Comscore Tracker

5 Film Bertema Anak Jenius yang Paling Inspiratif, Wajib Nonton!

Bukan cuma The Queen's Gambit yang fenomenal #IDNTimesHype

Serial Netflix The Queen's Gambit menjadi tontonan paling fenomenal saat ini dengan status paling banyak ditonton. Hal ini tidak mengherankan karena plot cerita yang disajikan memang sangat apik, dibalut dengan visual yang memukau. Namun fokus cerita tentang anak jenius bukanlah hal baru di Hollywood.

Hebatnya, tema ini selalu mendapatkan kritikan yang baik dan memuaskan penontonnya. Berikut ini lima film bertema anak jenius yang paling inspiratif, yang kudu masuk dalam daftar nontonmu.

1. The Kindergarten Teacher (2018) - 6,7

https://www.youtube.com/embed/Iaa1c4Tp-f0

Film ini diadaptasi dari film Israel dengan judul yang sama. Film ini memenangkan penghargaan Penyutradaraan Terbaik di Sundance Film Festival dan memiliki skor 94 persen di Rotten Tomatoes.

Film ini mengikuti kisah Lisa Spinelli (Maggie Gyllenhaal), seorang guru taman kanak-kanak yang tidak puas dengan kehidupan kelas menengahnya. Dia segera menyadari bahwa salah satu muridnya bernama Jimmy memiliki bakat membaca dan membaca puisi yang luar biasa. Namun hal ini justru membuat sang guru menjadi terobsesi dengan kejaiban sang anak, yang memberikan dampak psikologis.

2. Queen Of Katwe (2016) - 7,4

https://www.youtube.com/embed/z4l3-_yub5A

Penggemar catur yang terkesan dengan The Queen's Gambit harus menonton Queen Of Katwe. Ceritanya berkisar pada seorang gadis bernama Phiona Mutesi, yang tinggal di permukiman kumuh bernama Katwe di negara Afrika Timur di Uganda. Pertama kali mengambil catur sebagai hobi, dia sering memoles gerakannya dan mulai berpartisipasi dalam turnamen global.

Lewat perjuangan keras, kita disajikan bagaimana seorang anak mewujudkan mimpinya dengan segala talenta yang dimilikinya, meskipun berasal dari sebuah latar belakang yang tampaknya tidak menjanjikan.

3. Searching For Bobby Fischer (1993) - 7,4

https://www.youtube.com/embed/gghecEHT4PI

Film ini merupakan salah satu film yang mendapatkan rating sempurna di situs Rotten Tomatoes. Film ini menceritakan tentang kehidupan nyata pecatur Josh Waitzkin. Di dalamnya, keluarga Josh menemukan bakatnya dan berjanji untuk memeliharanya. Mereka mempekerjakan seorang guru catur bernama Bruce Pandolfini, yang bersumpah akan menjadikannya sebagus legenda catur Bobby Fischer.

Namun Josh kemudian menentang ajaran gurunya dan berhasil menerapkan gerakan kemenangannya sendiri.

Baca Juga: 5 Fakta Film Buku Harianku, Film Musikal Keluarga yang Penuh Makna

4. Gifted (2017) - 7,6

https://www.youtube.com/embed/hqTSKqBCdf0

Film ini menceritakan kisah Mary Adler, seorang gadis berusia tujuh tahun yang menunjukkan tanda-tanda memiliki kemampuan matematika yang luar biasa. Mary dibesarkan oleh pamannya Frank (Chris Evans) setelah ibunya, seorang matematikawan jenius, melakukan bunuh diri.

Sementara Frank ingin dia menjalani kehidupan normal, nenek Mary ingin dia memanfaatkan bakatnya untuk tujuan lebih besar. Mary segera menemukan dirinya dalam pertarungan hak asuh antara keduanya.

Film ini secara luas dipuji oleh para kritikus karena penggambarannya tentang konflik keluarga. Film ini juga meraup keuntungan 43 juta dolar dengan hanya anggaran 7 juta dolar saja.

5. Billy Elliot (2000) - 7,7

https://www.youtube.com/embed/0g1YvKDdIfc

Ini merupana sebuah drama berlatar di County Durham, Inggris selama pemogokan para penambang di tahun 80-an. Plotnya berkisah seorang anak laki-laki yang menemukan bahwa dia memiliki keterampilan menari yang luar biasa, sehingga dia mulai berlatih balet. Sayangnya, ayahnya sangat menentang hasrat barunya karena dia percaya balet hanyalah untuk perempuan saja.

Lewat film ini kita disajikan sebuah dilema yang dihadapi seorang anak antara keluarga dan mimpinya.

Itulah lima film bertema perjuangan yang dihadapi oleh anak-anak jenius dalam menjalani hidup dan mewujudkan mimpi-mimpinya. Dengan plot cerita yang inspiratif, deretan film di atas dijamin bikin emosimu diaduk-aduk.

Baca Juga: Jenius, 7 Artis Hollywood Ini Ternyata Lulusan Ivy League

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya