Comscore Tracker

5 Film Korea tentang Bukti Kasih Ibu Sepanjang Masa, Gak Ada Habisnya!

Wah, harus siap tisu pas menonton #WaktunyaKorea

Kalau ibarat pepatah, ada yang bilang kalau kasih ibu sepanjang masa, kasih anak sepanjang galah. Kira-kira kalau diartikan yaitu kasih sayang ibu yang diberikan kepada kita bakalan terus ada sepanjang masa, tapi kasih sayang seorang anak cuma sampai sepanjang galah.

Cerita tentang kasih ibu emang menarik buat dibahas. Sampai-sampai, banyak film khususnya film Korea yang mencoba menceritakan dan menggambarkan besarnya kasih sayang seorang ibu. Tak jarang, penonton dibuat berlinang air mata sehabis menontonnya.

Pas banget, nih! Berikut ini ada lima film Korea yang menceritakan tentang kasih seorang ibu yang tiada batas kepada anaknya. Penasaran? Disimak, yuk!

1. Mother (2009)

5 Film Korea tentang Bukti Kasih Ibu Sepanjang Masa, Gak Ada Habisnya!straitstimes.com

Bercerita tentang seorang ibu yang tak disebutkan namanya yang hidup bersama dengan seorang anaknya yang mengidap intellectual disabillity bernama Yoon Do Joon. Plot cerita dari film Korea ini bermula saat Do Joon sedang pulang menuju rumah sehabis dari sebuah bar di malam hari.

Di jalan pulang, Do Joon mengikuti seorang perempuan muda ke sebuah gedung lama yang sudah tak terpakai. Pada pagi harinya, perempuan tersebut dilaporkan telah meninggal, Do Joon pun ditangkap karena diduga sebagai pembunuhnya. Sang ibu yang tak percaya anaknya merupakan seorang pembunuh, berusaha dengan berbagai cara untuk membuktikan bahwa anaknya tersebut bukan pelaku pembunuhan.

2. A Long Visit (2010)

5 Film Korea tentang Bukti Kasih Ibu Sepanjang Masa, Gak Ada Habisnya!hancinema.net

Film Korea ini diperankan oleh Kim Hae Sook yang berperan sebagai seorang ibu, dan Park Jin Hee yang berperan sebagai Ji Suk. Cerita dari film Korea ini secara garis besar menceritakan tentang kasih sayang seorang ibu kepada anak perempuannya. Bahkan, saat anak perempuannya itu sudah menikah dan punya anak, sang ibu tetap memperlakukan anaknya sebagai seorang anak kecil. Hal itu menyebabkan sang anak yaitu Ji Suk malah risih diperlakukan seperti itu.

Di samping itu, perilaku ayahnya Ji Suk yang cenderung temperamental kepada ibunya mengakibatkan Ji Suk menjadi membenci daerah tempat tinggalnya saat masih kecil. Hingga suatu hari, setelah lama tak berkunjung, Ji Suk memutuskan untuk mengunjungi ibunya seorang diri dengan menaiki kereta diantar oleh suami dan anaknya.

Sesampainya di desa, sang ibu menyambut hangat kedatangan anaknya tersebut. Namun, di balik kepulangannya ke kampung halamannya, Ji Suk menyimpan sebuah rahasia dari ibunya.

Baca Juga: Ini 7 Film Korea tentang Pengusiran Setan, Pasti Bikin Kamu Merinding!

3. Wedding Dress (2010)

5 Film Korea tentang Bukti Kasih Ibu Sepanjang Masa, Gak Ada Habisnya!hancinema.net

Menceritakan tentang seorang single mother bernama Seo Go Eun, karakter yang diperankan oleh aktris Song Yoon Ah. Ia memiliki anak satu-satunya yang ia sayangi yang bernama Jang So Ra. Film Korea ini memiliki alur cerita yang menguras air mata, di mana ternyata Seo Go Eun mengidap penyakit yang menyebabkan ia divonis hidup tak lama lagi. Namun, ia menyembunyikan hal tersebut dari keluarga dan anaknya.

Seo Go Eun di sisa hidupnya, berusaha untuk mengajarkan anaknya segala hal sebelum berpisah untuk selama-lamanya. Ternyata, sang anak lama-kelamaan telah mengetahui penyakit yang diderita oleh sang ibu. Oleh karena itu, sang anak juga ingin memberikan kesan baik dan mengabulkan keinginan terakhir yang diminta oleh sang ibu sebelum akhirnya nanti berpisah.

4. The Preparation (2017)

5 Film Korea tentang Bukti Kasih Ibu Sepanjang Masa, Gak Ada Habisnya!hancinema.net

Film bergenre drama ini disutradarai oleh Cho Young Jun dan diperankan oleh aktris senior Go Doo Shim yang berperan sebagai seorang ibu bernama Ae Soon. Ia memiliki seorang anak berusia 30 tahun yang memiliki kelainan mental bernama In Gyu. Ae Soon tinggal secara sederhana dengan anaknya tersebut hanya berkekal uang dari hasil berjualan toko kecilnya.

Suatu hari, Ae Soon divonis oleh dokter memiliki kanker yang menyebabkan umurnya tidak akan lama lagi, hanya sekitar 6 bulan. Kaget dengan hal itu, Ae Soon pun berusaha untuk memanfaatkan sisa waktunya tersebut untuk melatih anaknya agar dapat bertahan hidup jika nanti dirinya tak lagi bisa mendampinginya.

5. Be With You (2018)

5 Film Korea tentang Bukti Kasih Ibu Sepanjang Masa, Gak Ada Habisnya!hancinema.net

Diperankan oleh aktris Son Ye Jin yang berperan sebagai seorang istri sekaligus ibu yang bernama Soo Ah, yang beradu akting dengan aktor So Ji Sub yang berperan sebagai Woo Jin, yaitu istri dari Soo Ah. Film Korea ini bercerita tentang Soo Ah yang sebelum kematiannya berjanji kepada sang suami akan kembali satu tahun yang akan datang di musim hujan.

Ternyata, janji Soo Ah tersebut benar adanya ketika sang anak yang bernama Ji Ho mengajak ayahnya untuk pergi ke sebuah terowongan kereta untuk menemui ibunya. Awalnya, sang ayah sempat tak percaya omongan anaknya tersebut, namun kemudian ia menemukan sosok Soo Ah yang terbaring pingsan di ujung terowongan. Senang bukan main, Woo Jin memutuskan untuk membawa Soo Ah kembali ke rumah.

Sesampainya di rumah, ternyata Soo Ah terbangun tanpa ingat satupun memori. Woo Jin dan Ji Ho pun akhirnya membantu Soo Ah untuk memperoleh kembali ingatannya. Hari demi hari mereka lewati bersama, hingga pada akhirnya Soo Ah lama-kelamaan memperoleh kembali ingatannya. Soo Ah pun tersadar ia tidak bisa lama-lama untuk tinggal bersama dengan sang anak dan suami, karena ia harus segera pergi sebelum musim hujan berakhir.

Nah, itulah tadi lima film Korea yang menunjukkan kasih sayang tak terhingga seorang ibu kepada anaknya. Dari kelima film tadi, mana yang jadi favorit kalian?

Baca Juga: Ini 7 Film Korea Bertemakan Hukum yang Wajib Kamu Tonton

Harits Dzulyaddain Photo Verified Writer Harits Dzulyaddain

Seseorang dengan slogan hidup "Life is never flat!"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya