Comscore Tracker

7 Film Peraih Oscar yang Wajib Kamu Tonton, Penuh Makna!

Sudah nonton semua? Rugi kalau belum!

Piala Oscar merupakan penghargaan tahunan paling prestisius bagi insan perfilman dunia. Dari sekian banyak kategori, Best Picture alias film terbaik tentunya menjadi penghargaan yang paling dinanti oleh pecinta film dunia.

Pemenang tentunya merupakan film paling berkualitas yang mampu mengalahkan film-film terbaik lainnya. Nah, kamu sudah tahu belum film apa saja yang pernah menjadi pemenang Oscar? 

Berikut ini adalah 7 film pemenang Oscar paling seru yang wajib kamu tonton.

1. The Artist

https://www.youtube.com/embed/YB9Oq0hn5KY

Meraih lima Piala Oscar 2012, termasuk film terbaik dan aktor terbaik lewat Jean Dujardin, The Artist merupakan salah satu paling unik. Kenapa? Karena film ini berlatar era film bisu dan hitum putih yang menceritakan kehidupan seorang aktor terkenal saat itu George Valentin (Jean Dujardin) di dunia perfilman.

Premisnya sendiri berkisar tentang roda kehidupan seseorang yang berkecimpung di dunia hiburan yang selalu dinamis, di mana terkadang mereka berada di atas dan tiba-tiba bisa jatuh seketika hingga terpuruk.

2. The Shape of Water

https://www.youtube.com/embed/XFYWazblaUA

Bergenre fiction-romance, film ini bercerita tentang seorang wanita bisu bernama Elisa (Sally Hawkins) yang berteman dengan makhluk misterius di sebuah bangunan rahasia Amerika yang berlatar tahun 1962. Seiring waktu keduanya bisa saling berkomunikasi lewat bahasa isyarat dan menjalin sebuah kedekatan, hingga Elisa membantunya melarikan diri dari lab saat makhluk itu akan dibedah demi penelitian.

Disutradari Guillermo del Toro, film ini meraih empat penghargaan Oscar pada tahun 2018, diantaranya film terbaik dan sutradara terbaik.

3. No Country For Old Men

https://www.youtube.com/embed/38A__WT3-o0

Bergenre crime, film ini berkisah tentang seorang pemburu bernama Llewelyn Moss (Josh Brolin) yang terjebak dalam sebuah tindakan kriminal besar. Ia mengambil uang haram transaksi narkoba usai terjadi kekacauan antara para pengedar yang saling membunuh. Akibat ulahnya itu, ia kemudian menjadi buruan para petinggi drug dealer yang inginkan uangnya kembali. Dihiasi aksi-aksi kekerasan yang menegangkan, film ini layak banget untuk masuk daftar tontonanmu.

Film yang meraih empat Piala Oscar ini memiliki rating IMDB 8,1.

Baca Juga: 8 Film Karya Terrence Malick yang Penuh Filosofis dan Mengaduk Emosi 

4. Spotlight

https://www.youtube.com/embed/EwdCIpbTN5g

Pada tahun 2002, Amerika Serikat dikejutkan dengan sebuah headline berita tentang adanya kasus pelecehan seksual anak oleh para pastor gereja. Kisah nyata itulah yang menjadi latar film yang dibintangi oleh Mark Rufallo, Michael Keaton dan Rachel McAdams.

Film ini berfokus pada sebuah tim bernama Spotlight yang dibentuk oleh The Boston Globe untuk mengungkap kasus yang menggemparkan ini. Diwarnai berbagai drama yang menarik, film ini menyajikan kita bagaimana sebuah investigasi oleh para jurnalis yang berdedikasi berlangsung.

Memiliki rating IMDB 8,1 film ini sendiri sukses meraih dua penghargaan Oscar pada tahun 2016.

5. Birdman or (The Unexpected Virtue of Ignorance)

https://www.youtube.com/embed/uJfLoE6hanc

Riggan Thomson (Michael Keaton) adalah seorang aktor terkenal berkat karakter ikonik yang pernah ia perankan dalam film superhero bernama Birdman, dua dekade sebelumnya. Saking melekatnya sosok Birdman, hal tersebut melekat dalam kehidupan nyatanya hingga membuat Riggan hancur.

Memasuki usia paruh baya dengan hidup yang berantakan, ia mencoba bangkit dengan menulis, menyutradarai dan membintangi sebuah drama untuk Broadway. Ia bahkan mengorbankan reputasi dan finansialnya agar proyeknya ini bisa sukses. Apakah dia berhasil? Tonton langsung aja deh buat kamu yang belum pernah melihatnya.

6. The King's Speech

https://www.youtube.com/embed/EcxBrTvLbBM

Film ini merupakan salah satu film biopik terbaik dengan meraih 4 Piala Oscar pada tahun 2011. Berkisah tentang pangeran Albert yang naik takhta sebagai raja George VI, tetapi ia memiliki kesulitan berbicara.

Mengetahui bahwa negara membutuhkan suaminya untuk dapat berkomunikasi secara efektif, ratu Elizabeth mempekerjakan Lionel Logue, seorang aktor dan terapis bicara Australia, untuk membantunya mengatasi gagap sang raja. Persahabatan yang luar biasa kemudian berkembang di antara kedua pria itu, karena Logue menggunakan cara yang tidak konvensional untuk mengajari sang raja cara berbicara dengan percaya diri.

7. Million Dollar Baby

https://www.youtube.com/embed/YIfeJu4ITt4

Ingin belajar dari petinju terbaik, Maggie Fitzgerald ingin Frankie Dunn untuk melatihnya. Pada awalnya ia dengan tegas menolak mengatakan bahwa ia tidak tertarik untuk melatih seorang gadis.

Frankie sendiri merupakan sosok yang kesepian dan terasing dari putri satu-satunya serta hanya memiliki sedikit teman. Di sisi lain, Maggie adalah seorang gadis yang kukuh ingin mengejar impiannya untuk menjadi petinju terbaik.

Keduanya pun kemudian berteman dan saling mengisi kekosongan dalam hidup masing-masing layaknya anak dan ayah. Dibintangi aktor-aktor top seperti Clint Eastwood, Hillary Swank dan Morgan Freeman, film ini meraih empat penghargaan bergengsi Piala Oscar, diantaranya film terbaik, aktor utama terbaik, aktris utama terbaik dan sutradara terbaik.

Itulah tujuh film terbaik yang sukses meraih Piala Oscar dan wajib banget kamu tonton.

Baca Juga: 11 Film Pendek Buatan Disney yang Sayang Banget Kalau Dilewatkan Begitu Saja

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You