Comscore Tracker

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho 

Bahkan sempat memerankan Presiden AS, nih 

Nama Johnny Depp seringkali seliweran di kredit-kredit film populer dan sudah dipastikan bahwa tidak ada yang tidak mengenal namanya. Beberapa mungkin menjadikan Johnny Depp sebagai aktor favorit mereka karena kemampuan akting yang tidak diragukan lagi.

Dalam beberapa filmnya, Johnny Depp kerap memerankan karakter-karakter yang nyentrik seperti karakter Jack Sparrow dalam film Pirates of the Caribbean, Tonto dalam film The Lone Ranger dan karakter-karakter nyentrik lainnya. Namun, tidak jarang juga Johnny Depp memerankan karakter berdasarkan tokoh nyata.

Ulasan di bawah ini akan membahas mengenai Johnny Depp yang memerankan sebelas tokoh nyata di dalam filmnya. Penasaran? Mari kita simak bersama!

1. Ed Wood 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Johnny Depp memerankan karakter Ed Wood dalam film biopik Tim Burton yang berjudul Ed Wood yang rilis pada tahun 1994. Ed Wood adalah seorang aktor, penulis, dan sutradara asal Amerika yang membuat film fiksi ilmiah, kriminal, dan horror pada tahun 1950-an.

Kemudian pada 1960-an dan 1970-an, Ed Wood mulai membuat film seksploitasi dan film porno dan juga menulis hampir 80 novel kriminal, horror, dan seks. Ed Wood bahkan mendapatkan penghargaan Sutradara Terburuk Sepanjang Waktu pada tahun 1980 dalam ajang Golden Turkey Award.

Johnny Depp menerima tawaran untuk memerankan Ed Wood setidaknya 10 menit setelah dia mendengar tentang proyek tersebut. Dengan menerima tawaran tersebut, Johnny Depp menyatakan bahwa dia mendapatkan kesempatan untuk bersantai dan bersenang-senang setelah sebelumnya dia merasa tertekan dengan film maupun pembuatan film. Untuk berperan sebagai Ed Wood, Johnny Depp mempelajari akting aktor Jack Haley, Mickey Rooney, Casey Kasem, dan bahkan dari pidato politisi Ronald Reagan.

Berkat perannya sebagai Ed Wood, Johnny Depp memenangkan piala untuk kategori Actor of the Year dalam ajang London Film Critics’ Circle pada tahun 1996. Di tahun sebelumnya, Johnny Depp masuk ke dalam nominasi Aktor Terbaik – Komedi atau Musikal dalam ajang bergengsi Golden Globes.

2. Joseph D. Pistone atau Donnie Brasco 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Film drama kriminal arahan Mike Newell berjudul Donnie Brasco yang rilis pada tahun 1997 ini menggaet Johnny Depp untuk berperan sebagai Joseph D. Pistone atau yang dikenal dengan nama samarannya Donnie Brasco. Joseph D. Pistone adalah mantan agen FBI yang dikenal dengan Donnie Brasco saat dirinya menyamar untuk mengungkap kasus keluarga mafia di New York City seperti keluarga Bonanno.

Joseph D. Pistone menjadi agen FBI selama 17 tahun yaitu sejak 1969 hingga 1986. Bukti-bukti yang dikumpulkan oleh Joseph D. Pistone mengarahkan kepada lebih dari 200 dakwaan dan lebih dari 100 vonis para anggota mafia.

Untuk lebih menghayati perannya, Johnny Depp menghabiskan waktu bersama Joseph D. Pistone yang asli. Penampilannya sebagai Joseph D. Pistone dinilai sebagai salah satu penampilan akting terbaik Johnny Depp.

Sebelumnya, peran Joseph D. Pistone terlebih dahulu ditawarkan kepada Tom Cruise, namun saat penundaan produksi dan sutradaranya diganti, maka peran Joseph D. Pistone pun diberikan kepada Johnny Depp.

3. George Jung 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Dalam film kriminal biopik arahan Ted Demme berjudul Blow yang rilis pada tahun 2001, Johnny Depp berperan sebagai George Jung.

George Jung adalah mantan penyelundup narkoba yang menghebohkan Amerika Serikat pada saat dirinya melakukan perdagangan kokaine pada tahun 1970an dan awal 1980an. George Jung tergabung dalam Kartel Medellin yang bertanggung jawab lebih dari 85 persen penyelundupan kokain ke Amerika.

Baca Juga: 5 Film dari Aktor Nyentrik, Johnny Depp dengan Rating Tinggi di IMDb

4. Frederick Abberline 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Johnny Depp berperan sebagai Frederick Abberline dalam film thriller arahan Hughes bersaudara berjudul From Hell yang rilis pada tahun 2001. Frederick Abberline adalah seorang polisi di Kepolisian Metropolitan London yang menjadi figur penting dalam investigasi serangkaian pembunuhan yang dilakukan oleh pembunuh berantai Jack the Ripper.

Beberapa kritikus memuji penampilan Johnny Depp yang baik sebagai Frederick Abberline. Berkat penampilannya memerankan polisi di tahun 1888, Johnny Depp masuk ke dalam nominasi Aktor Terbaik dalam ajang Saturn Awards.

5. J. M. Barrie 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Johnny Depp berperan sebagai J. M. Barrie dalam film drama historis arahan Marc Forster berjudul Finding Neverland yang rilis pada 2004. J. M. Barrie adalah novelis asal Skotlandia yang terkenal melalui karya fenomenalnya yaitu Peter Pan.

Berkat penampilannya sebagai pencipta Peter Pan ini, Johnny Depp berhasil masuk ke dalam nominasi Aktor Terbaik dalam ajang British Academy FIlm Awards, Broadcast Film Critics Association Awards, Golden Globe Awards, London Film Critics Circle Awards, Screen Actors Guild Awards, dan salah satu ajang perfilman bergengsi yaitu Academy Awards.

6. John Wilmot  

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Johnny Depp memerankan John Wilmot dalam film drama arahan Laurence Dunmore berjudul The Libertine yang rilis pada tahun 2004. John Wilmot adalah seorang penyair libertine ternama di istana Raja Charles II dari Inggris.

Meskipun filmnya menerima ulasan beragam, penampilan Johnny Depp sebagai John Wilmot mendapatkan pujian dari beberapa kritikus yang menyatakan bahwa Johnny Depp sangat berani saat memilih peran ini. Johnny Depp masuk ke dalam nominasi Penampilan Terbaik oleh Aktor dalam ajang British Independent Film.

7. John Dillinger  

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Johnny Depp berperan sebagai John Dillinger dalam film kriminal biopik arahan Michael Mann berjudul Public Enemies yang rilis pada 2009. John Dillinger adalah gangster Amerika pada era Great Depression di Amerika Serikat. Dia beroperasi dengan sekelompok pria yang diketahui sebagai “Geng Dillinger” atau “Geng Teror” yang dituduh mencuri 24 bank.

Pada saat awal produksi film ini, Leonardo DiCaprio sempat tertarik dalam memerankan John Dillinger namun akhirnya tim produksi memilih Johnny Depp. Kebanyakan kritikus yang mengulas film Public Enemies memuji penampilan individu dari Johnny Depp sebagai John Dillinger. Berkat penampilannya sebagai John Dillinger, Johnny Depp masuk ke dalam nominasi Choice Summer Movie Star: Male dalam ajang Teen Choice Awards.

8. James 'Whitey' Bulger 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

James 'Whitey' Bulger merupakan satu lagi karakter yang diperankan oleh Johnny Depp dalam film kriminal biopik, kali ini diarahkan oleh Scott Cooper, yang berjudul Black Mass yang rilis pada tahun 2015. James 'Whitey' Bulger adalah bos kejahatan terorganisasi dan juga informan FBI yang memimpin Geng Winter Hill di Boston. Film ini sendiri hanya berputar pada tahun-tahun saat James 'Whitey' Bulger menjadi informan FBI.

Johnny Depp yang awalnya sudah menerima tawaran untuk berperan sebagai James 'Whitey' Bulger kemudian memutuskan untuk mundur dari produksi namun akhirnya bergabung kembali saat sutradaranya diganti menjadi Scott Cooper.

Untuk mempersiapkan dirinya dalam memerankan James 'Whitey' Bulger, Johnny Depp mempelajari catatan audio polisi yang melibatkan Bulger. Johnny Depp bahkan berupaya untuk menemui James 'Whitey' Bulger yang asli, namun pertemuan tersebut ditolak dan akhirnya hanya memilih untuk berkonsultasi dengan pengacara Bulger.

Kebanyakan kritikus memuji penampilan Johnny Depp dan menyebutnya sebagai salah satu penampilan terbaiknya dan banyak orang mengira bahwa penampilannya sebagai James 'Whitey' Bulger akan membuatnya masuk ke dalam nominasi Aktor Terbaik di ajang Academy Awards namun ternyata namanya tidak masuk ke dalam daftar nominasi.

Johnny Depp masuk ke dalam nominasi Aktor Terbaik dalam ajang Indiana Film Journalists Association Awards, Satellite Awards, Screen Actors Guild Award, Washington D.C. Area Film Critics Association, dan Critics’ Choice Movie Award. Selain itu, Johnny Depp berhasil memenangkan Maltin Modern Master Award dan Desert Palm Achievement Award (Actor) yang masing-masing didapat pada ajang Santa Barbara International Film Festival dan Palm Springs International Film Festival.

9. Donald Trump 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Film satir parodi berjudul Donald Trump’s The Art of the Deal: The Movie arahan Jeremmy Konner ini rilis pada Februari 2016, sembilan bulan sebelum Donald Trump dilantik menjadi Presiden Amerika Serikat. Dalam film ini, Johnny Depp berperan sebagai Donald Trump. Film ini sendiri rilis gratis di situs Funny or Die dan 11 hari setelah perilisannya, film ini ditarik dari situs. Enam bulan kemudian film ini tersedia di Netflix.

Film ini mendapat ulasan positif dan kritikus memuji penampilan Johnny Depp. Dalam situs Metacritic, film ini mendapatkan skor 75 dari 100.

10. Russell Poole 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Dalam film kriminal arahan Brad Furman berjudul City of Lies, Johnny Depp berperan sebagai Russell Poole, seorang detektif dari Kepolisian Los Angeles yang paling dikenal karena menginvestigasi kasus pembunuhan dari rapper The Notorious B.I.G.

Awalnya film ini direncanakan rilis pada September 2018, namun kemudian jadwal perilisannya diubah hingga penayangannya di Courmayeur Noir Film Festival pada Desember 2018. Setelah penayangannya di festival tersebut, film ini kemudian rilis secara terbatas di Italia pada 10 Januari 2019.

11. W. Eugene Smith 

Aktingnya Top, 11 Karakter Film Johnny Depp ini Tokoh Nyata, Lho Berbagai Sumber

Johnny Depp berperan W. Eugene Smith dalam film drama berjudul Minamata arahan Andrew Levitas yang pertama kali tayang dalam Festival Film Internasional Berlin pada 21 Februari 2020. W. Eugene Smith adalah seorang jurnalis sekaligus fotografer yang terkenal karena esai fotonya yang meliputi fotografi Perang Dunia II dan juga polusi yang merusak kesehatan penduduk Minamata di Jepang.

Itulah sebelas tokoh nyata yang diperankan oleh aktor kenamaan Johnny Depp. Sudah pernah nonton?

Baca Juga: Musikal Hingga Biopik, 8 Film Tim Burton ini Dibintangi Johnny Depp

Habibah Abdaliah Photo Verified Writer Habibah Abdaliah

Nyctophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya