Comscore Tracker

5 Perbedaan Spider-Man Era Tobey, Andrew Garfield, dan Tom Holland

Kamu suka Spider-Man versi siapa? #IDNTimesHype

Trailer terbaru Spider-Man: No Way Home menampilkan tokoh-tokoh antagonis dari film-film Spider-Man sebelumnya. Kondisi ini membuat banyak yang penasaran, apa perbedaan dari ketiga Spider-Man versi Tobey Maguire, Andrew Garfield, dan Tom Holland?

Ternyata, selain kostumnya, karakteristik mereka sebagai Peter Parker aja sudah berbeda jauh, lho. Daripada semakin penasaran, langsung saja lihat daftar perbandingan perbedaan Spider-Man dari tiga era itu berikut.

1. Sosok Spider-Man alias Peter Parker

5 Perbedaan Spider-Man Era Tobey, Andrew Garfield, dan Tom HollandSpider-Man (dok. Marvel)

Apakah kamu merasa ada perbedaan pada sosok Spider-Man antara Tobey Maguire, Andrew Garfield, dan Tom Holland? Berikut penjelasannya.

  • Tobey Maguire: Spider-Man/Peter Parker diceritakan sebagai sosok yang serius dan miskin. Peter Parker versi ini digambarkan paling dewasa di antara dua versi lainnya karena sudah lulus kuliah dan bekerja. Tobey juga membawa Peter Parker sebagai sosok yang melankolis dengan hidupnya berat dan raut wajahnya murung.

  • Andrew Garfield: Spider-Man lebih digambarkan sebagai sosok yang lebih muda yaitu masih SMA. Peter Parker juga digambarkan menjadi sosok yang penuh jenaka dan nerdy. Sosoknya juga terlihat "rebel", penuh penasaran terhadap masa lalunya.

  • Tom Holland: Spider-Man versinya menjadi sosok yang paling muda. Peter
    Parker di sini juga digambarkan sebagai sosok yang dikelilingi teman-teman suportif, sementara di dua versi sebelumnya justru terdapat plot balas dendam sahabat. Peter Parker di sini ditampilkan seperti remaja nekat yang naif.

2. Cara Peter Parker mendapatkan kekuatannya

5 Perbedaan Spider-Man Era Tobey, Andrew Garfield, dan Tom HollandPemeran Spiderman Tobey Maguire (dok. Sony Pictures)

Kisah di balik cara Peter parker mendapat kekuatannya saja berbeda. Berikut penjelasannya.

  • Tobey Maguire: Peter Parker sedang karya wisata ke laboratorium penelitian laba-laba. Ia digigit saat sedang mengambil foto Mary Jane. Setelah itu, Peter Parker bisa mengeluarkan jaring laba-laba dari tangan.

  • Andre Garfield: Peter Parker yang sedang berada di kantor Osborn masuk ke dalam ruangan penelitian laba-laba. Tiba-tiba ia digigit saat laba-laba jatuh ke tubuhnya. Perlu alat bantuan untuk mengeluarkan jaring.

  • Tom Holland: tidak ditampilkan adegan khusus saat sosok Peter Parker mendapat kekuatannya. Namun, ia mendapat bantuan teknologi dari Tony Stark, termasuk semprotan jaring laba-laba.

Baca Juga: 10 Potret Multiverse Spider-Man Ini Lucu Banget, Bisa Bikin Ngakak

3. Sosok Bibi May yang semakin muda

5 Perbedaan Spider-Man Era Tobey, Andrew Garfield, dan Tom HollandMarisa Tomei sebagai Aunt May/(dok. Marvel Studio)

Kalau tadi sudah membahas Peter Parker yang setiap versi semakin muda, sama hal dengan sosok Bibi May. Tidak ada informasi pasti terkait umur Bibi May tetapi usia pemeran menggambarkan hal itu.

  • Tobey Maguire: Rosemary Harris berusia 75 tahun saat menjadi Bibi May. Bibi May digambarkan sebagai bibi tua Peter. Peran Bibi May cenderung sebagai sosok bijak yang menasehati Peter.

  • Andrew Garfield: Sally Field berumur 65 tahun saat perankan Bibi May. Bibi May diceritakan masih aktif bekerja untuk mendukung Peter menempuh pendidikan. Perempuan ini menjadi pengingat konflik Peter atas kematian Paman Ben dan kehilangan orang tua kandungnya.

  • Tom Holland: Marisa Tomei berusia 52 tahun saat menjadi Bibi May. Peran Bibi May dibuat lebih ringan, ceria, dan enerjik. Sosok Paman Ben sudah tidak diceritakan sehingga observasi tokoh Bibi May bisa lebih luas.

4. Pendamping Spider-Man

5 Perbedaan Spider-Man Era Tobey, Andrew Garfield, dan Tom HollandFoto Spider-Man dan Gwen Stacy (dok. Sonny Pictures)

Sosok yang mendampingi Peter Parker juga berubah. Perubahannya apa saja? Berikut penjelasannya.

  • Tobey Maguire: Peter Parker diceritakan dekat dengan Mary Jane (Kirsten Dunst). Cewek ini menjadi sosok setia yang mendampingi Peter. Bahkan, tetap setia saat Peter berubah karena Venom. Hanya di versi ini hubungan Peter dan pacarnya sampai tahap tunangan.

  • Andrew Garfield: Peter Parker pacaran dengan Gwen Stacy (Emma Stone). Gadis ini diceritakan sebagai sosok pintar dan setipe dengan Peter. Gwen juga penurut karena ayahnya polisi.

  • Tom Holland: Michelle Jones atau MJ (Zendaya) digambarkan sebagai remaja. Teman sekelas Peter ini punya karakteristik unik, penyendiri, dan sarkastik. Hal ini untuk menutupi sifat labilnya di usia muda.

5. Musuh Spider-Man

5 Perbedaan Spider-Man Era Tobey, Andrew Garfield, dan Tom HollandFoto Spider-Man dan musuhnya (dok. Sony Pictures)

Keberadaan musuh Spider-Man juga memegang peran penting untuk perkembangan sosok Peter Parker.

  • Tobey Maguire: Musuh yang harus dilawan berorientasi musuh lokal dari kota New York. Model musuhnya mirip dengan versi Andrew Garfield karena banyak dipicu faktor kenalan, seperti Goblin dan Mr. Octopus.

  • Andrew Garfield: Peter Parker berurusan dengan musuh yang tidak jauh-jauh dari kantor Osborn. Posisi kantor Osborn menjadi penting untuk Peter bertemu musuh-musuh ini.

  • Tom Holland: Peter memiliki musuh yang lebih beragam. Bahkan ada alien seperti Thanos karena ia tergabung dalam Marvel Cinematic Universe untuk Avengers: Infinity War dan End Game. Peter juga lebih dilibatkan bertarung dalam skala global bersama Tony Stark.

Perbedaan versi ini menjadi semakin seru setelah trailer Spider-Man: No Way Home muncul. Menurut kamu, apakah ketiga versi Spider-Man ini akan bertemu dan bertarung bersama?

Baca Juga: Trailer Spider-Man: No Way Home, Tak Ada Tobey dan Andrew Garfield

Topic:

  • Triadanti

Berita Terkini Lainnya