Comscore Tracker

Bukan Boyband, Ini 9 Grup Band Korea yang Perlu Kamu Tahu

Selain punya suara emas, mereka jago memainkan alat musik.

Kalau bicara musik di Korea Selatan, sebagian besar pasti lebih mengenal R&B, Hip Hop atau grup KPop. Jarang sekali penggemar grup band di Indonesia yang melirik Korea Selatan. Padahal banyak, lho grup band yang jago banget memainkan alat musik di Korea Selatan.

Buat kamu para penggemar grup band, wajib nih dengerin beberapa band Korea yang sudah mendunia. Tidak hanya tampil di Korea Selatan, beberapa di antaranya bahkan sudah pernah mengadakan konser di Jepang, Eropa, Amerika, dan Indonesia. Kamu bakal terkejut melihat bakat mereka ini.

1. DAY6

https://www.youtube.com/embed/jeOHIEMdIAU

DAY6 merupakan grup band pertama dan satu-satunya saat ini yang berada di bawah naungan JYP Entertainment. Agensi yang juga menaungi TWICE, GOT7, 2PM dan Stray Kids ini mendebutkan DAY6 pada 7 September 2015.

Lewat lagu utama berjudul Congratulations, album pertama mereka berhasil berada di peringkat 2 tangga lagu Billboard dan langsung melejit di minggu pertama mereka rilis.

Diberi nama DAY6 karena awalnya mereka memang terdiri dari 6 personel. Sayangnya di tahun 2016, keyboardist mereka terpaksa keluar.

Selain bermain alat musik, kelima anggotanya ini juga aktif membuat lagu. DAY6 pernah menggelar konser selama dua hari berturut-turut di Indonesia pada November 2019.

2. FT ISLAND

https://www.youtube.com/embed/5zJSz6geMZI

Band besutan FNC Entertainment ini sudah 12 tahun melanglang buana di industri musik Korea. Mereka seringkali membawakan lagu bernuansa rock. Vokalisnya, Lee Hongki, terkenal dengan suaranya yang fantastis.

FT ISLAND bahkan sering berkolaborasi dengan band rock lain seperti One OK Rock dan Spyair. Meski belum pernah ke Indonesia, FT ISLAND pernah mengadakan konser di Amerika dan terutama di Jepang. Tiket konser mereka di Jepang selalu sold out.

Di tahun 2019, band pertama FNC ini harus kehilangan leader mereka. Karena terlibat kasus rekaman illegal Jung Junyoung. Namun, ini tidak membuat FT ISLAND berhenti berkarya.

Buat kamu yang ingin mengenal musik rock Korea, FT ISLAND wajib ada di list utama kamu.

Baca Juga: Bukan Cuma Band, 10 Grup Musik Ini Pernah Jadi Idola Anak Muda 2000-an

3. CNBLUE

https://www.youtube.com/embed/Bltt6ZCowKo

CNBLUE jadi band Korea yang terhitung cukup sering ke Indonesia. Band yang digawangi Yonghwa ini pertama kali ke Indonesia pada tahun 2013, dan kembali lagi di tahun 2017.

Band yang satu ini lebih terkenal sebagai band KPop. Padahal saat pertama dibentuk, CNBLUE membawakan aliran musik rock. Tapi perlu diakui, CNBLUE apik membawakan keduanya, baik rock maupun pop.

CNBLUE awalnya debut dengan empat orang, namun gitaris mereka keluar di tahun 2019. Lee Jonghyun dinyatakan tersangkut kasus rekaman ilegal Jung Junyoung.

Ketiga anggota lainnya saat ini sedang melaksanakan wajib militer. Sang leader Yonghwa berjanji CNBLUE akan kembali aktif setelah semua keluar wamil.

4. N.Flying

https://www.youtube.com/embed/81VMRWGU9JY

Band yang satu ini juga masih berada di bawah naungan FNC Entertainment bersama FT ISLAND dan CNBLUE. Uniknya, N.Flying justru sudah debut duluan di Jepang dengan empat anggota pada tahun 2013. Sementara mereka baru debut di Korea Selatan pada tahun 2015.

Nama N.Flying semakin menanjak setelah bergabungnya Yoo Hweseung di tahun 2017. Karakter suara Hweseung membuat N.Flying lebih berwarna.

Selain menampilkan musik yang kece, N.Flying juga terkenal jago mengaransemen mashup atau medley. Beberapa kali mereka menampilkan mashup kece saat konser. 

5. The Rose

https://www.youtube.com/embed/P5O9H1OzntY

The Rose merupakan band yang tergolong baru debut tapi sudah mencuri perhatian banyak pencinta musik. Mulai debut tahun 2017, band yang berada di bawah naungan J&Star Company ini menawarkan musik alternatif. Satu genre dengan DAY6.

Nama The Rose dipilih karena para anggotanya ingin band mereka seperti mawar. Indah seperti bunganya, tetapi tetap tajam saat bermusik seperti durinya.

Tahun 2019 lalu sebenarnya The Rose pernah dijadwalkan untuk tampil di Indonesia dalam sebuah festival. Namun sayang, festival tersebut dibatalkan. Meski demikian, The Rose sudah pernah menggelar tur di beberapa negara seperti New York, Chicago, Los Angeles, dan lainnya.

6. Hyukoh

https://www.youtube.com/embed/Fz4O0s3f5YA

Kalau band yang satu ini merupakan band Indie Korea Selatan. Hyukoh berada di bawah naungan label Tablo yaitu HIGHGRND.

Band beranggotakan empat orang ini sebenarnya sudah terbentuk sejak tahun 2014. Sebelum resmi bergabung dengan label, mereka sudah terkenal di dunia underground Korea Selatan. Dan sudah menjual beberapa album dalam skala kecil.

Hyukoh mulai semakin dikenal banyak orang ketika ikut acara Infinite Challenge. Bahkan setelah dua bulan rilis, mini album kedua mereka berhasil masuk Top 10 Billboard World Album.

Hyukoh sempat menyapa penggemar Indonesia lewat konser mereka di tahun 2017 lalu.

7. South Club

https://www.youtube.com/embed/ShTO0ZXsD3o

Resmi keluar dari Winner di tahun 2016, Nam Taehyun bergabung bersama teman-temannya membentuk South Club. Band ini resmi debut 26 Mei 2017 dengan lagu Hug Me.

Awal debut, South Club berada di bawah naungan agensi Nam Taehyun. Yup, Taehyun sengaja mendirikan agensi untuk mengelola grup band ini. Namun di tahun 2019, Nam Taehyun mengumumkan jika South Club mulai bergabung di agensi P&B Entertainment.

Selain bermain alat musik, band ini juga memproduksi lagu mereka sendiri.

8. Nell

https://www.youtube.com/embed/0aYIdZZUX6Y

Bisa dibilang Nell adalah salah satu band senior di Korea Selatan. Debut sejak tahun 2001, Nell tentu sudah menelurkan puluhan karya yang memikat pencinta musik di Korea. Mereka masih eksis hingga saat ini.

Band yang berada di bawah naungan Woolim Entertainment ini sebenarnya sudah dibentuk tahun 1999! Namun baru resmi debut setelah bergabung dengan agensi Gooseo Indigene. Barulah mereka pindah ke Woolim Entertainment pada tahun 20016.

Nell juga pernah datang ke Indonesia sebagai bintang tamu di acara konser Saranghaeyo Indonesia 2016.

9. Boohwal

https://www.youtube.com/embed/h7P7YWUfhak

Di antara yang lainnya, Boohwal ini adalah band rock paling senior. Pertama dibentuk tahun 1985, band rock ini masih eksis hingga sekarang. Meskipun beberapa kali berganti vokalis, band legendaris di Korea ini tidak pernah kehilangan ciri khasnya.

Jika kamu adalah pencinta band rock dengan lagu bernada rendah, Boohwal adalah jawaban untukmu. Lagu-lagu yang dibawakannya tidak terlalu tinggi seperti kebanyakan lagu rock, jadi kamu juga bisa ikut bernyanyi bersama.

Cara mereka membawakan lagu akan membuat bulu kudukmu berdiri saking terpesonya. Lagu-lagu mereka juga sering sekali dibawakan para idol di festival musik tahunan televisi Korea.

Itulah 9 grup band Korea yang juga wajib kamu dengerin lagu-lagunya. Gak kalah kece, dong sama grup idol yang lainnya!

Baca Juga: 5 Grup KPop yang Anggotanya Terdiri dari Cewek dan Cowok

Halimah Tusadiah Photo Writer Halimah Tusadiah

Love K-Pop, travelling and food

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya