Comscore Tracker

5 Film Thriller '90-an Paling Seru yang Diadaptasi dari Novel Populer

Hadirkan aktor-aktor papan atas #IDNTimesHype

Cerita berdasarkan novel selalu menjadi salah satu inspirasi terfavorit untuk diangkat ke layar lebar. Mengadaptasi novel terlaris hampir selalu memberikan jaminan kesuksesan karena ceritanya sudah terbukti sukses dengan audiens. Belum lagi jika pembaca menyukai novelnya, mereka pun akan menonton filmnya.

Tahun 1990-an menghasilkan banyak film hebat berdasarkan novel populer, khususnya genre thriller. Ini tentunya menjadi pekerjaan yang sulit bagi sutradara untuk memberikan sentuhan berbeda lewat layar film. Namun, 5 film berikut ini terbukti berhasil dan wajib masuk dalam daftar nontonmu.

1. The Firm (1993)

https://www.youtube.com/embed/FX3AXA3icR0

Pada 1990-an, John Grisham adalah rajanya penulis karena banyaknya film yang dirilis berdasarkan buku-buku populernya, seperti The Pelican Brief, A Time To Kill, serta yang paling populer adalah The Firm yang dibintangi Tom Cruise.

Menceritakan seorang pengacara muda yang bergabung dengan firma hukum yang korup. Ia harus memilih antara hidupnya atau menyerahkan dirinya ke dunia hitam peradilan.

2. The Talented Mr. Ripley (1999)

https://www.youtube.com/embed/h4e-Si4oGEw

Berdasarkan novel klasik Patricia Highsmith, The Talented Mr. Ripley dibintangi oleh Matt Damon sebagai Tom Ripley. Ia seorang pembohong dan peniru yang menempelkan dirinya pada seorang wanita cantik dan pacarnya yang kaya yang hidupnya dia inginkan untuk dirinya sendiri.

Film ini sukses mendapatkan kritik yang baik dan mendapat untung secara komersial. Film ini juga menerima lima nominasi Oscar, termasuk untuk skenario dan aktor pendukung terbaik untuk Jude Law.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film Thriller Terbaik Indonesia, Bikin Senam Jantung!

3. A Simple Plan (1998)

https://www.youtube.com/embed/_TXB2qTJMRE

Berdasarkan novel karya Scott B. Smith, A Simple Plan disutradarai oleh Sam Raimi dan dibintangi oleh Bill Paxton, Bridget Fonda, dan Billy Bob Thornton. Mengisahkan tiga orang teman yang menemukan pesawat jatuh berisi uang tunai di hutan Minnesota.

Mereka memutuskan untuk menyimpan uang yang mereka temukan tersebut. Namun, keputusan tersebut pada akhirnya menyebabkan hidup mereka terancam dengan cara yang mengerikan dan tragis.

4. Disclosure (1994)  

https://www.youtube.com/embed/nErzBVu3ldM

Setelah kesuksesan besar Jurassic Park, Hollywood menggali karya lain penulis Michael Crichton, yakni Disclosure. Film ini dibintangi oleh Michael Douglas sebagai karyawan perusahaan teknologi bernama Tom Sanders yang menuduh bos barunya (Demi Moore) melakukan pelecehan seksual.

Di balik tuduhan tersebut, sang bos sendiri adalah mantan kekasih dari Tom. Dia pun merasakan posisi barunya ikut terancam.

5. Single White Female (1992)  

https://www.youtube.com/embed/ROg4MoaAXvY

Berdasarkan buku SWF Seeks Same karya John Lutz, sutradara Barbet Schroeder mengarahkan sebuah cerita mendebarkan bergenre thriller. Film ini mengisahkan seorang wanita yang menyewakan kamar untuk teman barunya.

Sesuatu yang sangat aneh terjadi saat teman barunya tersebut mulai meniru segala sesuatu tentangnya, dari pakaiannya hingga gaya rambutnya. Ia pun mulai menunjukkan perilaku yang berbahaya dan misterius.

 

Kesuksesan sebuah novel terkadang tidak menular ketika kisahnya diangkat ke dalam adaptasi film. Namun, 5 film thriller di atas memberikan sentuhan yang lain. Plot cerita yang digambarkan memberikan imajinasi sesuai dengan apa yang ada di  novel, bahkan melebihi ekspektasi. Jika kamu pencinta genre thriller, deretan film di atas gak boleh kamu lewatkan!

Baca Juga: 7 Film Thriller Psikologis 'Underrated' yang Seru untuk Ditonton

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya