Comscore Tracker

Sempat Dipenjara, 5 Publik Figur Ini Akhirnya Bebas di Tahun 2019

Ada Ahok hingga Mandala Shoji

Saat melanggar hukum, tentu pihak yang bersangkutan harus berurusan dengan kepolisian. Tak pandang bulu, mau itu rakyat biasa, artis, maupun publik figur.

Jika terbukti bersalah, mereka harus bertanggung jawab dan menjalani hukuman sebelum kembali ke tengah masyarakat. Berikut daftar publik figur yang sempat dipenjara dan akhirnya bebas di tahun 2019. Siapa saja mereka?

1. Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Sempat Dipenjara, 5 Publik Figur Ini Akhirnya Bebas di Tahun 2019instagram.com/basukibtp

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini divonis dua tahun penjara karena kasus penistaan agama. Ahok sebenarnya bisa mengajukan bebas bersyarat pada Agustus 2018 karena telah menjalani 2/3 masa tahanan. Namun, ia tak mau menggunakannya hingga dinyatakan bebas murni pada 24 Januari 2019.

Setelah bebas, Ahok diketahui resmi menjadi kader PDI Perjuangan. Ia juga terlihat dekat dengan Puput Nastiti Devi. Menurut gosip yang beredar, mereka sudah menikah dan segera dikaruniai anak dalam waktu dekat.

2. Augie Fantinus

Sempat Dipenjara, 5 Publik Figur Ini Akhirnya Bebas di Tahun 2019instagram.com/augiefantinus

Aktor dan presenter Augie Fantinus pernah mendekam di penjara selama 5 bulan karena kasus pencemaran nama baik. Ditahan sejak 12 Oktober 2018, Augie akhirnya bebas pada Maret 2019. 

Setelah bebas, Augie langsung berkumpul bersama keluarga besarnya. Ia juga melanjutkan kariernya di dunia hiburan sebagai artis. Di sela kesibukannya, Augie juga aktif sebagai YouTuber, lho.

Baca Juga: Sempat Terpuruk karena Narkoba, 10 Potret Mesra Dhawiya dan Suami

3. Dhawiya Zaida

Sempat Dipenjara, 5 Publik Figur Ini Akhirnya Bebas di Tahun 2019instagram.com/dhawiyazaida

Beberapa waktu yang lalu, Dhawiya sempat ditangkap polisi karena kasus narkoba. Putri bungsu Elvy Sukaesih ini harus menjalani 18 bulan rehabilitasi. Hukuman yang sama diberikan kepada kekasih Dhawiya, Muhammad yang terlibat kasus serupa.

Bulan Maret 2019, Dhawiya dikabarkan sudah kembali ke rumah dan melakukan rehabilitasi rawat jalan. Ia dan kekasihnya menggelar pernikahan secara tertutup pada Jumat, 29 Maret 2019. Dhawiya juga tampil di acara televisi "OKAY BOS"  belum lama ini.

4. Vanessa Angel

Sempat Dipenjara, 5 Publik Figur Ini Akhirnya Bebas di Tahun 2019instagram.com/vanessaangelofficial

Aktris Vanessa Angel sempat dipenjara 5 bulan karena kasus pelanggaran UU ITE. Ia akhirnya menghirup udara bebas pada Minggu, 30 Juni 2019. Kabar kebebasannya disambut sukacita oleh sahabat dan para penggemar.

Vanessa kembali aktif di akun Instagram. Ia juga makin eksis di dunia hiburan. Buktinya cewek 27 tahun ini sering muncul di acara televisi sebagai bintang tamu.

5. Mandala Shoji

Sempat Dipenjara, 5 Publik Figur Ini Akhirnya Bebas di Tahun 2019instagram.com/adiewijaya165

Aktor dan pembawa acara ini sempat maju sebagai caleg DPR RI untuk Dapil DKI Jakarta 2. Tak disangka, Mandala malah ditangkap polisi karena kasus pelanggaran pemilu 2019. Ia terbukti bersalah karena bagikan kupon umroh kepada warga saat kampanye.

Mandala Shoji harus menjalani 6 bulan penjara sebelum akhirnya bebas tanggal 7 Agustus 2019. Hal pertama yang ia lakukan adalah kumpul bersama istri dan buah hatinya. 

Itulah 5 publik figur yang dibebaskan dari penjara tahun 2019. Semoga mereka belajar dari kesalahan dan tidak mengulangi hal yang sama. Kalau menurutmu, gimana?

Baca Juga: 9 Potret Kesibukan Vanessa Angel yang Kembali Eksis di Dunia Hiburan

Hilda T Photo Verified Writer Hilda T

No matter how hard life is, you are your own architecture

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You