Comscore Tracker

5 Lagu yang Usung Judul 'Jakarta', Sendunya Terasa di Ujung Hari

Punya makna yang berbeda, tapi sendunya sama

Jakarta jadi tempat adu nasib setiap orang yang mendatanginya. Segala aktivitas dan hiruk-pikuk yang terjadi di kota ini pun menjadi inspirasi mereka yang ingin menciptakan karya. Tak terkecuali para musisi Tanah Air.

Terinspirasi dari nama kota Jakarta, mereka menciptakan dan menyanyikan lagu yang penuh makna. Dengan gaya yang khas, kelima musisi di bawah ini membawa beragam emosi dari setiap lagu yang mereka nyanyikan.

1. "see you in jakarta?" - Rama Davis, GRACE

https://www.youtube.com/embed/AtLbeVHkX1o

"see you in jakarta?" yang dinyanyikan Rama Davis dan GRACE. ini punya makna yang cukup mendalam. Lagu ini bisa dimaknai oleh pasangan yang sedang LDR, orang-orang yang tinggal di luar negeri, maupun mereka yang terpisah jarak karena pandemik.

Bagi orang-orang yang terpaksa LDR dengan berbagai situasi, tak ada salahnya untuk menyetel lagu ini saat merindukan si dia. "see you in jakarta?" juga bisa kamu putar saat perjalanan pulang menuju rumah. Home sick dan LDR bukan dua hal yang mudah. Akan tetapi, "see you in jakarta?" bisa memberimu sedikit harapan tentang kembali ke kampung halaman atau keinginan bertemu dengan pujaan hati.

2. "Jakarta Ramai" - Maudy Ayunda

https://www.youtube.com/embed/wT1E20V7eYM

Merasa kesepian di tengah kota yang ramai mungkin pernah kamu rasakan. Maudy Ayunda lewat "Jakarta Ramai" pun menggambarkannya dengan tepat. Di tengah-tengah kota yang ramai ini, ternyata masih ada yang merasa kesepian karena berbagai alasan.

Dalam lagu ini juga Maudy menggambarkan bagaimana kehidupan masyarakat kota metropolitan dengan segala struggle yang dihadapinya. MV-nya pun dibuat "se-Jakarta" mungkin. Ada beragam aktivitas di kota ini yang dimulai dari pagi buta hingga menuju pagi lagi. Namun, di sisi lain ada juga rasa berkecamuk yang dirasakan oleh warganya masing-masing saat menjalani kehidupan di kerasnya Jakarta ini.

3. "At Jakarta" - Yahya

https://www.youtube.com/embed/iYNw7oR9-qo

Lagu "At Jakarta" akan membawamu ke dalam kenangan-kenangan bersama si dia yang kini sudah menjadi mantan. Sendunya lagu ini akan semakin terasa ketika kamu tak sengaja mendatangi tempat-tempat yang pernah jadi saksi bisu kebersamaanmu dan dia.

Ada beragam spot menarik yang kamu kunjungi bersama dia. Tak hanya itu, kalian juga membuat kenangan, baik yang menyenangkan maupun sebaliknya di tempat itu. Tentu, saat kembali ke tempat yang sama dengan orang yang berbeda, rasanya pun tak lagi sama, kan?

Baca Juga: 10 Lagu-lagu Lawas Blink-182 yang Jadi Favorit Sepanjang Masa

4. "Forget Jakarta" - Adhitia Sofyan

https://www.youtube.com/embed/IMHMSrofaqY

Pernah merasakan love-hate relationship dengan Jakarta? Jika iya, mungkin yang kamu rasakan mirip-mirip dengan lagu indie milik Adhitia Sofyan ini. Di satu sisi harus melupakan segala kenangan yang terjadi di kota ini. Namun, di sisi lain ada banyak keindahan yang ditawarkan oleh kota yang sibuk ini.

Lewat lagu "Forget Jakarta", si "bedroom singer" ini tak hanya mengambil kisah tentang hubungan asmara. Namun, suka duka tinggal di ibu kota juga turut "diceritakan" oleh Adhitia Sofyan.

5. "Senja di Jakarta" - Banda Neira

https://www.youtube.com/embed/Yvb9TEdSnro

Kepadatan Jakarta di sore hari bak mimpi buruk bagi mereka yang melaluinya. Jalanan yang macet dengan suara klakson yang bising dan transportasi umum yang padat tak bisa dihindari lagi. Meski begitu, mau tidak mau, senang tidak senang, tetap harus dinikmati.

Meski banyak yang "membenci" keadaan sore hari di Jakarta, tapi Banda Neira lewat "Senja di Jakarta" menggambarkan sebaliknya. Banda Neira juga mengajak pendengarnya menikmati keadaan tersebut. Tak hanya menikmati, tapi juga memakluminya. Lagunya cocok banget diputar saat perjalan pulang, nih.

Jakarta memang sibuk dan ramai. Belum lagi kepadatannya yang bak mimpi buruk setiap hari. Meski begitu, kamu tetap bisa melaluinya seperti biasa ditemani kelima lagu di atas. Relatable banget dengan kehidupan di Jakarta, bukan?

Baca Juga: 5 Lagu Lama yang Sering Dinyanyikan di Pernikahan, Ada Lagu Andalanmu?

Ines Melia Photo Verified Writer Ines Melia

Dengan menulis saya 'bersuara'. Dengan menulis saya merasa bebas.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya