Comscore Tracker

5 Fakta Dugaan Bullying dalam Girlband April, Naeun Jadi Sorotan

Iklan dan acara Naeun April sampai ditunda #WaktunyaKorea

Dugaan dan tuduhan tindak bullying oleh sejumlah artis Korea marak mencuat beberapa waktu belakangan. Salah satu yang sedang ramai dibicarakan dan makin memanas saat ini adalah yang melibatkan satu girlband KPop, yaitu April. Dalam kasus ini, kabarnya bullying dilakukan antar sesama anggota. Hyunjoo, salah satu personelnya, dikabarkan menjadi target bullying anggota yang lain.

Mengenai hal tersebut, pihak keluarga Hyunjoo dan agensi April, DSP Media, saling balas pernyataan. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Keluarga dan teman sebut anggota April mem-bully Hyunjoo

5 Fakta Dugaan Bullying dalam Girlband April, Naeun Jadi SorotanDok. DSP Media

Pada 1 Maret 2021, seorang netizen Korea yang mengaku sebagai adik laki-laki dari mantan anggota girlband April, Hyunjoo, menulis pernyataan di internet bahwa alasan sang kakak keluar dari grup tersebut adalah karena ia di-bully oleh para anggota lainnya. Ketika keluar dari grup, Hyunjoo diarahkan oleh DSP Media untuk menulis alasan lain, yaitu fokus ke karier aktingnya. 

Setelah pernyataan dari adik Hyunjoo, seorang netizen yang mengaku sebagai teman dekat Hyunjoo memberi pernyataan dukungan. Ia menjabarkan kronologi pem-bully-an yang dilakukan oleh anggota April kepada Hyunjoo. 

Kedua pihak, adik dan teman Hyunjoo, menyatakan bahwa karena stres yang ia terima, Hyunjoo sempat melakukan percobaan bunuh diri. 

2. Sanggahan dari DSP Media

5 Fakta Dugaan Bullying dalam Girlband April, Naeun Jadi SorotanDok. DSP Media

Mengenai kasus yang viral tersebut, DSP Media, agensi dari April, mengeluarkan pernyataan bahwa berita yang beredar adalah hoax semata. Mereka memberikan tanggapan mengenai beberapa kasus dalam kronologi bullying yang ditulis oleh teman Hyunjoo.

Tak lama kemudian, seorang netizen yang mengklaim dirinya sebagai mantan staf di DSP Media menuliskan penyataannya di komunitas online. Ia menyatakan bahwa tidak ada pem-bully-an secara fisik yang dilakukan oleh para anggota April kepada Hyunjoo. Benar bahwa para anggota April tidak memiliki hubungan yang dekat dengan Hyunjoo, namun mantan staf ini menyatakan bahwa tidak ada anggota yang mem-bully atau mengucilkannya.

Mantan staf ini juga menambahkan penjelasannya mengenai klaim percobaan bunuh diri yang dilakukan oleh Hyunjoo. Ia menjelaskan bahwa kemungkinan besar percobaan tersebut dilakukan ketika Hyunjoo kabur dari dorm dan mengirim pesan ke orangtuanya.

"Kami menemukan Hyunjoo yang telah kabur di taman Han Gang. Kala itu, tidak ada tanda-tanda self-harm atau percobaan bunuh diri," tambahnya.

3. Keterangan medis kondisi Hyun Joo yang mengalami depresi hingga percobaan bunuh diri

5 Fakta Dugaan Bullying dalam Girlband April, Naeun Jadi Sorotanpann.nate.com

Menanggapi DSP Media yang terus menyanggah hal tersebut, pada 3 Maret 2021, pukul 00:29 am, waktu Korea Selatan, adik Hyunjoo mengunggah data medis kondisi mental kakaknya dan percobaan bunuh diri yang pernah ia lakukan. Dalam keterangan medis tersebut tertulis pada 10 Mei 2016 pukul 11:38 pm waktu Korea Selatan, Hyun Joo masuk ke rumah sakit.

Tertulis pada detail keluhan bahwa masuknya Hyunjoo ke rumah sakit karena keracunan obat-obatan yang biasanya disebabkan oleh overdosis. Hyunjoo juga dikabarkan absen pada acara musik di tanggal 12 dan 13 Mei setelah ia dirawat di rumah sakit. 

Beberapa orang menambahkan, kode yang tertulis dalam pernyataan rumah sakit tersebut adalah F190. Kode tersebut biasa dituliskan untuk kasus yang mengarah ke percobaan bunuh diri.

4. Dugaan kenakalan masa lalu Naeun dan rumor berpacaran dengan mantan anggota grup A-JAX, Yunyoung

5 Fakta Dugaan Bullying dalam Girlband April, Naeun Jadi Sorotanallkpop.com

Bersamaan dengan naiknya dugaan kasus bullying terhadap Hyunjoo yang dilakukan oleh seluruh anggota April, member lainnya, Naeun, jadi sorotan. Ia diduga terlibat kasus bullying di masa lalunya. Seseorang menuding, Naeun pernah menulis komentar tentang menyuruh seseorang untuk diperkosa. 

Mengenai hal tersebut, DSP Media menyatakan bahwa foto komentar Naeun yang tersebar di internet telah di-edit dan merupakan berita hoax.

Tak hanya DSP Media, salah satu mantan anggota boyband A-JAX, yaitu Yunyoung, memberikan pernyataan yang mendukung sisi Naeun dan April. Ia menyatakan bahwa anggota April mengalami kesulitan yang lebih besar daripada Hyunjoo. ia juga menambahkan bahwa ia percaya Hyunjoo memiliki ketidaksukaan ketika melihat teman-temannya sukses.

Pernyataan tersebut membuat para netizen berspekulasi bahwa Yunyoung A-JAX merupakan seseorang yang dekat dengan anggota April. Beberapa netizen juga sempat menduga bahwa Yunyoung adalah pacar dari Naeun April dengan bukti beberapa unggahan Instagram mereka.

Sekali lagi, DSP mengeluarkan pernyataan bahwa hal tersebut adalah berita palsu semata.  

5. Acara dan iklan Naeun dihentikan hingga DSP Media akan menuntut Hyunjoo sekeluarga

5 Fakta Dugaan Bullying dalam Girlband April, Naeun Jadi SorotanDok. Dong Suh Food

Mengenai berita yang semakin besar ini, aktivitas Naeun April pun terkena imbasnya. Pada 3 Maret 2021, perwakilan dari acara Delicious Randezcous yang dibintangi Naeun menyatakan bahwa mereka akan meng-edit penampilan Naeun pada episode yang akan datang.  Dong Suh Food, yang mengontrak Naeun sebagai bintang iklan cereal-nya, menyatakan bahwa mereka juga akan menunda promosi iklan mereka dengan Naeun. 

Tak hanya itu, pada taggal 3 Maret 2021 pula, DSP Media mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan menuntut Hyunjoo, keluarga, dan teman-temannya karena telah menyebarkan berita palsu mengenai April. 

Nah, itu dia 5 fakta mengenai dugaan kasus bullying Hyunjoo yang dilakukan oleh Naeun bersama anggota April lainnya. Yuk, kita doakan semoga kebenarannya segera terungkap. 

 

Baca Juga: 10 Fakta Yunyoung Ex A-JAX yang Diisukan Jadi 'Pacar' Naeun APRIL 

Topic:

  • Indah Purwitasari
  • Zahrotustianah
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya