Comscore Tracker

9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017

#Reply2017: Mana favoritmu?

Kehadiran novel-novel best seller selalu menarik minat para sineas untuk mengadaptasinya ke layar lebar. Cerita yang menarik serta prediksi banyaknya penonton yang datang dari penggemar novel seolah menjadi jaminan tersendiri. Jadi jangan heran jika banyak novel-novel best seller yang diadaptasi ke film.

Bukan hanya Hollywood, industri perfilman Indonesia juga sering melakukan hal yang sama. Tahun ini ada semakin banyak novel yang diadaptasi. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, adaptasi novel ke film ini ternyata membawa pengaruh baik bagi pemasaran film. Inilah 9 novel best seller yang diadaptasi ke film selama 2017.

1. A: Aku, Benci, & Cinta

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017wikipedia.org/A: Aku, Benci & Cinta

Novel ini ditulis oleh Wulan Fadi diterbitkan pada Desember 2015 oleh penerbit Best Media. Bercerita tentang cowok bandel bernama Alvaro yang sering berantem dengan Anggi, padahal diam-diam Alvaro sebenarnya jatuh hati pada musuhnya ini. Uniknya meski bandel Alvaro menjabat sebagai ketua osis. Novel ini menghadirkan cerita benci jadi suka khas para remaja.

2. Dear Nathan

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017id.wikipedia.org/Dear Nathan

Novel ini ditulis oleh Erisca Febriani diterbitkan pada Maret 2016 oleh penerbit Best Media. Awalnya novel ini ditulis di Wattpad dan berhasil menarik minat para pembaca. Bercerita tentang Salma yang bertemu cowok pembuat onar bernama Nathan. Nathan yang menyukai Salma terus mengejar gadis itu dan membuat Salma kesal pada awalnya.

Namun perhatian Nathan dengan sikap slengekan dan sok pedenya perlahan membuat Salma suka. Bahkan Salma membantu Nathan untuk keluar dari masa lalunya yang menyakitkan.

3. Danur

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017id.wikipedia.org/Danur

Novel ini ditulis oleh Risa Saraswati diterbitkan pada Januari 2012 oleh penerbit Bukune. Buku ini ditulis dari kisah nyata Risa dengan teman-teman gaibnya Peter, Hans, Hendrick, William, dan si Bungsu Johnsen. Mereka adalah hantu anak-anak Belanda yang tewas pada masa penjajahan. Tak seperti novel horor yang menunjukkan sisi seram, novel Danur justru menggambarkan perasaan anak-anak hantu ini yang terperangkap di dunia.

4. Trinity, The Nekad Traveler

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017id.wikipedia.org/Trinity Trinity, The Nekad Traveler

Novel ini ditulis oleh Trinity diterbitkan pada Juni 2007 oleh penerbit C Publishing. Bercerita tentang Pengalaman lucu, sedih, mendebarkan, bahkan menyebalkan yang dialami oleh backpacker yang melanglang buana ke berbagai tempat di dunia. Ada berbagai informasi tentang kebudayaan, tempat-tempat wisata, serta tips dan trik saat travelling ke berbagai negeri yang dihadirkan.

5. Surga yang Tak Dirindukan 2

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017id.wikipedia.org/Surga Yang Tak Dirindukan 2

Novel ini ditulis oleh Asma Nadia diterbitkan pada November 2016 oleh penerbit AsmaNadia Publishing House. Novel ini merupakan sequel dari novel Surga Yang Tak Dirindukan. Setelah pada seri sebelumnya Meirose memutuskan untuk meninggalkan Akbar pada keluarga Arini dan Pras, Kini Meirose kembali untuk menjemput Akbar.

Tapi disini Arini yang sedang berjuang dengan penyakit yang dialaminya malah meminta Meirose untuk tetap bersama Pras, padahal Meirose sudah punya tambatan hati bernama Syarief.

6. Promise

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017id.wikipedia.org/Promise

Novel ini ditulis oleh Tisa TS & Dwitasari diterbitkan pada Agustus 2016 oleh penerbit Loveable. Novel ini mengisahkan tentang persahabatan yg dibumbui dengan cinta. Moza mencintai Rahman sahabatnya dan Rahman mencintai Kanya perempuan dimasa lalunya. Sayangnya takdir berkata berbeda. Rahman hanya bisa mencintai Kanya dalam hati, karena Kanya telah bersama dengan sahabatnya Aji. Lalu ada gadis pesantren bernama Salsabila yang ternyata juga mencintai Rahman. 

7. Jakarta Undercover

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017id.wikipedia.org/Jakarta Undercover

Novel ini ditulis oleh Moammar Emka diterbitkan pada 2015 oleh penerbit Gagas Media. Novel ini merupakan cerita-cerita pilihan dari Jakarta Undercover 1, 2, 3 - dan cerita terbaru berdasarkan liputan tuntas tentang pesta kekinian Ibu Kota juga bagaimana sex bebas seolah menjadi bagi sebagian orang.

8. Critical Eleven

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017cewekbanget.grid.id

Novel ini ditulis oleh Ika Natassa diterbitkan pada Agustus 2015 oleh penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. Bercerita tentang pasang surut hubungan Ale dan Anya. Anya jatuh cinta saat pertemuan pertamanya dengan Ale dalam penerbanganya menuju Sydney lalu menikah dengan pria itu.

Keguguran yang Anya alami malah membuat hubungan mereka jadi dingin. Ale yang tahu ini adalah cobaan terberat untuk mereka berdua terus berusaha mendapatkan cinta Anya lagi.

9. Gita Cinta dari SMA

 9 Novel Best Seller Indonesia yang Diadaptasi ke Film di 2017id.wikipedia.org/Galih dan_Ratna

Novel ini ditulis oleh  Eddy D. Iskandar diterbitkan sejak tahun 70-an. Novel ini sudah dicetak berkali kali oleh beberapa penerbit diantaranya Gagas Media. Dan diadaptasi beberapa kali menjadi film maupun sinetron. Namun untuk adaptasi film di tahun ini, Film adaptasi novel ini tidak mengambil judul yang sama dengan novelnya.

Gita Cinta dari SMA bercerita tentang hubungan Galih dan Ratna, siswa SMA yang sama-sama menjadi bintang kelas di sekolah mereka. Keduanya jatuh cinta namun sayang hubungan ini malah ditentang oleh ayah Ratna.

Li Wei Photo Community Writer Li Wei

Li Wei

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You