Comscore Tracker

5 Film Neo-Noir dengan Rating Tertinggi di IMDB, Seru Abis!

Plot ceritanya penuh ketegangan #IDNTimesHype

Film noir adalah genre yang sering digunakan dalam kaitannya dengan drama kriminal tahun 40-an, 50-an, dan 60-an, yang diwarnai dengan sinisme dan kelicikan tertentu tentang sudut-sudut gelap jiwa manusia. Namun belakangan ini muncul kebangkitan genre dalam bentuk neo-noir, atau film noir modern.

Film-film ini menggabungkan teknik sinematik dari film-film lama dan mengemasnya kembali menjadi film-film kontemporer yang lebih menarik dan modern. Dari sekian banyak, berikut ini adalah lima yang terbaik.

1. Mulholland Drive (2001) - 7.9  

https://www.youtube.com/embed/jbZJ487oJlY

Ini merupakan film surealis karya sutradara David Lynch dan dibintangi oleh Naomi Watts, berperan sebagai aktris Hollywood bercita-cita tinggi yang terpikat ke dalam misteri kelam ketika dia mengalami amnesia segera setelah tiba di apartemen bibinya. 

Seperti kebanyakan karya Lynch, Mulholland Drive memiliki plot yang kompleks dan misterius hingga akhir. Lewat cerita yang disajikan, kita akan bertanya-tanya apakah apa yang sedang terjadi itu merupakan realitas sebenarnya ataukah hanya halusinasi.

2. No Country For Old Men (2007) - 8.1  

https://www.youtube.com/embed/1BFDdxMk-JQ

Film ini merupakan karya Coen Brothers yang mengisahkan kekerasan dan kekacauan yang terjadi setelah seorang pemburu menemukan uang lebih dari dua juta dolar di sebuah padang pasir gersang. Hal yang tak ia ketahui adalah uang itu milik kriminal sadis, yang rela melakukan apapun untuk mendapatkannya kembali.

Bahkan seorang psikopat diutus untuk memburu penemua uang tersebut. Film ini dipenuhi dengan adegan penuh darah tanpa sisi moral kemanusiaan. Film ini sendiri dibintangi oleh Josh Brolin, Tommy Lee Jones dan Javier Bardem, serta sukses meraih empat Piala Oscar.

3. Heat (1995) - 8,2  

https://www.youtube.com/embed/0xbBLJ1WGwQ

Film ini mengisahkan perampok kawakan Neil (Robert De Niro) dan kru kriminal profesionalnya berburu untuk mendapatkan target uang besar sebagai aksi terakhirnya. Namun aksi itu terendus oleh Letnan Vincent Hanna (Al Pacino) dan tim polisinya di divisi polisi Perampokan / Pembunuhan. 

Yang membuat film ini lebih menarik adalah tidak hanya aksi perburuan dan perampokannya saja, melainkan jalan hidup kedua karakter utama. Neil, sosok keras yang kemudian membuka hatinya kepada seorang perempuan, dan Vincent, sosok keras dan berdedikasi yang kehilangan keluarganya karena terlalu terikat dengan pekerjaannya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Coming-of-Age, Pas Ditonton Awal Tahun Ini!

4. Nightcrawler (2014) - 7.9  

https://www.youtube.com/embed/X8kYDQan8bw

Film ini merupakan karya Dan Gilroy yang menjadi Sutradara sekaligus penulis naskahnya. Dibintangi Jake Gyllenhaal sebagai Louis Bloom yang misterius dan berbahaya. Dia menjelajahi dunia bawah tanah Los Angeles dengan mendokumentasikan TKP kecelakaan dan kriminal sebagai jurnalis lepas.

Namun dia segera menjadi terlalu terobsesi untuk mendapatkan bidikan yang sempurna, bahkan sampai harus memanipulasi TKP dengan caranya sendiri. Nightcrawler secara konsisten memberikan ketegangan dan intens dari awal. Ini adalah sebuah film mengerikan dengan sosok aneh dan jahat sebagai karakter utamanya.

5. Memento (2001)- 8.4  

https://www.youtube.com/embed/4CV41hoyS8A

Film karya Sutradara Christopher Nolan ini mengisahkan seorang pria dengan kehilangan ingatan jangka pendek yang bertekad untuk membalaskan dendamnya kepada para pembunuh istrinya. Seperti kebanyakan karya Nolan, film ini memiliki plot sangat cerdas dan dibuat dengan cermat.

Ini adalah sebuah film yang sangat dark, dimana dendam dan nyawa adalah fokus utamanya. Film ini dibintangi oleh  Guy Pearce, Carrie-Anne Moss dan Joe Pantoliano.

Itulah lima film terbaik neo-noir yang kudu masuk dalam list nontonmu. Dibalut dengan kisah kriminal tak biasa dengan gaya modern, serta dibintangi aktor-aktor top, dijamin gak bakalan nyesel.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film yang Wajib Ditonton jika Kamu Suka Film Soul

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya