7 Serial Dokumenter dengan Rating Tertinggi di IMDb, Menakjubkan!

Didominasi oleh serial dokumenter alam liar

Serial dokumenter adalah tontonan yang setiap episodenya menyajikan rekaman sebuah peristiwa nyata atau narasi berdasarkan kejadian yang sudah ada sebelumnya. Serial dokumenter punya basis penggemarnya tersendiri, walau tidak sebanyak serial drama.

Di Internet Movie Database (IMDb) terdapat beberapa serial dokumenter dengan rating tertinggi. Bahkan beberapa serial dokumenter tersebut ada yang punya rating lebih tinggi daripada serial drama. Kebanyakan serial dokumenter dengan rating tinggi di IMDb adalah dokumenter alam yang punya kesulitan tinggi dalam proses produksinya. Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu rekomendasi terbaik, berikut tujuh serial dokumenter rating tertinggi versi IMDb. Yuk, kita bahas!

1. Planet Earth II (2016) IMDb rating 9.5

7 Serial Dokumenter dengan Rating Tertinggi di IMDb, Menakjubkan!Planet Earth II (dok. BBC Studios/Planet Earth II)

Planet Earth II adalah serial dokumenter alam lanjutan dari kesuksesan Planet Earth (2006). Disutradarai oleh Sir David Attenborough, serial ini mengajak penonton menjelajahi berbagai habitat alam, termasuk gunung, hutan, padang rumput, gurun, lautan, dan kota. Menggunakan teknologi kamera terbaru, serial ini menampilkan gambar-gambar luar biasa dengan mengekspos kehidupan liar lewat detail yang mengagumkan. Dengan 6 episode, Planet Earth II membawa penonton pada perjalanan epik melalui keindahan alam dan tantangan yang dihadapi makhluk hidup di berbagai sudut dunia.

2. Planet Earth (2006) IMDb rating 9.4

7 Serial Dokumenter dengan Rating Tertinggi di IMDb, Menakjubkan!Planet Earth (dok. BBC Studios/Planet Earth)

Ini adalah prekuel Planet Earth II yang sempat menggemparkan dunia film dokumenter alam pada 2006. Diproduksi oleh BBC Natural History Unit, serial ini memvisualisasikan kehidupan di berbagai belahan planet Bumi, mulai dari pegunungan tertinggi hingga lautan dalam. Dengan teknologi canggih pada saat itu, Planet Earth memberikan pengalaman mendalam tentang keindahan alam dan perilaku unik berbagai spesies. David Attenborough menyajikan narasi mendalam selama perjalanan menakjubkan ini untuk melintasi planet bumi. Serial ini mendapat pujian luas karena kualitas visual dan juga kontennya yang mendidik.

3. Blue Planet II (2017) IMDb rating 9.3

7 Serial Dokumenter dengan Rating Tertinggi di IMDb, Menakjubkan!Blue Planet II (dok. BBC Studios/Blue Planet II)

Masih dari BBC, Blue Planet II merupakan sekuel dari Blue Planet yang pertama. Serial ini membawa penonton mengeksplorasi kehidupan laut dan ekosistemnya dengan narasi yang dapat menambah ilmu pengetahuan. Dirilis pada 2017, seri ini dipandu oleh Sir David Attenborough dan memperlihatkan keindahan serta kompleksitas kehidupan di bawah permukaan laut. Penonton diajak untuk melihat berbagai spesies bawah laut yang beragam dan mungkin belum pernah ditemukan sebelumnya. 

Baca Juga: 7 Film Dokumenter dan Drama yang Ekspos Topografi Alam

4. Cosmos: A Spacetime Odyssey (2014) IMDb rating 9.3

7 Serial Dokumenter dengan Rating Tertinggi di IMDb, Menakjubkan!Cosmos: A Spacetime Odyssey (dok. Cosmos Studios/Cosmos: A Spacetime Odyssey)

Sebuah serial dokumenter yang mengajak penonton untuk jalan-jalan ke luar angkasa. Dibawakan oleh astrofisikawan terkenal Neil deGrasse Tyson, serial ini mencoba menggambarkan keajaiban alam semesta dengan menggunakan animasi dan efek CGI teknologi terbaru. Serial ini merangkum berbagai konsep ilmiah alam semesta, termasuk teori relativitas, evolusi, struktur atom, dan asal usul kehidupan. Neil deGrasse Tyson mengajak penonton dalam perjalanan kosmik dengan menjelajahi tata surya dan galaksi yang luas. 

5. Cosmos (1980) IMDb rating 9.3

7 Serial Dokumenter dengan Rating Tertinggi di IMDb, Menakjubkan!Cosmos (dok. PBS/Cosmos)

Ini merupakan serial dokumenter alam terkenal di kalangan pecinta sains. Judul lengkapnya Cosmos: A Personal Voyage, adalah serial dokumenter sebanyak 13 episode yang dipandu oleh ahli astronomi dan ilmuwan, Carl Sagan. Setiap episodenya menggali berbagai topik ilmiah, termasuk evolusi, asal usul kehidupan, struktur atom, serta eksplorasi ruang angkasa. Cosmos memiliki dampak besar dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap sains dan mendukung pemahaman tentang alam semesta.

6. Our Planet (2019) IMDb rating 9.3

7 Serial Dokumenter dengan Rating Tertinggi di IMDb, Menakjubkan!Our Planet (dok. Netflix/Our Planet)

Hingga saat ini, Our Planet adalah serial dokumenter Netflix dengan rating IMDb tertinggi. Dinarasikan oleh Sir David Attenborough, serial ini menjelajahi kehidupan liar dan keanekaragaman hayati di berbagai ekosistem di seluruh dunia. Dengan keindahan visual, serial ini tidak hanya menyajikan keajaiban alam, tetapi juga menyampaikan pesan kuat tentang perubahan iklim dan tantangan lingkungan yang dihadapi planet kita. Dengan menggunakan teknologi terkini, seperti kamera hiperdetai dan drone, Our Planet memberikan pandangan mendalam tentang kehidupan di Bumi dan mendukung upaya pelestarian alam.

7. The World at War (1973) IMDb rating 9.2

7 Serial Dokumenter dengan Rating Tertinggi di IMDb, Menakjubkan!The World at War (dok. Thames Televison/The World at War)

Ini adalah serial dokumenter lawas yang mendapatkan pujian kritis. The World at War menggambarkan berbagai peristiwa selama Perang Dunia II dan diproduksi dengan tingkat keakuratan sejarah yang tinggi. Dinarasikan oleh Laurence Olivier, serial ini memberikan wawasan mendalam tentang konflik global tersebut melalui penggunaan rekaman arsip dan wawancara dengan orang-orang yang terlibat. The World at War dianggap sebagai salah satu serial dokumenter paling berpengaruh tentang Perang Dunia II.

Ketujuh serial dokumenter di atas punya pengaruh besar terhadap ilmu pengetahuan dan juga bisa digunakan untuk pendidikan. Dengan tingkat kesulitan produksi yang sangat tinggi, maka pantaslah jika serial dokumenter tersebut mendapatkan rating tertinggi di IMDb. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 7 Rekomendasi Dokumenter Korea Selatan di Netflix, Temanya Unik!

Hilman Azis Photo Verified Writer Hilman Azis

Seorang penulis yang menyukai berbagai hal termasuk budaya populer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Hella Pristiwa

Berita Terkini Lainnya