Comscore Tracker

6 Film Horor Remaja Adaptasi Novel RL Stine Ini Bikin Penasaran

Berpetualang melawan ketakutan #HypeIDN

Tak hanya Stephen King, RL Stine juga menjadi salah satu penulis horor paling populer di dunia. Umumnya novel-novel RL Stine bercerita tentang berbagai kengerian yang dihadapi oleh anak-anak dan remaja. Selain menawarkan kengeriran, ada banyak hal konyol juga yang terdapat di sana. Inilah yang membuat novel-novel berbeda dari novel horor lainnya.

Karena kepopulerannya ini beberapa rumah produksi mengadaptasi novel RL Stine untuk dijadikan film. Hasilnya tak kalah seru dari cerita di dalam novel. Seperti yang terlihat pada film-film di bawah ini.

1. The Haunting Hour: Don't Think About It (2007)

https://www.youtube.com/embed/fMI8LYnzEqc

Cassie Keller baru saja pindah ke lingkungan dan sekolah baru.  Namun karena penampilan gotiknya, Cassie jadi bahan olok-olokan Priscilla Wright,  seorang gadis populer yang jadi ratu Halloween untuk pekan raya Halloween sekolah. Cassie yang sedang kesal menemukan toko Halloween misterius di sebuah gang. Pemilik toko tersebut menghasut Cassie untuk membeli buku tua berjudul The Evil Thing.

Di buku itu ada peringatan agar tidak membaca buku dengan suara keras atau memikirkan monster berkepala dua yang ada di dalam cerita. Namun karena iseng dan ingin mengerjai adiknya, Cassie malah dengan sengaja membaca buku itu keras-keras. Ternyata apa yang dia lakukan justru membuat monster itu terbebas lalu menyerang teman dan keluarganya.

2. Mostly Ghostly: Who Let the Ghosts Out? (2008) 

https://www.youtube.com/embed/w2IcsuRPpVE

Max Doyle menyukai pertunjukan sulap. Namun hal ini justru membuat ayahnya kecewa. Bahkan Colin, Kakak laki-lakinya justru mengolok-olok Max. Saat berada di ruang bawah tanah, Max mendengar suara-suara aneh. Ternyata ini berasal dari  hantu-hantu jahat yang dipimpin oleh Phears. Phears ternyata memiliki rencana untuk kembali ke dunia manusia. Namun ini hanya bisa dilakukan pada malam Halloween.

Di saat yang sama Max bertemu dengan 2 hantu anak bernama Nicky dan Tara.  Tara meminta Max untuk mencari tahu penyebab kematian mereka dan dimana keluarga mereka berada. Ternyata semua ini adalah ulah Phears, Phears bahkan mengurung jiwa orang tua Tara. Max pun membantu Tara untuk membebaskan kedua orang tuanya sekaligus menggagalkan rencana Phears.

Baca Juga: 5 Film Horor yang Sama Sekali Tidak Menyeramkan, Malah Jayus!

3. Mostly Ghostly: Have You Met My Ghoulfriend? (2014) 

https://www.youtube.com/embed/uTDp7icURtM

Max Doyle sudah beranjak remaja.  Dia harus menyesuaikan diri dengan keadaan SMA-nya. Mulai dari saudaranya usil hingga pelajaran olahraga yang tak begitu dia sukai. Tapi yang pasti, kini Max mulai menyukai teman sekolahnya. Dia adalah Cammie Cahil, seorang gadis cerdas dan populer di sekolahnya. 

Ketika Akhirnya bisa berkencan dengan Cammie, Phears  yang dulu pernah bertarung dengannya kini muncul lagi untuk mengambil alih dunia. Dia melepaskan hantu-hantu dan membuat kekacauan di sekitar Max.  Karena harus menghentikan Phears, Max melakukan banyak hal aneh dan membuat Cammie kebingungan. Hal ini membuat Max mau tak mau  mengakui bahwa dirinya bisa melihat hantu pada Cammie.

4. Goosebumps (2015)

https://www.youtube.com/embed/7Cn716jv61s

Zach Cooper dan ibunya baru saja pindah kota Madison yang damai setelah kematian ayah Zach. Di sana Zach bertemu dengan Hannah, tetangganya yang cantik. Namun Hannah memiliki ayah yang over protektif. Suatu malam Zach mendengar Hannah berteriak. Zach yang cemas pun masuk ke rumah Hannah untuk menyelamatkannya. Di situ Zach dan temannya Champ justru menemukan manuskrip novel-novel Goosebumps yang anehnya justru dikunci.

Zach membuka novel itu dan dan secara tak sadar melepas monster-monster yang ada di dalam cerita. Monster-monster itu pun mulai menyerang kota mereka.  Di sini Zach baru tahu kalau ayah Hannah adalah penulis buku Goosebumps, RL Stine. Bersama mereka berusaha mengembalikan monster-monster itu ke dalam buku-bukunya.

5. Mostly Ghostly: One Night in Doom House (2016)

https://www.youtube.com/embed/Gynzez239LM

Max Doyle dan Cammie Cahill kini berpacaran. Demi membantu Cammie mengumpulkan uang untuk ke kompetisi tari, Max mengundang teman-temannya ke rumah dan melakukan pertunjukan hantu.  Dengan bantuan dari teman hantunya yang bernama Nicky dan Tara, Max mulai melakukan pertunjukannya. Awalnya semua berjalan lancar tapi hantu bernama Lulu tiba-tiba muncul dan mengacaukan pertunjukan.

Teman-teman Max pun marah dan berakhir dengan pertengkaran antara Max dan Cammie. Keduanya pun putus. Ternyata kemunculan Lulu ada kaitannya dengan Phears. Prears kini muncul di dunia manusia dan merasuki tubuh pembawa acara televisi serta menculik kedua teman hantu Max. Max pun kembali bertarung dengan Phears.

6. Goosebumps 2 (2018)

https://www.youtube.com/embed/nQeOzfm-lps

Sonny Quinn selalu menjadi korban bully dari teman-temannya. Sam Carter adalah satu-satunya teman yang selalu setia menolong Sonny. Suatu hari Sonny dan Sam sepakan untuk memulai bisnis pembersih sampah. Tak disangka mereka mendapat tawaran untuk membersihkan rumah kosong yang terlihat menyeramkan. Ternyata di sana mereka menemukan buku aneh yang terkunci. Sonny membuka buku itu itu dan tak sadar kalau dia sudah membebaskan Slappy the Dummy.

Dengan mantra yang mereka temukan di saku boneka itu, boneka Slappy pun hidup. Slappy menawarkan bantuan untuk menolong Sonny. Dia mulai mengerjai anak-anak yang mengusili Sonny. Hal ini membuat Sonny senang tapi perlahan boneka Slappy mulai memperlihatkan watak aslinya yang menyeramkan. Boneka itu bahkan ingin menghidupkan semua monster yang ada di novel Goosebumps.

Itulah enam film yang yang dibuat dari adaptasi novel-novel karya RL Stine. Nuansa anak muda sangat kental di dalam ceritanya. Kamu tak hanya ditawarkan dengan berbagai kengerian tapi juga  hal kocak yang diperlihatkan oleh mereka.

Baca Juga: 7 Film Horor Terbaik yang Tayang di Netflix, Bikin Merinding! 

Li Wei Photo Verified Writer Li Wei

food, travel & movie

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya