Comscore Tracker

Bahas Sejarah Islam, Adegan Kontroversial KShow Ini Jadi Sorotan

Sejarah emang gak bisa sembarangan disampaikan

Episode terbaru variety show Korea Guys Who Cross The Line (On The Border) saat ini sedang viral di media sosial. Episode yang menampilkan Minho tengah mengunjungi Yordania itu disebut-sebut menyinggung umat Muslim lantaran ada adegan penjelasan sejarah negara di Timur Tengah yang tidak tepat.

Benarkah demikian dan apa sebenarnya yang sedang terjadi?

1. Menggunakan ilustrasi wajah Nabi Muhammad dan memasang bendera Israel

Bahas Sejarah Islam, Adegan Kontroversial KShow Ini Jadi SorotanInstagram.com/shammaa778

Dalam show tersebut, tim produksi memasang gambar ilustrasi Nabi Muhammad yang bagi umat Islam hukumnya haram untuk digambarkan. Tak hanya itu, tim produksi juga memasang bendera Israel sebagai gambar ilustrasi Dome of The Rock (Kubah Batu) yang ada di kompleks masjid Al Aqsa.

2. Mendapat kritikan tajam dari para warganet

Bahas Sejarah Islam, Adegan Kontroversial KShow Ini Jadi SorotanInstagram.com/sasokorea

MBC sebagai stasiun TV yang menayangkan drama ini pun mendapat kritikan tajam dari warganet, khususnya umat Islam. Tak sedikit yang menuntut permintaan maaf dengan menyebutkan satu per satu kesalahan MBC. 

3. Pihak MBC akhirnya meminta maaf

Bahas Sejarah Islam, Adegan Kontroversial KShow Ini Jadi SorotanInstagram.com/withmbc

Mendapat kritikan pedas dari para warganet membuat MBC akhirnya merilis permintaan maaf via akun Twitter dan Instagram. Mereka mengaku telah lalai menggunakan ilustrasi wajah Nabi Muhammad dan memasang bendera Israel di Dome of The Rock. Karena itulah, mereka berjanji akan lebih hati-hati lagi ke depannya agar tak menyinggung umat atau kalangan tertentu.

4. Tahun lalu MBC juga melakukan kontroversi serupa

Bahas Sejarah Islam, Adegan Kontroversial KShow Ini Jadi Sorotanallkpop.com

Tahun lalu MBC juga membuat umat muslim geram karena adegan tak patut di KDrama Man Who Dies To Live. Di antaranya adalah gambar poster drama yang menampilkan Alquran yang sejajar dengan kaki sang tokoh. Bagi umat muslim hal ini merupakan penghinaan terhadap kitab suci tersebut.

Selain itu, drama ini juga menampilkan perempuan berhijab yang mengenakan bikini. Warganet sempat mengancam untuk melakukan boikot drama ini. Pihak MBC pun membuat permohonan maaf beberapa hari kemudian.

Wah, semoga saja kali ini MBC benar-benar menepati janji tidak mengulangi hal seperti itu, ya. Kalau menurutmu, yang dilakukan tim produksi show ini gimana?

Hilda T Photo Community Writer Hilda T

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Hilda T
  • Arifina Aswati

Just For You