Comscore Tracker

KDrama 101: 6 Tipe Penonton Drama Korea, Kamu yang Mana? 

Banyak penonton maraton, nih kayaknya 

Drama Korea sekarang semakin banyak digandrungi orang. Diiringi dengan semakin banyak dan beragamnya drama, penonton pun jadi punya lebih banyak pilihan tontonan. Namun, kadang gak semuanya bisa tertonton dalam waktu bersamaan.

Oleh karenanya, setiap penonton pasti punya "strategi" tersendiri saat menonton drama-drama favoritnya. Kalau dipikir-pikir, penonton drama Korea pun punya tipikal khusus yang sangat unik. Seperti enam tipe di bawah ini, apakah kamu salah satunya?

1. Penonton ongoing

KDrama 101: 6 Tipe Penonton Drama Korea, Kamu yang Mana? dramabeans.com

Sudah jelas kalau “penonton ongoing” adalah mereka yang lebih suka menonton drama yang sedang tayang. Biasanya mereka gak cuma mengikuti dramanya, tapi juga hal hype lainnya terkait drama tersebut seperti tayangan behind the scenes yang biasanya tayang beberapa hari setelah episode terbaru, special interview dengan para pemainnya, meme-meme lucu, dan tentunya berita terkini seputar drama dan krunya. Gak heran kalau tipe penonton ongoing suka heboh sendiri setiap ada kabar drama terfavoritnya.

Tapi, karena nonton dan ngikutin hype drama yang tayang tersebut, saat dramanya tamat mereka sering susah move on karena udah merasa jatuh hati banget sama setiap karakter di drama. 

2. Penonton maraton

KDrama 101: 6 Tipe Penonton Drama Korea, Kamu yang Mana? dramabeans.com

Kalau penonton maraton ini biasanya anti banget nungguin dramanya tayang setiap minggu, rasanya capek katanya. Makanya, mereka memilih menunggu dramanya selesai dulu biar bisa langsung cuss nonton sekaligus tamat dalam beberapa hari. Namun, karena maraton, jadi mereka anti banget sama spoiler dan kadang enggak mengikuti konten-konten lain soal drama tersebut (BTS, wawancara, dan sebagainya).

Meski begitu, penonton maraton ini patut diacungi jempol karena bisa sabar nunggu minimal 8 minggu buat bisa menonton drama yang udah dinantikannya.

3. Penonton teori

KDrama 101: 6 Tipe Penonton Drama Korea, Kamu yang Mana? dramabeans.com

Biasanya mereka termasuk bagian dari penonton ongoing, tapi sangat fokus sama inti cerita drama. Khususnya drama dengan plot cerita yang penuh misteri, biasanya penonton teori cenderung “bermain puzzle” saat menonton. Mereka akan menarik benang merah dan menebak-nebak plot twist apa yang akan terjadi dalam drama tersebut.

Gak sembarangan juga, lho. Sebagian besar dari mereka bikin teori pun berdasarkan riset mendalam. Misalnya, ada seorang penonton teori yang bikin teori dari drama Reply 1988. Dia gak sekadar menebak kenapa Taek jadi suaminya Dukseon, tapi juga membuat teori berdasarkan cerita baduk yang selalu muncul di setiap scene Taek dan hal itu jadi petunjuk yang sangat jelas mengenai akhir dari kisah cinta segitiga antara Junghwan-Dukseon-Taek.

Baca Juga: Tipe Penonton Film Seperti Apa Kamu?

4. Penonton spoiler

KDrama 101: 6 Tipe Penonton Drama Korea, Kamu yang Mana? dramabeans.com

Penonton spoiler juga bagian dari penonton ongoing, tapi karena sangat bersemangat mengikuti dramanya, jadi mereka seringkali mengunggah potongan adegan yang paling memorable dalam satu episode. Seringnya, nih dilakukan sama admin fanbase drama Korea di media sosial.

Mungkin bagi sebagian besar orang, penonton spoiler ini nyebelin. Tapi buat penonton maraton, kehadiran penonton spoiler ini cukup membantu mereka buat menambah semangat untuk nonton drama. Kamu tim pendukung penonton spoiler atau bukan, nih?

5. Penonton halu

KDrama 101: 6 Tipe Penonton Drama Korea, Kamu yang Mana? dramabeans.com

Sudah jelas dan pasti, gak sedikit penonton drama yang selalu punya imajinasi indah tentang kehidupannya. Penonton halu ini adalah mereka yang suka berandai-andai tentang para pemeran drama yang ditontonnya. Pengandaian itu bisa macem-macem: entah berandai punya kisah cinta seperti pemeran di drama, berandai biar pemeran di drama bisa berlayar beneran di dunia nyata, hingga berandai bisa ketemu para pemeran drama tersebut.

Gak sedikit dari mereka yang suka gemas sendiri sama pasangan drama yang ditonton. Makanya, mereka pasti pengin banget biar pasangan favoritnya tersebut jadian beneran. Yang udah kejadian dan bikin heboh seantero pencinta KDrama adalah kabar jadiannya Ryu Jun Yeol dan Lee Hyeri usai drama Reply 1988. Tim Jungpal bahagia!

6. Penonton nyicil

KDrama 101: 6 Tipe Penonton Drama Korea, Kamu yang Mana? dramabeans.com

Penonton nyicil ini karakternya agak mirip sama penonton maraton, tapi mereka gak seketat itu dalam menonton drama. Biasanya, penonton nyicil ini orangnya sibuk parah, tapi punya banyak drama yang ingin ditontonnya. Akhirnya, mereka menonton drama-drama tersebut sesempatnya. Biasanya gak terfokus pada satu judul aja. Jadi, misalnya hari ini bisa aja nonton tiga macam drama, masing-masing satu episode. Lalu besoknya menonton drama yang beda lagi.

Ternyata banyak ya tipe-tipe penonton drama Korea yang bisa diidentifikasi. Kalau kamu cenderung tipe penonton yang mana, nih?

Baca Juga: Ngaku Aja! Kamu Pasti Termasuk Salah Satu Dari 14 Tipe Penonton Ini

gendhis arr Photo Verified Writer gendhis arr

Storyteller

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya