal feri Sewol. Film dokumenter yang disutradarai oleh Ahn Hae-ryong dan Lee Sang-ho ini mencoba mengungkapkan kebenaran yang tersembunyi dari tenggelamnya kapal feri Sewol yang menjadi kontroversi terbesar saat itu. Memfokuskan pada jalannya distorsi media dan intervensi birokrasi yang sedang berlangsung.

Baca Juga: 5 Fakta Film Dokumenter BTS, Bring The Soul: The Movie

4. After The Sewol

https://www.youtube.com/embed/7lj6XRRjce8

After The Sewol ini digarap oleh dua sutradara Inggris, Neil George dan Matthew Root. Film dokumenter yang dirilis pada tahun 2017 ini menampilkan kerabat para korban, penyelam penyelamat dan juga aktivis tentang perjuangan mereka sejak tenggelamnya kapal feri Sewol. Film ini juga menampilkan bagaimana perubahan Korea Selatan setelah kecelakaan tragis itu terjadi.

5. After Diving Bell

https://www.youtube.com/embed/xsyXiwhm1Io

Sama seperti The Truth Shall Not Sink with Sewol, After Diving Bell ini juga merupakan film dokumenter yang digarap oleh Lee Sang-ho. Bedanya After Diving Bell ini memfokuskan untuk melaporkan tentang kegagalan penyelamatan insiden Sewol.

Itulah lima film dokumenter tentang tenggelamnya kapal feri Sewol yang akan menambah pengetahuanmu.

Baca Juga: 5 Film Dokumenter yang Bakal Mengubah Pandanganmu Soal Lingkungan

Fitriani Sudrajat Photo Community Writer Fitriani Sudrajat

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You