Comscore Tracker

5 Film Terbaik Oscar 2000-an yang Kudu Masuk List Nontonmu

Ada genre biopik, thriller hingga drama, lho!

Era 2000an menjadi awal masuknya modernisasi dalam banyak industri, termasuk perfilman, yang melahirkan ide-ide baru lebih segar. Di era tersebut mulai bermunculan beberapa franchise baru dan film-film ikonik yang sukses besar dengan raihan Piala Oscar. Sebut saja The Lord Of The Rings, Gladiator hingga Slumdog Millionaire.

Di era tersebut film-film terbaik Oscar hadir dari berbagai genre berbeda. Selain tiga film yang telah disebutkan, ini lima Film Terbaik Oscar lainnya di era 2000an yang sangat layak masuk list nontonmu.

1. A Beautiful Mind (2001)

https://www.youtube.com/embed/aS_d0Ayjw4o

Ini merupakan film biopik tentang matematikawan jenius John Nash dan perjuangannya selama puluhan tahun bergelut dengan penyakit mental. Dia merupakan sosok antisosial yang mendapatkan pekerjaan rahasia dari pemerintah tentang kriptografi, yang menjadi awal mulai segala tragedi terjadi dalam hidupnya.

Mulai dari ketenaran, intrik politik hingga usahanya dalam pencarian diri dan perjuangannya melawan schizophrenia bersama sang istri yang setia. Film ini sukses besar dengan meraih empat Piala Oscar, Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Terbaik dan Aktris Pendukung Terbaik (Jennifer Connelly).

2. Chicago (2002)  

https://www.youtube.com/embed/9EpaMmF9WVU

Film musikal krimial ini diangkat berdasarkan sebuah pertunjukan Broadway. Bercerita tentang dua orang wanita kriminal yang saling bersaing demi dapatkan perhatian dan publisitas di balik jeruji penjara. Padahal keduanya dijatuhi hukuman mati atas kasus pembunuhan.

Mereka adalah Velma Kelly (Catherine Zeta-Jones), sosok yang membunuh saudara dan suaminya setelah memergoki keduanya berselingkuh. Dan Roxie Hart (Renée Zellweger), sosok artis yang membunuh pacaranya setelah mengetahui sang pacar tidak akan menjadikannya bintang. 

Film ini berhasil membawa pulang enam Piala Oscar, salah satunya Film Terbaik, Aktirs Pendukung Terbaik (Catherine Zeta-Jones) dan Design Kostum Terbaik.

3. Crash (2004)

https://www.youtube.com/embed/DEJH0hEoHc4

Film bergenre drama thriller ini menggambarkan benturan-benturan kehidupan warga Los Angeles perihal isu rasialisme saat beberapa karakter saling terkait. Mereka adalah seorang jaksa Kaukasia yang menjadikan isu ras sebagai kartu politiknya. Dua orang pembalap kulit hitam yang menjadikan rasnya sebagai keuntungan pribadi, serta beberapa pandangan lainnya tentang isu tersebut yang sangat relate dengan realitas kehidupan saat ini.

Film ini dihadiahi tiga Piala Oscar, Film Terbaik, Skenario Terbaik dan Editing Terbaik.

Baca Juga: 10 Film Berbahasa Asing yang Masuk Nominasi Best Picture Oscar

4. Million Dollar Baby (2004) 

https://www.youtube.com/embed/5_RsHRmIRBY

Kualitas Clint Eastwood sebagai aktor dan sutradara hebat sudah tidak perlu diragukan lagi. Ia merupakan sosok seniman yang telah melahirkan banyak film berkelas dan penghargaan Oscar. Salah satu karya terbaiknya adalah Million Dollar Baby, yang dibintangi juga oleh Hilary Swank dan Morgan Freeman.

Menceritakan tentang perjuangan dan kegigihan seorang wanita untuk menjadi petinju profesional. Clint Eastwood sendiri berperan sebagai pensiunan pelatih tinju yang setuju untuk menjadikan sang wanita klien wanita pertamanya. Yang menjadikan film ini terbaik adalah kandungan inspirasi yang ditunjukan lewat kehidupan pribadi karakter-karakter di dalamnya yang memiliki jalan hidup sulit.

Film ini sukses membawa pulang empat Piala Oscar paling prestisius, Film Terbaik, Aktris Utama Terbaik (Hillary Swank), Aktor Pendukung Terbaik (Morgan Freeman) dan Sutradara Terbaik.

5. The Departed (2006)

https://www.youtube.com/embed/SGWvwjZ0eDc

Film karya sutradara Martin Scorsese ini merupakan remake dari film China berjudul Internal Affairs. Film ini bercerita tentang seorang polisi yang menyamar, Billy Costigan (Leonardo Di Caprio), ditugaskan untuk menyusup ke sindikat mafia asal Irlandia yang dijalankan oleh kepala geng Frank Costello.

Di sisi lain, Colin Sullivan (Matt Damon), merupakan penjahat yang berhasil menyusup ke dalam tubuh kepolisian sebagai informan untuk sindikat tersebut dan targetkan naik ke posisi kekuasaan di Unit Investigasi Khusus. Lewat dia karakter ini kita akan disuguhkan kehidupan mata-mata yang penuh bahaya dan upaya satu sama lain untuk mencari pengkhianat di dalam tubuh masing-masing.

Film ini sukses meraih empat Piala Oscar. salah satunya Film Terbaik, Sutradara Terbaik dan Skenario Terbaik.

Itulah lima Film Terbaik Oscar di era 2000an yang memiliki plot cerita sangat unik dan menarik. Dengan genre-genre yang berbeda, ini bisa jadi rekomendasi seru yang bisa kamu tonton di rumah.

Baca Juga: 6 Film Horor Peraih Oscar yang Wajib Masuk List Nontonmu, Mengerikan!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya