Comscore Tracker

5 Film Horor Psikologis Ini Seramnya Bikin Susah Tidur, Berani Nonton?

Awas kebawa mimpi, lho! #IDNTimesHype

Film bergenre horor merupakan salah satu yang paling disukai para pecinta film seluruh dunia. Salah satu alasannya adalah intensitas cerita mereka mampu memberikan sensasi yang memacu adrenalin. Dari sekian banyak subgenre, horor psikologis dianggap sebagai film yang paling mengerikan dan menebarkan.

Subgenre ini tidak memunculkan hantu atau makhluk supranatural, tetapi lebih menyajikan kisah yang meresahkan, menakutkan psikologis dan emosi penontonnya. Sehingga terkadang kesan mengerikan itu terus terbawa oleh penonton setelah selesai menonton. Berikut ini adalah lima film horor psikologis yang bikin kamu susah tidur.

1. The Lodge  

https://www.youtube.com/embed/XYUI97qAa_k

Film ini mengisahkan sebuah keluarga yang baru saja mengalami tragedi saat sang ibu meninggal bunuh diri. Untuk membantu melewat trauma itu, sang ayah membawa anak-anaknya berlibur ke sebuah kabin terpencil bersama pacar barunya. Namun dia harus pergi karena urusan pekerjaan mendadak, sehingga sang anak diasuh sementara oleh pacarnya.

Sayangnya mereka terisolasi di kabin itu akibat badai besar. Mengerikannya, pacar sang ayah, Grace, memiliki sebuah misteri sendiri. Dia merupakan penyintas sebuah sekte sesat di masa lalu, yang kini dihantui kembali oleh penampakan-penampakan mengerikan.

2. The Invitation

https://www.youtube.com/embed/0-mp77SZ_0M

Film ini kisahkan seorang pria diundang untuk pesta makan malam yang diadakan oleh mantan istri dan suami barunya. Awalnya semuanya tampak baik-baik saja, sampai dia mulai curiga bahwa mereka sedang merencanakan sesuatu yang jahat bagi para undangan. 

Film ini menyajikan sebuah cerita tentang paranoia dengan intensitas ketegangan yang memuncak seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Horor dengan Jumpscare yang Terbaik, Berani Nonton?

3. Session 9

https://www.youtube.com/embed/4s-5eJq47bY

Ini adalah sebuah kisah teror ketika sekelompok pekerja pemindahan asbes harus bekerja di rumah sakit jiwa yang terbengkalai 15 tahun dan mengerikan. Di tempat tersebut mereka kemudian mendapati berbagai benda peninggalan, salah satunya kaset dengan nama session 9, yang menggambarkan pasien skizofrenia.

Mengerikannya, bangunan tersebut memiliki kekuatan gelap yang bisa mempengaruhi setiap orang secara berbeda tergantung pada keadaan psikologisnya.

4. Midsommar

https://www.youtube.com/embed/1Vnghdsjmd0

Dibintangi oleh Florence Pugh, film ini kisahkan seorang wanita, Dani, yang menderita kesedihan karena kehilangan ayahnya, kemudian melakukan perjalanan backpacking ke Swedia dengan pacar dan teman-temannya. Setelah tiba, mereka memulai tur pedesaan di kampung halaman seorang teman untuk mengikuti festival pertengahan musim panas.

Meski indah, perlahan festival itu berubah mengerikan, yang diisi oleh ritual aneh dan kekerasan mematikan. Berbeda dengan horor lainnya, Midsommar dianggap sebagai film horor psikologis terbaik.

5. Jacob's Ladder

https://www.youtube.com/embed/rJztRnDxdM8

Setelah pulang dari Perang Vietnam, seorang veteran Jacob Singer (Tim Robbins) harus berjuang untuk mempertahankan kewarasannya. Terganggu oleh halusinasi dan masa lalunya, realitas Singer berubah jadi berantakan ketika orang-orang di sekitarnya berubah jadi sosok yang membuatnya ketakutan.

Pacarnya, Jezzie (Elizabeth Peña), dan mantan istrinya, Sarah (Patricia Kalember), mencoba membantu, tetapi tidak berhasil, dan Singer harus terjatuh pada kegilaan yang mengerikan.

Jika kamu merasa sebagai pemberani, deretan film horor psikologis di atas harus coba kamu tonton. Kisah seram yang mereka sajikan akan memberikan pengalaman baru dalam menonton yang lebih intens. Teror-teror dalam film tersebut dijamin bikin nyalimu ciut. Masih berani nonton?

Baca Juga: 7 Film Horor Slow-Burning Terbaik yang akan Menghantuimu di Malam Hari

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya