Comscore Tracker

5 Tips Menjalani Hubungan dengan Pasangan Anti Ribet dan Kekanakan! 

Gak mau kan menjalani hubungan penuh dengan pertengkaran

Menjalani hubungan dengan pasangan  sudah pasti diselimuti bumbu permasalahan. Bedanya bagaimana kedua individu tersebut bereaksi dan menemukan solusi. Hal ini juga dipengaruhi oleh tingkat kedewasaan seseorang dalam memandang permasalahan yang menimpanya.

Nah berikut 5 tips menjalani hubungan dengan pasangan yang anti ribet dan tidak kekanakan. Dijamin hubungan lebih banyak dikelilingi kebahagiaan dibanding pertengkaran.

1. Komunikasi harus jelas dan dua arah 

5 Tips Menjalani Hubungan dengan Pasangan Anti Ribet dan Kekanakan! instagram/okintph

Jika selama ini beredar anggapan jika cowok harus peka dengan apa yang diinginkan ceweknya, dan sebaliknya, itu merupakan hal yang keliru. Bagaimana seseorang mengerti apa yang ada dalam pikiran dan hati orang lain yang mana psikolog pun tidak dapat mengetahuinya pula jika tidak diungkapkan. Rupanya komunikasi harus dipelajari setiap orang lebih dalam agar mengerti bagaimana syarat komunikasi yang baik yakni jelas dan dua arah. Artinya lawan bicara memahami maksud yang ingin kita sampaikan, bukan menebaknya sendiri.

Ketika komunikasi sudah baik, pasti pasangan akan merasa lega ketika keinginannya didengarkan sehingga tidak menimbulkan kesalahpahaman. Dibandingkan terus memberikan kode untuk dimengerti,yang malah berujung kesal dan kecewa jika pasangan malah mengabaikannya. Padahal kita sendiri yang membuat runyam hubungan dengan pertengkaran karena komunikasi yang buruk.

2. Pastikan sudah mencintai diri sendiri sebelum memberikan cinta pada pasangan 

5 Tips Menjalani Hubungan dengan Pasangan Anti Ribet dan Kekanakan! Unsplash/Kevin Laminto

Mencintai diri menjadi kunci utama seseorang agar memahami dirinya secara utuh dan mendalam. Membahagiakan diri juga merupakan bagian dari mencintai diri sehingga menjadi tanggung jawab pribadi bukanlah pasangan. Kita bisa saja menolak permintaan pasangan yang tidak bisa kita penuhi, karena kita mengetahui kapasitas dan hal yang terbaik buat diri kita. Ketika kita sudah mampu mencintai diri sendiri, kita mampu memberikan cinta pada pasangan karena tanggung jawab kita pada diri sendiri sudah terpenuhi. 

3. Mampu membedakan hal yang dalam kendali maupun diluar kendali 

5 Tips Menjalani Hubungan dengan Pasangan Anti Ribet dan Kekanakan! Pexels/mentatdgt

Kunci menjadi pribadi yang tidak ribet yakni harus paham apa yang dalam kendali diri dan diluar kendali diri. Hal yang dalam kendali diri yakni pikiran, emosi dan perilaku diri sendiri. Sedangkan orang lain termasuk hal diluar kendali sehingga kebahagiaan adalah tanggungjawab masing-masing. Begitupun yang berkaitan dengan prinsip dan value tentang hidup, setiap individu pastilah berbeda.

Jika kita memahaminya, kita akan lebih mudah menghargai pasangan sebagai pribadi yang utuh. Hal ini akan meminimalisir keretakan hubungan karena kalian sudah saling memahami bahkan bisa menyelaraskannya. 

4. Memahami bahasa cinta diri dan pasangan 

5 Tips Menjalani Hubungan dengan Pasangan Anti Ribet dan Kekanakan! Unsplash/Nathan McBride

Bahasa cinta menjadi penting untuk dibahas bersama pasangan agar sebagai individu merasa dicintai dan mencintai dengan cara yang tepat. Saling mengetahui bahasa cinta yang diperlukan akan menjadikan kalian mengetahui kebutuhan diri dan juga memenuhi kebutuhan pasangan akan rasa dicintai. Baik itu dengan pujian, pemberian hadiah, kontak fisik maupun pembuktian dengan perilaku.

5. Mampu mengendalikan ego dengan baik 

5 Tips Menjalani Hubungan dengan Pasangan Anti Ribet dan Kekanakan! Unsplash/Jonathan Borba

Pengendalian ego perlu dilakukan oleh pasangan. Bukan berarti kamu sudah merasa mengenal dengan baik pasangan, menjadikanmu bersikap dan berkata semena-mena. Pasanganmu pun memiliki perasaan yang bisa saja tersinggung dan lama kelamaan tersakiti dengan sikapmu yang tidak semakin dewasa.

Bersama pasangan, seharusnya saling belajar bagaimana mengendalikan ego dengan baik. Berbesar hati ketika salah untuk meminta maaf, baik itu cewek maupun cowok. Menenangkan diri secukupnya ketika ada pertengkaran dan segera mencari solusi bersama dalam setiap permasalahan akan menjaga keharmonisan sebuah hubungan.

Setiap hubungan pasti dilandasi dengan cinta bukan? Maka kita perlu mendewasakan diri agar dapat merawat hubungan dengan cara mendewasakan diri. Hal ini akan membuat kalian terhindar dari hubungan yang anti ribet dan kekanakan dan penuh dikelilingi kebahagiaan.

Hesti Mahmudah Photo Verified Writer Hesti Mahmudah

Belajar meracik kata-kata

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya