Comscore Tracker

10 Film Favorit Barrack Obama di Tahun 2020, Masuk Watchlist

Dari animasi hingga dokumenter #IDNTimesHype

Setiap tahun, mantan presiden Barack Obama menerbitkan daftar film favoritnya dari tahun lalu. Meskipun tahun 2020 adalah tahun yang sulit di dunia, beberapa film yang sangat bagus telah dirilis, yang disoroti oleh daftar Obama. Obama mencantumkan banyak film yang diakui secara kritis serta beberapa dokumenter yang terkenal dan menarik.

Sesuatu yang dapat diperoleh pemirsa dari daftarnya adalah bahwa semua film memiliki aspek politik, sosial, atau kontemplatif tertentu, dengan masing-masing memiliki pesan yang kuat untuk disampaikan dengan caranya sendiri. Berikut sepuluh film 2020 favorit Barack Obama, termasuk yang diproduksi oleh perusahaan produksinya, Higher Ground Productions.

1. Let Him Go 

https://www.youtube.com/embed/bE8pwEF-3TI

Film ini diangkat berdasarkan novel 2013 karya Larry Watson, Kevin Costner, dan Diane Lane berperan sebagai kakek-nenek yang berusaha menyelamatkan cucu dan menantu perempuan mereka dari cengkeraman suami barunya dan keluarganya yang tercela. Namun, kakek-nenek menyadari bahwa mereka tidak akan menyerah tanpa perlawanan

2. Mank

https://www.youtube.com/embed/aSfX-nrg-lI

Diperankan oleh Gary Oldman, Mank kisahkan Hollywood tahun 1930-an melalui pandangan kritikus sosial yang pedas dan penulis skenario alkoholik Herman J. Mankiewicz saat ia berlomba untuk menyelesaikan skenario Citizen Kane (1941). Film ini sendiri sukses membawa pulang dua Piala Oscar, Sinematografi Terbaik dan Design Terbaik

3. Boys State 

https://www.youtube.com/embed/E1Kh_T5ZBIM

Ini adalah film dokumenter yang mengikuti seribu anak laki-laki yang menghadiri "Boys State", program kepemimpinan musim panas untuk siswa sekolah menengah di mana mereka dapat berpartisipasi dalam pemerintahan tiruan untuk mempelajari cara kerja pemerintah dan politik Amerika.

4. Soul 

https://www.youtube.com/embed/xOsLIiBStEs

Film animasi ini adalah karya terbaru dari Pixar dan merupakan petualangan eksistensial yang menceritakan kisah musisi jazz Joe Gardner (Jamie Foxx) yang mencoba untuk bersatu kembali dengan jiwanya, yang telah terpisah dari tubuhnya, sebelum dia dibawa ke The Great Beyond atau alam baka.

Film ini sendiri sukses membawa pulang Piala Oscar sebagai Animasi Terbaik, dan ini tidak mengherankan karena kisah yang disajijkan begitu inspiratif dan menyentuh hati.

5. Nomadland

https://www.youtube.com/embed/6sxCFZ8_d84

Didapuk sebagai Film Terbaik Oscar 2021, Nomadland menceritakan kisah Fern (Francis McDormand) yang, setelah kehilangan pekerjaan dan suaminya meninggal, menjual barang-barangnya dan melakukan perjalanan keliling Amerika Barat. Film ini menggambarkan gaya hidup nomaden dan banyak para nomaden asli memainkan versi diri mereka sendiri dalam film ini.

Baca Juga: Daftar Lengkap Pemenang Oscar 2021, Nomadland Menang Banyak!

6. Time 

https://www.youtube.com/embed/kq6Hh07oLvs

Ini adalah film dokumenter yang mengikuti kisah Sibil Fox Richardson saat dia berjuang untuk pembebasan suaminya, Rob, yang melakukan perampokan 5 ribu dolar karena tindakan putus asa. Meskipun Rob pada awalnya dijadwalkan untuk menjalani hukuman 10 hingga 18 tahun, dia pada akhirnya secara tidak adil dihukum selama 61 tahun.

7. Lovers Rock

https://www.youtube.com/embed/FVOhXowWqDU

Film ini disutradarai Steve McQueen, yang juga menggarap 12 Years of Slaves dan Shame. Lovers Rock sebenarnya dirilis sebagai bagian dari Small Axe, serial antologi BBC. Ceritanya terjadi dalam satu malam di pesta rumah London Barat di tahun 1980-an di mana dua orang mengalami pertemuan romantis dan kemudian menjalin sebuah ikatan.

8. Black Bottom Ma Rainey 

https://www.youtube.com/embed/ord7gP151vk

Film biopik ini  didasarkan pada drama oleh penulis naskah terkenal August Wilson, sayangnya, film ini menjadi penampilan terakhir aktor Chadwick Boseman setelah kematiannya pada tahun 2020. Film ini merinci sesi rekaman yang kacau pada tahun 1927 Chicago di mana aktris Viola Davis memerankan penyanyi blues kehidupan nyata, Ma Rainey.

Tidak hanya itu, film ini juga menggambarkan kehidupan sosial dan berbagai isu yang terjadi di Amerika Serikat di era tersebut.

9. Collective 

https://www.youtube.com/embed/KLgGoT7v3ro

Ini adalah film dokumenter Rumania yang berkisah tentang sekelompok jurnalis investigasi setelah kebakaran klub malam yang tragis memperlihatkan kelalaian dan penipuan perawatan kesehatan. Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Venice dan sejak itu telah menerima pengakuan luas, menemukan jalannya ke Festival Film Internasional Toronto serta Sundance.

10. Crim Camp

https://www.youtube.com/embed/XRrIs22plz0

Film ini menggambarkan perkemahan musim panas di tahun 1970-an yang khusus untuk orang disabilitas. Sementara karakter yang didokumentasikan dimulai sebagai pekemah, mereka akhirnya menjadi aktivis hak disabilitas yang melawan Washington dan memperjuangkan undang-undang aksesibilitas baru

Barrack Obama bukan hanya sosok mantan Presiden Amerika kulit hitam pertama dalam sejarah Amerika Serikat, dia juga dikenal sebagai sosok pribadi yang hangat dan dicintai rakyatnya. Memiliki jalan hidup yang inspiratif, tidak mengherankan jika selera menonton filmnya pun selalu jadi acuan pencinta film memilih tontonan. Apakah kamu sudah menonton deretan film di atas?

Baca Juga: Ada The Raid, 6 Film Indonesia Ini Tayang di Sundance Film Festival

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya