Comscore Tracker

5 Kecelakaan Kerja saat Syuting Film Hollywood, Ada yang Meninggal

Terbaru Alec Baldwin yang tak sengaja tembak sinematografer

Alec Baldwin belum lama ini terlibat dalam sebuah musibah saat syuting film terbarunya, Rust. Saat proses syuting, senjata api properti yang digunakan Alec berisi muatan peluru. Kemudian, senjata api ini mengenai sinematografer film tersebut, Halyna Hutchin, hingga menyebabkannya meninggal dunia.

Kejadian mencekam ini tidak baru sekali terjadi, setidaknya pada periode 2000-an sudah ada beberapa film Hollywood yang mengalami kecelakaan kerja saat proses syuting. Berikut kisah di balik kecelakaan pada proses syuting film Hollywood.

1. Deadpool 2 (2018)

5 Kecelakaan Kerja saat Syuting Film Hollywood, Ada yang Meninggalcuplikan Deadpool (instagram.com/deadpoolmovie)

Pemain pengganti, Joi "S.J." Harris meninggal saat proses syuting film Deadpool 2 pada 2017. Hal ini terjadi saat Harris kehilangan kendali dari motor saat memerankan adegan akrobatik untuk film ini. Harris menabrak jendela sebuah gedung. Kejadian ini kemudian membuat wilayah British Columbia, Kanada  membuat peraturan standar syuting di daerah tersebut.

2. Resident Evil: The Final Chapter (2016)

Olivia Jackson hampir meninggal saat menjadi stuntwoman di film ini. Kecelakaan tersebut membuat Olivia kehilangan tangan kiri. Ia pun mengirimkan gugatan kepada sutradara, Paul W.S. Anderson, dan produser, Jeremy Bolt. Olivia menggugat film ini karena menguatkan bagian finansial daripada faktor keamanan produksi. Gugatan ini akhirnya berhasil dimenangkan oleh Olivia pada 2020. 

3. Star Wars: The Force Awakens (2015)

5 Kecelakaan Kerja saat Syuting Film Hollywood, Ada yang Meninggalcuplikan Harrison Ford dan Peter Mayhew di Star Wars: Episode VII (dok. Lucasfilm/The Force Awakens)

Harrison Ford dioperasi setelah mengalami kecelakaan saat proses syuting film Star Wars pada 2014. Kecelakaan ini disebabkan oleh rusaknya pintu hidrolik metal besar yang menimpa tangan Harrison. Tidak bisa dihindari, kaki Harrison patah dan memerlukan penanganan intensif di rumah sakit. Saat itu, proses syuting terpaksa dihentikan sementara sampai menunggu kondisi Harrison membaik.

Baca Juga: 5 Kronologi Alec Baldwin Tembak Kru Film, Satu Orang Meninggal

4. The Expendables 2 (2012)

5 Kecelakaan Kerja saat Syuting Film Hollywood, Ada yang Meninggalcuplikan Dolph Lundgren, Terry Crews, dan Randy Couture di The Expendables 2 (dok. Lionsgate/The Expendables 2)

Proses syuting film ini membutuhkan ledakan besar. Namun, ledakan tersebut berujung menjadi duka, karena membunuh salah satu anggota kru produksi film tersebut. Ledakan terjadi saat film sedang syuting di Bulgaria dan membuat banyak pihak lainnya luka-luka. 

5. The Dark Knight (2008)

5 Kecelakaan Kerja saat Syuting Film Hollywood, Ada yang Meninggalcuplikan The Dark Knight (dok. Warner Bros./The Dark Knight)

Teknisi efek spesial, Conway Wickliffe meninggal saat proses syuting The Dark Knight sedang berlangsung. Conway dikabarkan meninggal saat menabrak pohon sembari mengendarai mobil saat aksi uji coba kendaraan tersebut di dalam film ini. Kematian ini juga dipicu oleh salah satu efek spesial yang ada di dalam mobil tersebut.

Beberapa kisah menegangkan terkait kecelakaan saat proses syuting film Hollywood memang sangat disayangkan, namun tak bisa dihindari. Kejadian ini terjadi bisa karena kesalahan manusia atau faktor eksternal. Namun, harapannya akan ada regulasi yang bisa membuat proses syuting semakin aman bagi seluruh pihak.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Film dan Serial Bertema Kuliner yang Bikin Ngiler

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya