Comscore Tracker

7 Sekuel Film yang Justru Lebih Sukses dari yang Pertama

Sekuel yang lebih sukses dari segi komersial maupun kritik

Di dunia perfilman, terkadang kita menemukan sekuel film yang tidak lebih baik dari film pertamanya dan itu sangat wajar karena biasanya film pertama punya standar yang begitu tinggi untuk bisa disamai kualitasnya. Ada cukup banyak sekuel film yang kualitasnya dianggap menurun oleh para kritikus.

Lalu, bagaimana jika justru sebuah sekuel itu dianggap lebih sukses dari film pertamanya? Ya, tentu saja ada di mana film kedua suksesnya melebihi prekuelnya. Sebenarnya ada cukup banyak, namun berikut ini adalah tujuh di antaranya yang merupakan judul-judul terkenal.

1. The Dark Knight (2008)

7 Sekuel Film yang Justru Lebih Sukses dari yang Pertamacuplikan film The Dark Knight (2008) (dok. Warner Bros. Pictures/ The Dark Knight)

Trilogi Batman yang digarap oleh Crhistopher Nolan akan terus diingat sebagai salah satu trilogi film terbaik sepanjang masa. Bagaimana tidak? Nolan sukses membawa Batman ke level yang lebih tinggi. Batman Begins (2005), mendapatkan sambutan dan ulasan yang positif.

Namun, sekuelnya yaitu The Dark Knight lebih sukses dan kini dinobatkan sebagai film superhero dengan rating tertinggi di IMDb. The Dark Knight sukses besar berkat jalan cerita yang luar biasa bagus dan tentu saja karena kehadiran mendiang Heath Ledger yang memerankan Joker. 

2. Spider-Man 2 (2004)

7 Sekuel Film yang Justru Lebih Sukses dari yang Pertamacuplikan film Spider-Man 2 (2004) (dok. Columbia Pictures/Spider-Man 2)

Sam Raimi sukses membawa Spider-Man ke layar lebar dalam bentul live action  untuk pertama kalinya pada 2002. Film yang dibintangi oleh Tobey Maguire dan Kirsten Dunst ini masuk dalam jajaran film superhero legendaris yang sering diputar di televisi nasional.

Akan tetapi, yang dianggap yang terbaik dan paling sukses justru adalah Spider-Man 2 yang dirilis pada 2004. Film ini mendapatkan kesuksesan komersial yang melebihi film pertamanya dan juga jalan cerita yang dianggap lebih baik dengan menghadirkan Alfred Molina sebagai Dr Otto Octavius. 

3. Star Wars Episode V: Empire Strikes Back (1980)

7 Sekuel Film yang Justru Lebih Sukses dari yang Pertamacuplikan film Star Wars Episode V: Empire Strikes Back (1980) (dok. Lucasfilm/Star Wars Episode V: Empire Strikes Back)

Awalnya setelah film pertama Star Wars yang dirilis pada 1977, George Lucas selaku kreator tidak berencana untuk membuat sekuelnya. Namun karena film pertamanya itu sukses besar, maka ia memutuskan untuk membuat film keduanya.

Star Wars Episode V: Empire Strikes Back yang dirilis pada 1980 ini mendapatkan pencapaian yang melebihi film pertamanya. Bahkan para penggemar dan kritikus film hampir semuanya setuju kalau bagian kedua dari trilogi orisinal ini adalah yang terbaik dari semua waralaba Star Wars. Alasannya adalah nuansa dan jalan cerita yang berubah menjadi lebih serius, lebih bermakna, dan tentu saja lebih seru.

Baca Juga: 5 Sekuel Film Korea yang Kalah Untung dari Film Pertama

4. X2: X-Man United (2003)

7 Sekuel Film yang Justru Lebih Sukses dari yang Pertamacuplikan film X2: X-Man United (2003) (dok. 20th Century Fox/X2: X-Man United)

X-Man (2000) adalah salah satu pionir film superhero dari karakter Marvel. Film yang disutradarai oleh Bryan Singer tersebut menjadi pelopor film superhero dan kemudian diikuti oleh film-film superhero lainnya dan berlanjut hingga sekarang.

Namun, film keduanya yaitu X2: X-men United, dianggap menjadi yang terbaik dari trilogi pertama X-Men. Film ini mengisahkan dua kelompok mutan yang selalu berseteru, X-Men dan Brotherhood of Mutant harus bekerja sama melawan William Stryker yang ingin melenyapkan Mutan dari muka bumi. 

5. The Raid 2 (2014)

7 Sekuel Film yang Justru Lebih Sukses dari yang Pertamacuplikan film The Raid 2 (2014) (dok. Merantau Films/The Raid 2)

Yang satu ini datang dari Indonesia. Ya, The Raid (2011) adalah film Indonesia yang berhasil mendunia dan melambungkan nama seperti Iko Uwais, Yayan Ruhian,  dan Joe Taslim. Meski demikian, film ini dikritik karena terlalu minim dialog dan terlalu banyak adegan pertarungan.

Akan tetapi, film keduanya yaitu The Raid 2 berhasil melampaui kesuksesan film pertamanya. The Raid 2 menghadirkan cerita yang lebih kompleks dan adegan pertarungan yang lebih epik dan seru.

6. Top Gun: Maverick (2022)

7 Sekuel Film yang Justru Lebih Sukses dari yang Pertamacuplikan film Top Gun: Maverick (2022) (dok. Paramount Pictures/Top Gun: Maverick)

Top Gun (1986), sebenarnya merupakan film Tom Cruise yang bisa dibilang tidak terlalu istimewa, namun film tersebut menjadi titik awal kesuksesan karir seorang Tom Cruise. Film ini juga menjadi salah satu film ikonis di era 80-an.

tiga puluh empat tahun kemudian, sekuelnya, Top Gun: Maverick dirilis. Hasilnya adalah kesuksesan yang jauh melebihi film pertamanya dan mendapatkan rating yang sangat tinggi dari para kritikus. Film ini berlatar sekitar 30 tahun setelah film pertamanya dan menyajikan alur cerita dan aksi-aksi yang memukau.

7. Terminator 2: Judgment Day (1991)

7 Sekuel Film yang Justru Lebih Sukses dari yang Pertamacuplikan film Terminator 2: Judgment Day (1991) (dok. Tri-Star Pictures/Terminator 2: Judgment Day)

Film-film yang disutradarai oleh James Cameron tidak terlalu banyak. Namun, hampir semua filmnya selalu menuai pujian termasuk Terminator 2: Judgment Day yang kini dianggap menjadi salah satu film ikonis untuk genre fiksi ilmiah.

Menariknya, film ini memang lebih baik dan lebih sukses dari film pertamanya berkat jalan cerita dan inovasi efek visual CGI yang termasuk sangat canggih di masanya. Film ini juga menjadi salah satu film terbaik yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger.

Membuat sekuel film yang lebih sukses dari film pertamanya itu tidak mudah. Karena film pertamanya punya standar yang begitu tinggi. Cukup sulit untuk bisa mengulangi kesuksesan tersebut. Sekuel film apa lagi ya yang lebih bagus dari film pertamanya?

Baca Juga: 6 Sekuel Film Superhero Paling Ditunggu pada 2023, Marvel hingga DC!

Hilman Azis Photo Verified Writer Hilman Azis

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya